Literasi digital untuk proses pembelajaran dan bentuk tugas akhir siswa SMK kompetensi keahlian busana butik

Authors

  • wahyu eka priana sukmawaty Akademi Kesejahteraan Sosial AKK Yogyakarta - AKS-AKK
  • Noor Fitrihana Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.30738/jtv.v8i2.7754

Keywords:

literasi digital, pembelajaran, tugas akhir

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan deskripsi bentuk proses pembelajaran literasi digital dan bentuk tugas akhir siswa SMK Kompetensi Keahlian Busana Butik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMK Muh. Berbah. Sumber data terbagi terbagi atas dua yani data primer dan data sekunder. Untuk data primer diperoleh dari guru dan Siswa Kompetensi Keahlian Busana Butik. Sedangkan untuk data sekunder diperoleh dari jurnal dan buku yang sesuai dengan tema penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yakni melalui Teknik observasi, Teknik wawancara, dan dokumentasi. Untuk instrumen pengumpulan data yakni peneliti sendiri dengan menggunakan alat bantu lembar wawancara dan kamera untuk dokumentasi. Metode analisis data menggunakan tahap-tahap yang dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pada SMK Muhammadiyah Berbah, budaya literasi digital masih rendah ditandai dengan penggunaan digital pada pembelajaran masih terbatas. Pembelajaran masih teacher centered yang seharusnya sudah student centered. Bentuk tugas akhir siswa berbasis digital yang sesuai untuk Kompetensi Keahlian Busana Butik dapat berupa catatan siswa pada blog, siswa diarahkan membuat channel youtube yang dapat berisi tutorial-tutorial dibidang Busana, juga diarahkan untuk memasarkan hasil karyanya melalui facebook, Instagram, dan marketplace (shopee, tokopedia, bukalapak, dan Lazada).

Published

2020-12-31

Issue

Section

Artikel