Pengembangan tracer study pendidikan kejuruan: pemetaan dan kebekerjaan

Authors

  • Khoirul Munir Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Muhammad Nurtanto Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Haris Abizar Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/jtv.v9i1.7945

Keywords:

Pendidikan Kejuruan, tracer study, kebekerjaan, kompetensi, vocational education, Competence

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistim tracer studi yang kredible sesuai dengan kebutuhan pemetaan lulusan dan keterserapan kompetensi yang reliabel atau dalam perkembangan pekerjaan yang lain. Metode research and development (R&D) dengan model Waterfall yang memiliki 5 tahapan penelitian yaitu kebutuhan analisis software, design, coding, testing, maintenance dipakai dalam perumusannya. Subyek pada penelitian ini berjumlah 13 orang, 3 dosen Untirta dan 10 Alumni PVTM.  Pengujian perangkat lunak tracer study ini menggunakan standar ISO 9126 yang telah dimodifikasi menjadi 4 pengujian yakni karakteristik functionality, portability, usability dan reliability. Instument pada pengujian functionality menggunakan metode Black Box Testing dengan 14 pertanyaan, pengujian reliability menggunakan software WebServer Strees Tool, pengujian portability menggunakan software powermapper dan browserstack, sedangkan untuk pengujian usability menggunakan angket dari J.R Lewis berisi 19 pertanyaan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil pengujian functionality bernilai 93% dengan kategori sangat baik. Penilaian desain bernilai 90% dengan kategori sangat baik. Hasil pengujian reliability memiliki nilai 99.29% dengan kategori sangat baik. Hasil pengujian usability memiliki nilai 87% dengan kategori sangat baik. dan hasil  pengujian portability memiliki nilai 100% dengan kategori sangat baik. Jadi kebutuhan tracer dinyatakan layak untuk digunakan alumni sebagai informasi kompetensi yang relevan bagi progam studi Pendidikan kejuruan.

Published

06/30/2021

How to Cite

Munir, K., Nurtanto, M., & Abizar, H. (2021). Pengembangan tracer study pendidikan kejuruan: pemetaan dan kebekerjaan. Jurnal Taman Vokasi, 9(1), 63–77. https://doi.org/10.30738/jtv.v9i1.7945

Issue

Section

Artikel

Citation Check