Upaya Peningkatan Hasil Belajar Praktik Perawatan dan Perbaikan Sistem Starter (Repair Starting System) dengan Metode Active Learning pada Siswa Kelas XII Teknik Kendaraan Ringan SMK Assalafiyah Tegal Tahun Ajaran 2012/2013
DOI:
https://doi.org/10.30738/jtv.v1i1.140Keywords:
perbaikan sistem starter, active learningAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) meningkatkan hasil belajar perawatan dan perbaikan sistem starter dengan metode pembelajaran active learning pada siswa kelas XII program keahlian teknik otomotif SMK Assalafiyah Tegal dan (2) meningkatkan aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran mata pelajaran perawatan dan perbaikan sistem starter dengan metode pembelajaran active learning pada siswa kelas XII SMK Assalafiyah Tegal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) metode active learning berbantukan simulasi peragaan starter cutting and jobsheet interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII Teknik Kendaraan Ringan SMK Assalafiyah Tegal. Hal ini dapat dilihat dari nilai pada masing-masing siklus. Nilai rata-rata tes siklus I ada peningkatan nilai rata-rata dari 59,58 pada pra-tindakan menjadi 62,92. Hasil tes siklus II nilai rata-rata pre test siswa adalah 70,83 dan nilai rata-rata post test adalah 78,54 dengan ketuntasan belajar siswa 95,83%. Ini berarti telah melebihi 20,83% dari harapan peneliti yang mentargetkan 75%. (2) Metode pembelajaran active learning dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran mata pelajaran perawatan dan perbaikan sistem stater dengan pada siswa kelas XII SMK Assalafiyah Tegal. Aktifitas siswa dapat dilihat dari peran siswa dalam kegiatan praktik dengan pemerataan kemampuan masing-masing siswa pada setiap kelompok sehingga kegiatan praktik berjalan sesuai dengan rencana pembelajaran yang telah diformulasikan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License(CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.