Analisis faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa tata busana pada mata pelajaran dasar desain di Sekolah Menengah Kejuruan

Authors

  • Akhira Krisa Monita Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Siti Mariah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/jtvok.v11i2.15787

Keywords:

Analisis, kesulitan belajar, tata busana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, faktor kesulitan belajar peserta didik dalam pembelajaran dasar desain kelas X di SMK, meliputi faktor internal dan eksternal. Faktor internal terdiri dari motivasi, minat, pemahaman, dan faktor eksternal terdiri dari lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan jumlah populasi 31 peserta didik kelas X. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil dari uji validasi instrumen menggunakan analisis korelasi product moment terdapat 2 item pernyataan dinyatakan gugur, uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Croncbach terdapat nilai Alpha = 0,875. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Faktor internal yang mempengaruhi kesulitan belajar mata pelajaran dasar desain siswa kelas X tata busana dengan indikator motivasi termasuk dalam kategori cukup presentase 35%, minat termasuk dalam kategori cukup presentase 42%, pemahaman dalam kategori cukup dengan presentase 39%.  Faktor eksternal yang mempengaruhi kesulitan belajar mata pelajaran dasar desain kelas X tata busana di SMK dengan hasil indikator lingkungan keluarga dalam kategori tinggi dengan presentase 52%, lingkungan sekolah dalam kategori tinggi dengan presentase 55%, lingkungan masyarakat dalam kategori tinggi dengan presentase 55%. Maka dapat disimpulkan bahwa faktor eksternal lebih tinggi mempengaruhi kesulitan belajar dibandingkan dengan faktor internal.

References

Abizar, H. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Lesson Study Pada Paket Keahlian Teknik Pemesinan Di SMK. JOURNAL OF MECHANICAL ENGINEERING EDUCATION (VANOS), 1(2), 103–124. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/vanos.v1i2.1013

Amaliyah, A., & Rahmat, A. (2021). Aam Amaliyah, Azwar Rahmat Attadib: Journal of Elementary Education, Vol. 5 (1), Juni 2021. Journal of Elementary Education.

Faramelli, A., & Graham, J. (2020). From Distant Horizon to the ‘Uncoercive Rearrangement of Desire’: Institutional Pedagogy and Collaborative Learning in an Instance of Arts and Curatorial Education. International Journal of Art and Design Education. https://doi.org/10.1111/jade.12327

Harahap, S., & Fakhrudin, M. I. (2018). Perancangan Pompa Sentrifugal Untuk Water Treatment Plant Kapasitas 0.25 M3/S Pada Kawasan Industri Karawang. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi 2018, 1–9.

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424

Huynh-Cam, T. T. (2022). Learning Performance of International Students and Students with Disabilities: Early Prediction and Feature Selection through Educational Data Mining. Big Data and Cognitive Computing, 6(3). https://doi.org/10.3390/bdcc6030094

Khurniawan, A. W., Erda, G., & Majid, M. A. (2019). Profil Lulusan SMK Terhadap Tingkat Penyerapan Tenaga Kerja di Indonesia Tahun 2018 2019. Vocational Education Policy.

Martínez-Morales, I. (2020). Vocational education and training in Spain: steady improvement and increasing value. Journal of Vocational Education and Training, 72(2), 209–227. https://doi.org/10.1080/13636820.2020.1729840

Naim, S. (2022). Dampak Sosial Ekonomi Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Sumbawa 26 MWp Terhadap Masyarakat. Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan. https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v3i2.2418

Naufal, H., Irkhamni, I., & Yuliyani, M. (2020). Penelitian Penerapan Program Sistem Kredit Semester Menunjang Terealisasinya Merdeka Belajar di SMA Negeri 1 Pekalongan. Prosiding Konferensi …. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip/article/view/493

Pedro, F., Subosa, M., Rivas, A., & Valverde, P. (2019). Artificial intelligence in education: Challenges and opportunities for sustainable development. repositorio.minedu.gob.pe. http://repositorio.minedu.gob.pe/handle/20.500.12799/6533

Prapinit, P. (2019). Demand for logistics management studies in North Eastern Thailand. International Journal of Supply Chain Management, 5, 481–485. https://api.elsevier.com/content/abstract/scopus_id/85081614761

Purnomo, S., & Triyono, M. B. (2018). Efektifitas Technopreneurship Dengan Model Pembelajaran Cooperative Learning By Technopreneur For SMK Untuk Siswa Di SMK. TAMAN VOKASI. https://doi.org/10.30738/jtvok.v6i1.2972

RAKIB, M. (2022). MENUMBUHKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. COMMUNITY : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. https://doi.org/10.51878/community.v2i2.1560

Santri Fahmi, S. F. S. F. (2022). Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. At-Tadris: Journal of Islamic Education. https://doi.org/10.56672/attadris.v2i2.70

Sari, E., & Noor, A. F. (2022). Kebijakan Pembelajaran Yang Merdeka: Dukungan Dan Kritik. Educativo: Jurnal Pendidikan. https://www.educativo.marospub.com/index.php/journal/article/view/7

Septianto, A. (2012). Persepsi penguasaan soft skill mahasiswa jurusan pendidikan teknik otomotif sesuai dengan kebutuhan dunia usaha/industri ditempat praktik industri. In SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM (Vol. 0, Issue 0).

Sigit Purnomo, Slamet Priyanto, Eko Adi, S. D. S. (2022). Development of Learning Media Using the Sparkol Videoscribe Application on Measuring Tools at Vocational High School. Journal of Mechanical Engineering Education, 7(1), 11–18.

Wulandari, A., Bahri, S., & Mappiratu, M. (2019). AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL SABUT KELAPA (Cocos nucifera Linn) PADA BERBAGAI TINGKAT KETUAAN. KOVALEN: Jurnal Riset Kimia. https://doi.org/10.22487/kovalen.2018.v4.i3.11854

Downloads

Published

12/31/2023

How to Cite

Monita, A. K. ., & Mariah, S. (2023). Analisis faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa tata busana pada mata pelajaran dasar desain di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Taman Vokasi, 11(2), 175–182. https://doi.org/10.30738/jtvok.v11i2.15787

Issue

Section

Artikel

Citation Check