UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGGAMBAR 3D-CAD MENGGUNAKAN JOBSHEET BERWARNA

Authors

  • Adhy Pratomo Herlambang SMK Muhammadiyah Prambanan, Sleman

DOI:

https://doi.org/10.30738/jtv.v2i2.78

Keywords:

menggambar model 3D, CAD, jobsheet berwarna

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menggambar 3D-CAD melalui penerapan jobsheet berwarna. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI TPB (Teknik Pemesinan B) SMK Muhammadiyah Prambanan yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data antara lain: observasi, tes, kuesioner, wawancara, dan hasil kinerja/praktik siswa berupa gambar model 3D-CAD. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa menggambar 3D-CAD menggunakan jobsheet berwarna meningkat secara signifikan pada siklus I dan siklus II. Hal ini dibuktikan oleh (1) meningkatnya jumlah job yang sanggup dikerjakan siswa dalam durasi waktu 6 jam pelajaran yaitu dari 7 job pada pra-tindakan menjadi 9 job pada siklus I dan II; (2) meningkatnya rata-rata nilai yang diperoleh masing-masing siswa yaitu dari 72,62 pada pra-tindakan menjadi 86,94 pada siklus I dan 83,30 pada siklus II; (3) Meningkatnya jumlah siswa yang memenuhi syarat KKM yaitu dari 16 siswa pada pra-tindakan menjadi 25 siswa pada siklus I dan II atau jika dalam prosentase 55,17% : 86,21% : 86,21%.

Published

12/01/2014

Issue

Section

Artikel