Relasi motivasi kerja terhadap kinerja pengelolaan laboratorium di sekolah menengah kejuruan

Authors

  • Chytra Mahanani Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Moh. Rusnoto Susanto Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Sigit Purnomo Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/jtv.v8i1.7193

Keywords:

motivasi kerja, pengelolaan laboratorium, mengajar praktek, work motivation, laboratory management, practice teaching experiences

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendiskripsikan motivasi kerja dan pengelolaan laboratorium oleh guru SMK, (2) mendeskripsikan pengaruh motivasi kerja terhadap pengelolaan laboratorium yang dimiliki oleh guru SMK baik secara mandiri atau bersama-sama dan (3) menjabarkan peningkatan signifikan relasi pengaruh motivasi kerja terhadap pengelolaan laboratorium yang dimiliki oleh guru SMK baik secara mandiri atau bekerjasama dalam Tim. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto dengan pendekatan korelasional. Populasi dijadikan sampel yang terdiri atas 36 guru. Pengumpulan data menggunakan metode tes untuk vaiabel pengetahuan laboratorium, metode angket untuk variable motivasi kerja dan pengelolaan laboratorium, dan metode interview untuk variable pengalaman mengajar praktek. Teknik analisis menggunakan analisis korelasi dan Teknik analisis statistik inferensial non parametric. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) terjadi relasi yang kuat dari tingkat motivasi kerja guru dalam kategori sangat tinggi (47,2%), dan pengelolaan laboratorium tata busana dalam kategori rendah (63,9%); (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi kerja dengan pengelolaan laboratorium dengan nilai f hitung sebesar 17,207, dan terdapat pengaruh yang siginifikan antara motivasi kerja secara bersama dengan pengelolaan laboratorium oleh guru SMK Tata Busana Kota Yogyakarta dengan f hitung sebesar 10,848 dan signifikansi 0,000<0,05, dan (3) pengelolaan laboratorium yang dipengaruhi oleh peningkatan motivasi kerja sebesar 23.2% sehingga pekerjaan dapat lebih efektif dan efisien. Pengelolaan laboratorium secara bersama-sama dalam kerjasama tim dipengaruhi oleh variabel motivasi kerja sebesar 50,4%.



ABSTRACT

This research was carried out because of the change of machine operator skills that change quickly. The aim of this research is to assess and evaluate the essential employability skills of machine operators. This research method used an exploratory method and the online questionnaire used SurveyMonkey. The population of this research is the metal and machinery manufacturing industry in Jakarta, Banten, and West Java, with 98 people as samples. The result of this research is the employability skills needed machine operator, there are basic skills, thinking skills, personal quality, resource management, interpersonal skills, information management, systems, and technology. This research aimed to (1) describe work motivation and laboratory management by teachers, (2) escribe work motivation on laboratory management by teachers either independently or together and (3) know the contents of work motivation on laboratory management organized by teachers a either independently or together. This research is an ex post facto research with a correlational approach. The population used as a sample consisted of 36 teachers. Data collection used test methods for laboratory knowledge, questionnaires for the variable work motivation and laboratory management, and interview methods for variables of teaching practice experience. Analytical techniques used correlation analysis and nonparametric inferential statistical analysis techniques. The results showed that: (1) laboratory knowledge of teachers was in teacher work motivation in very high category (47.2%) and laboratory management was in a low category (63.9%), (2) there was a significant influence of work motivation on laboratory management with 17.207 f count, and there was a significant influence of work motivation together on laboratory management by Vocational School teachers of Yogyakarta City with F count of 10.848 and significance of 0.000 <0.05, and (3) influence of the laboratory affected laboratory management work motivation of 23.2%. Laboratory management was simultaneously influenced by laboratory knowledge variables, practice teaching experience, and work motivation as many as 50.4%.

References

Copriady, J. (2014). Teachers competency in the teaching and learning of chemistry practical. Mediterranean Journal of Social Sciences, 5(8), 312,314-315. https://doi.org/10.5901/mjss.2014.v5n8p312

Dahar, R. W., & Sumarna, A. (1986). Pengelolaan pengajaran kimia. Karunika.

Mardapi, D. (2008). Teknik penyusunan instrumen tes dan nontes. Mitra Cendikia Offset.

Olufunke, B. T. (2012). Effect of availability and utilization of physics laboratory equipment on students’ academic achievement in senior secondary school physics. World Journal of Education, 2(5). https://doi.org/10.5430/wje.v2n5p1

Prabha, S. (2016). Laboratory experiences for prospective science teachers: A meta-analytic review of issues and concerns. European Scientific Journal, ESJ, 12(34), 235. https://doi.org/10.19044/esj.2016.v12n34p235

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia no 19 th 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Pub. L. No. 19 (2005).

Prosser, C. A., & Quigley, T. H. (1949). Vocational education in a democracy. American Technical Society.

Rakib, M., Rombe, A., & Yunus, M. (2017). Pengaruh pelatihan dan pengalaman mengajar terhadap profesionalitas guru (Studi pada guru IPS terpadu yang memiliki latar belakang pendidikan dalam bidang pendidikan ekonomi). Jurnal Ad’ministrare, 3(2), 137. https://doi.org/10.26858/ja.v3i2.2574

Siagian, S. P. (2002). Manajemen sumber daya manusia. Bumi Aksara.

Subamia, I. D. P. (2012). Keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa pada pembelajaran menggunakan pendekatan starter experiment. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 45(1), 27–37. https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v45i1.1780

Wahjosumidjo. (1992). Kepemimpinan dan motivasi. PT RajaGrafindo Persada.

Zuhriyah, S. (2014). Pengaruh pengalaman mengajar guru dan kepemimpinan sekolah terhadap kinerja guru SD Kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul. Elementary School, 1(2), 119–127. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v1i2.793

Published

06/24/2020

How to Cite

Mahanani, C., Susanto, M. R., & Purnomo, S. (2020). Relasi motivasi kerja terhadap kinerja pengelolaan laboratorium di sekolah menengah kejuruan. Jurnal Taman Vokasi, 8(1), 33–45. https://doi.org/10.30738/jtv.v8i1.7193

Issue

Section

Artikel

Citation Check