Literasi digital untuk proses pembelajaran dan bentuk tugas akhir siswa SMK kompetensi keahlian busana butik
DOI:
https://doi.org/10.30738/jtv.v8i2.7754Keywords:
literasi digital, pembelajaran, tugas akhirAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan deskripsi bentuk proses pembelajaran literasi digital dan bentuk tugas akhir siswa SMK Kompetensi Keahlian Busana Butik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMK Muh. Berbah. Sumber data terbagi terbagi atas dua yani data primer dan data sekunder. Untuk data primer diperoleh dari guru dan Siswa Kompetensi Keahlian Busana Butik. Sedangkan untuk data sekunder diperoleh dari jurnal dan buku yang sesuai dengan tema penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yakni melalui Teknik observasi, Teknik wawancara, dan dokumentasi. Untuk instrumen pengumpulan data yakni peneliti sendiri dengan menggunakan alat bantu lembar wawancara dan kamera untuk dokumentasi. Metode analisis data menggunakan tahap-tahap yang dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pada SMK Muhammadiyah Berbah, budaya literasi digital masih rendah ditandai dengan penggunaan digital pada pembelajaran masih terbatas. Pembelajaran masih teacher centered yang seharusnya sudah student centered. Bentuk tugas akhir siswa berbasis digital yang sesuai untuk Kompetensi Keahlian Busana Butik dapat berupa catatan siswa pada blog, siswa diarahkan membuat channel youtube yang dapat berisi tutorial-tutorial dibidang Busana, juga diarahkan untuk memasarkan hasil karyanya melalui facebook, Instagram, dan marketplace (shopee, tokopedia, bukalapak, dan Lazada).
Downloads
Published
12/31/2020
How to Cite
sukmawaty, wahyu eka priana, & Fitrihana, N. (2020). Literasi digital untuk proses pembelajaran dan bentuk tugas akhir siswa SMK kompetensi keahlian busana butik. Jurnal Taman Vokasi, 8(2), 55–60. https://doi.org/10.30738/jtv.v8i2.7754
Issue
Section
Artikel
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License(CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.