Efektifitas Technopreneurship Dengan Model Pembelajaran Cooperative Learning By Technopreneur For SMK Untuk Siswa Di SMK
DOI:
https://doi.org/10.30738/jtv.v6i1.2972Keywords:
kreativitas berfikir, manajerial siswa, motivasi belajar, technopreneurshipAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) efektivitas technopreneneurship di SMK terhadap survival skills siswa, (2) motivasi belajar, (3) aspek kreativitas berfikir, dan (4) aspek manajerial siswa kelas XI jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMKN 2 Depok dan SMK Muhammadiyah 1 Playen. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Desain penelitian mengacu pada model yang dikembangkan oleh Ary Donald et.al. Penelitian ini terdiri dari kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional dan kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran CLTSMK. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran CLTSMK efektif terhadap pengembangan survival skills siswa (2) Aspek motivasi belajar pada kelas kontrol A kualifikasi “Kurangâ€Â sementara kelas eksperimen kualifikasi “Baik Sekaliâ€. motivasi belajar pada kelas kontrol B kualifikasi “Cukup†sementara kelas eksperimen dengan kualifikasi “Baik Sekaliâ€. (3) Aspek kreativitas berfikir pada kelas kontrol A kualifikasi “Cukupâ€Â sementara kelas eksperimen kualifikasi “Baik Sekaliâ€. Kreativitas berfikir pada kelas kontrol B kualifikasi “Cukupâ€Â sementara kelas eksperimen kualifikasi “Baik Sekaliâ€. (4) Aspek manajerial siswa pada kelas control A kualifikasi “Cukup†sementara kelas eksperimen n kualifikasi “ Baik Sekaliâ€. Manajerial siswa pada kelas kontrol B kualifikasi “Cukup†sementara kelas eksperimen kualifikasi “Baik Sekaliâ€.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License(CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.