PARTISIPASI INDUSTRI OTOMOTIF DALAM MENJALIN KERJASAMA DENGAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Authors

  • Samsul Hadi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Rabiman Rabiman Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.30738/jtv.v2i2.80

Keywords:

Partisipasi, Industri Otomotif, SMK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran serta industri otomotif dalam pengembangan pendidikan kejuruan di SMK khususnya Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan dalam hal:  (1) program praktik industri; (2) komite sekolah; dan (3) pengembangan kurikulum.

Jenis penelitian ini adalah penelitian desktriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tempat penelitian adalah industri otomotif yang bergerak di bidang jasa perbaikan dan perawatan kendaraan ringan (mobil) dan merupakan bengkel resmi dari beberapa merk kendaraan yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Subjek penelitian adalah seseorang yang memiliki wewenang dalam menjalin kerja sama dengan pihak di luar perusahaan, dalam hal ini subjek penelitiannya adalah kepala bengkel atau manager sejumlah 7 orang. Teknik analisis data dengan deskriptif kualitatif  model interaktif dari Huberman.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) partisipasi industri dalam pelaksanaan program praktik industri sudah baik; (2) partisipasi industri otomotif dalam komite sekolah belum maksimal; (3) partisipasi industri otomotif dalam pengembangan kurikulum belum maksimal, karena baru ada satu indutri otomotif ikut dalam pengembangan kurikulum di SMK.

Published

12/01/2014

Issue

Section

Artikel