Kebutuhan kompetensi dalam pasar tenaga kerja di era revolusi industri 4.0 bagi siswa SMK

Authors

  • Sulistyanto Sulistyanto Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Farid Mutohhari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Andi Kurniawan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Dianna Ratnawati Dosen Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/jtv.v9i1.7742

Keywords:

Kompetensi, tenaga kerja, industri 4.0, SMK

Abstract

Kajian ini merupakan kajian literatur yang bertujuan untuk mengkaji (1) peluang dan tantangan pasar tenaga kerja era revolusi industri 4.0, (2) Kompetensi yang dibutuhkan pasar tenaga kerja era revolusi industri 4.0, (3) strategi dalam pemenuhan kompetensi di era revolusi industri 4.0, (4) faktor yang mempengaruhi peningkatan kompetensi era industri 4.0. Metode pengumpulan dan teknik analisis data dilakukan dengan tekbik analisis kajian literatur dari berbagai sumber terkait kompetensi lulusan SMK yang dibutuhkan di era revolusi industri 4.0.Hasil yang mendasar dari kajian ini adalah kompetensi yang dibutuhkan di revolusi industri 4.0 yaitu siswa yang terampil dengan kompetensi berbasis dunia industri, antara lain: (1) Complex problem solving; (2) Critical thinking;  (3)  Creativity;  (4)  Poeple  management;  (5)  Coordinating  with  other;  (6) Emotion intelligence; (7) Judgment and decision making; (8) Service orientation; (9) Negotiation (10) Cognitive flexibility. Strategi untuk mengimplementasikan pendidikan berbasis industri meliputi: (1) kurikulum yang link and macth dengan dunia industri; (2) program teaching factory; (3) magang di dunia industri; (4) Uji Kompetensi Keahlian (UKK) yang sepenuhnya oleh DUDI yang memiliki  persyaratan/ketentuan yang berlaku;(5) tenaga profesional dari DUDI sebagai guru tamu di SMK; dan (6) relevansi sarana dan prasarana SMK dengan dunia industri.

 

This study is a literature review that aims to examine (1) opportunities and challenges of the labor market in the industrial revolution era 4.0, (2) Competencies needed in the labor market in the industrial revolution era 4.0, (3) strategies in fulfilling competencies in  the  industrial  revolution  era  4.0,  (4)  factors  that  influence  the  improvement  of industrial era competence 4.0. Methods of the data collection and analysis techniques are carried out with analysis techniques of literature review from various sources related to the competence of vocational graduates needed in the industrial revolution era 4.0. that is skilled students with industrial-based competencies, including : (1) Complex problem solving; (2) Critical thinking; (3) Creativity; (4) People management; (5) Coordinating with other; (6) Emotional intelligence; (7) Judgment and decision making; (8) Service orientation; (9) Negotiation (10) Cognitive flexibility. Strategies for implementing industrial-based education include: (1) a curriculum that relate with the industrial world; (2) Teaching factory program; (3) Industrial internships; (4) Expertise Competency Test (UKK) by DUDI that has applicable requirements/ conditions; (5) Professional staff from DUDI as a guest teacher at vocational high schools; and (6) the relevance of vocational facilities and infrastructure to the industrial world.

 

Keywords: Competence, Labor, Industry 4.0, Vocational High School

 

Author Biography

Dianna Ratnawati, Dosen Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Dosen Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

References

Asaturova. 2018. Industrial Internet in the concept “Industry 4.0â€: world experience and perspectives of development in the conditions of Russian economy. Vol. 44. https://search.proquest.com/docview/

/fulltextPDF/43EB9106AC E84D68PQ/45?accountid=386

Suwarna, Anik Ghufron, Arie Wibiwo Khurniawan, K Ima Ismara, Bayu Rahmat Setiadi, Eko Swi Darmawan, Rivandra Rezani, Aris Eko Wibowo, Dianna Ratnawati dan Panduaji Panditatwa . 2019. SMK Ditengah Disrupsi Revolusi Industri 4.0. Jakarta

:Direktorat Pembinaan Sekolah

Menengah Kejuruan.

Mazali Tatiana. 2019. From industry 4.0 tosociety 4.0, there and back. Vol. 66. Hal.247.https://search.proquest.com/docv iew/2232120656/43EB9106ACE84D68P Q/5?accountid=38628.

Sevince. 2018. Analysis of the Difficulties of SMEs in Industry 4.0 Applications by Analytical Hierarchy Process and Analytical Network Process. Vol.6. hal.12.https://search.proquest.com/docvie w/2228753831/abstract/43EB9106ACE8

D68PQ/57?accountid=38628.

Siswantoyo, dkk. 2019. Daya Saing SMK Dalam Bargaining Power BursaPasar Tenaga Kerja 4.0. Yogyakarta : LPPM UNY.

Zubaidah, S. (2017). Keterampilan Abad Ke-

: Keterampilan Yang DiajarkanMelalui

Pembelajaran. (December 2016).

Kumawula. 2018. â€Kesiapan Siswa SMK dalam Revolusi Industri 4.0. (Studi pada SMK Global Mulia Cikarang)â€. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 1, No.2. Hal. 114-119. Bandung: Universitas Padjadjaran.

Maryanti, Nova dan Dina Apriana. 2019.

Kompetensi Siswa SMK DalamMenyongsong Revolusi Industri

0. Palembang: Universitas PGRI Palembang.

Yahya, Muhammad. 2018. “Era Industri 4.0: Tantangan Dan Peluang Perkembangan Pendidikan Kejuruan Indonesiaâ€. Jurnal: Orasi Ilmiah Professor Bidang Ilmu Pendidikan Kejuruan. Makassar: Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar.

Kennedy, O.O. (2011). “Philosophical and sociological overview of vocational- technical education in Nigeria (Versi elektronik)â€. Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, Vol.1, page 167-175.

Irianto, D. 2017. Industry 4.0; The Challenges of Tomorrow. Disampaikan pada Seminar Nasional Teknik Industri, Batu-Malang.

Brown, A., Kirpal, S., & Rauner, F. 2007.

Identitas at work. Netherlands: Springer.

Tjandrawina, R.R. (2016). Industri 4.0: Revolusi industri abad ini dan pengaruhnya pada bidang kesehatan dan bioteknologi. Jurnal Medicinus, Vol 29, Nomor 1, Edisi April.

Maemunah. 2018. Kebijakan Pendidikan Pada Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional P-ISSN 2623-0291 E- ISSN 2623-2774. Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala Sabtu, 29

September 2018.

Published

06/30/2021

How to Cite

Sulistyanto, S., Mutohhari, F., Kurniawan, A., & Ratnawati, D. (2021). Kebutuhan kompetensi dalam pasar tenaga kerja di era revolusi industri 4.0 bagi siswa SMK. Jurnal Taman Vokasi, 9(1), 25–35. https://doi.org/10.30738/jtv.v9i1.7742

Issue

Section

Artikel

Citation Check

Most read articles by the same author(s)