Analisis Re-Mapping ECU Terhadap Performa Mesin Sepeda Motor Injeksi 4 Tak 150cc

Authors

  • Fahmy Fatra Universitas Ivet, Indonesia
  • Sena Mahendra Universitas Ivet, Indonesia
  • Irvan Setiawan Universitas Ivet, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/jtvok.v11i1.14499

Keywords:

re-mapping ECU standar, performa mesin, Honda Cb150R

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil performa, konsumsi bahan bakar spesifik dan emisi gas buang. Dengan memberikan perlakuan re-mapping ulang ECU standard pada sepeda motor Honda Cb150R injeksi sebelum dan sesudah diberikan perlakuan re-mapping ECU standard. Penelitian ini dilaksanakan di laboratorium otomotif Universtas Ivet dengan pengujian yang dilakukan yaitu uji torsi, uji daya, uji konsumsi bahan bakar dan uji emisi gas buang. Adapun sampel yang digunakan yaitu motor Honda Cb150R dengan dilakukan variasi re-mapping ECU standar dan menggunakan bahan bakar pertamax. Hasil penelitian menunjukan bahwa Terdapat perbedaan torsi dan daya Pada sepeda motor Honda CB150R injeksi antara penggunaan mapping ECU standard dan penggunaan variasi re-mapping ECU standard, grafik menujukan peningkatan pada torsi dan daya yang di hasilkan dengan penggunaan variasi re-mapping ECU standard Stage 5 secara signifikan pada setiap RPM (1500 – 9500) dengan interval 1000 RPM. Pengujian dilakukan sebanyak 9 kali percobaan pada rentan putaran mesin 1500-9500 RPM, torsi meningkat sebesar 29% pada putaran 1500 RPM, sedangkan daya meningkat sebesar 40% pada putaran mesin 7500 RPM. Konsumsi bahan bakar mengalami penurunan sebanyak 22,6 % pada putaran mesin 9500 RPM. Terdapat peningkatan dan penurunan pada pengujian emisi gas buang menggunakan variasi re-mapping ECU standard stage 5 ika dibandingkan dengan mapping ECU standard pabrik, grafik menunjukan terdapat peningkatan nilai CO sebanyak 325%, unsur HC mengalami peningkatan sebanyak 58,3%, nilai CO2 mengalami penurunan sebanyak 25,7%, O2 mengalami peningkatan sebanyak 1% unsur lambda mengalami penurunan sebanyak 25,8% dan AFR mengalami penurunan sebanyak 25,8% pada putaran 1500 RPM.

Kata kunci: re-mapping ECU standar, performa mesin, Honda Cb150R

References

Afwan, M. A., & Rahardjo, W. D. (2020). Pengaruh Penggunaan ECU Standar dan ECU Juken dengan Variasi Injektor Terhadap Torsi dan Daya Sepeda Motor Yamaha V-ixion. Automotive Science and Education Journal 9 (1) (2020), 1(2), 25–30.

Communications, H. (1897). Technology and innovation at Bosch Outline of product history. Technology.

Handoyono, N. A., Rabiman, R., Hadi, S., & Ratnawati, D. (2019). Pelatihan Otomotif Bidang EFI (Electronic Fuel Injection). Abdimas Dewantara. https://doi.org/10.30738/ad.v2i2.4368

Hartono, D., Paloboran, M., & Sudarmanta, B. (2018). Studi eksperimental pengaruh mapping waktu pengapian dan mapping durasi injeksi serta rasio kompresi terhadap perrformansi dan emisi gas buang engine honda CB150R berbahan bakar E50. Jurnal Teknik Mesin Indonesia, 12(2), 77–82. https://doi.org/10.36289/jtmi.v12i2.76

Mahendra, S. (2019). Analysis of the Effect of Camshaft Duration on the Performance of Honda Tiger 200 Cc Fuel Motor Tune-Up Drag Bike. Journal of Physics: Conference Series, 1273(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1273/1/012066

Mastanaiah, M. (2013). Performance of Electronic Fuel Injection System Using Compressor and Controller. International Journal of Advanced Engineering Research and Studies, 2(3), 57–59.

Mintoro, S. (2017). Optimasi Kinerja ECU ( Electronic Control Unit ) Melalui Pemrograman Remapping Pada Mesin EFI. SEMNAS IIB DARMAJAYA Kotabumi, 458–471.

Muji, S., & Utoro, L. (2017). RE-MAPPING ENGINE CONTROL UNIT (ECU) UNTUK MENAIKKAN UNJUK KERJA MESIN SEPEDA MOTOR Muji. Journal of Chemical Information and Modeling, 3(2), 18–22.

Murdianto, I. (2016). Perbedaan Performa (Daya, Torsi ,Konsumsi Bahan Bakar) Menggunakan Injektor Standart Dan Injektor Racing Dengan Bahan Bakar Pertamax Dan Pertamax Plus Pada Sepeda Motor V-Xion. Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang 2016, 1–56.

Ningrat, A. A. W. K., Kusuma, I. G. B. W., & Wayan, I. (2016). Pengaruh Penggunaan Bahan Bakar Pertalite Terhadap Akselerasi. 2(1), 59–67.

Nugraha, B. S. (2007). Aplikasi Teknologi Injeksi Bahan Bakar Elektronik (EFI) untuk mengurangi Emisi Gas Buang Sepeda Motor. Ilmiah Populer Dan Teknologi Terapa, 5(2), 1693–3745.

Pamuji, A. P. (2016). Studi Eksperimen Pengaruh Mapping Ignition Timing dan Durasi Penginjeksian Bahan Bakar Terhadap Unjuk Kerja dan Emisi Gas Buang Engine Honda CB150R Berbahan Bakar Bioetanol E100.

Rahman, R. M., Widjanarko, D., & Wijaya, M. B. R. (2018). Perbedaan Unjuk Kerja Mesin Menggunakan Electronic Control Unit Tipe Racing dan Tipe Standar pada Sepeda Motor Automatic. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 3(2), 138–143. https://doi.org/10.21831/dinamika.v3i2.21411

Sigit Purnomo, Slamet Priyanto, Eko Adi, S. D. S. (2022). Development of Learning Media Using the Sparkol Videoscribe Application on Measuring Tools at Vocational High School. Journal of Mechanical Engineering Education, 7(1), 11–18.

Wahyu Hidayat. (2012). Motor Bensin Modern (1st ed.). jakarta rineka cipta.

Wahyudi, N. (2017). Studi Eksperimen Pengaruh Variasi Perubahan Sudut Injektor pada System EFI Terhadap Performa Motor 4 Langkah. JEECAE (Journal of Electrical, Electronics, Control, and Automotive Engineering), 1(1), 47–52. https://doi.org/10.32486/jeecae.v1i1.11

Wardan Suyanto. (1989). Teori Motor Bensin (pertama). Jakarta : Depertemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Pendidikan, 1989.

Downloads

Published

06/26/2023

How to Cite

Fatra, F., Mahendra, S., & Setiawan, I. (2023). Analisis Re-Mapping ECU Terhadap Performa Mesin Sepeda Motor Injeksi 4 Tak 150cc. Jurnal Taman Vokasi, 11(1), 41–49. https://doi.org/10.30738/jtvok.v11i1.14499

Issue

Section

Artikel

Citation Check