Penerapan Metode Demonstrasi Dan Media Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Pada Mata Pelajaran Chasis Pemindah Tenaga (Cpt) Di Smk Marsudi Luhur Ii Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013
DOI:
https://doi.org/10.30738/jtv.v1i1.146Keywords:
demonstrasi, animasi, prestasiAbstract
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar setelah diterapkan metode demonstrasi dan media animasi pada mata pelajaran Chasis Pemindah Tenaga siswa kelas XI SMK Marsudi Luhur II Yogyakarta, Tahun pelajaran 2012/2013. Hipotesis dari penelitian ini berbunyi : Metode demonstrasi dan media animasi diterapkan pada pada mata pelajaran chasis pemindah tenaga kelas XIOB SMK Marsudi Luhur II Yogyakarta mengalami peningkatan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Tindakan Kelas, dengan dua siklus. Instrument penelitian yang digunakan adalah postes dan observasi pada masing-masing siklus. Untuk instrument soal tes dilakukan uji Validitas, Reliabilitas, Daya beda dan taraf Kesukaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas positif pada proses pembelajaran siswa di siklus I dan II mengalami peningkatan yaitu pada siklus I rata-rata pre tes 32,66 dan rata-rata postes 75,0 dengan selisih nilai pretes dan postes sebesar 42,34. Dan pada siklus II rata-rata nilai pretes 47,5 dan rata-rata postes 77,5 dengan selisih nilai pretes dan postes sebesar 30.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License(CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.