Pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan kemampuan ekoliterasi mahasiswa arsitektur

Authors

  • Sulistianingsih AS STT Stikma Internasional Malang, Indonesia
  • Cyly Zaudah Arum Dalu STT Stikma Internasional Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/jtv.v8i2.8769

Keywords:

pembelajaran berbasis proyek, ekoliterasi, arsitektur

Abstract

Pelaksanaan perkuliahan khususnya pada matakuliah Pengetahuan Lingkungan masih didominasi dengan metode konvensional yang lebih banyak dengan strategi ceramah atau diskusi sehingga keaktifan ataupun kreativitas mahasiswa masih rendah. Di sisi lain, kaitannya dengan lingkungan, barang bekas atau limbah rumah tangga yang dihasilkan masyarakat merupakan tanggung jawab bersama dan membutuhkan perhatian semua pihak, tidak terkecuali dari bidang pendidikan. Barang bekas atau limbah rumah tangga atau seperti kardus, botol plastik dan kainkain bekas yang dimanfaatkan secara tepat juga akan berguna atau bermanfaat dalam menunjang proses pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa arsitektur khususnya pada matakuliah Pengetahuan Lingkungan, dengan memanfaatkan limbah atau barang bekas yang terdapat di lingkungan sekitar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif untuk menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana integrasi model PjBL ke dalam pembelajaran Matakuliah pengetahuan lingkungan untuk meningkatkan kemampuan ekoliterasi mahasiswa arsitektur. Lokasi penelitian dilakukan di STT Stikma Internasional Malang dengan jumlah mahasiswa sebanyak 16 mahasiswa. Prosedur penelitian dilakukan dalam tiga tahap utama mulai persiapan, pelaksanaan, dan tahap akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan ekoliterasi mahasiswa sebanyak 70%-85%. Dari hasil temuan ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis proyek terbukti dapat menunjang dan meningkatkan kemampuan ekoliterasi mahasiswa arsitektur.

References

Addie, J.P. D., Acuto, M., Ho, K. C., Cairns, S., & Tan, H. P. (2019). Perspectives on the 21st Century Urban University from Singapore – A viewpoint forum. Cities, 88, 252–260.

Boyce, G. (2019). Visions of value Leading the development of a view of the University Library in the 21st century. The Journal of Academic Librarianship, 1-8.

Chandrasekaran, S., & Al-Ameri, R. (2016). Assessing Team Learning Practices in Project/Design Based Learning Approach. International Journal of Engineering Pedagogy (IJEP), 6(3), 24.

Choi, J., Lee, J.-H., & Kim, B. (2019). How does learner-centered education affect teacher self-efficacy? The case of project-based learning in Korea. Teaching and Teacher Education, 85, 45–57.

Code, J. M. (2019). Ecoliteracy and the trouble with reading: Ecoliteracy considered in terms of Goethe’s ‘delicate empiricism’ and the potential for reading in the book of nature. Environmental Education Research, 25(8), 1267–1280.

Delita, F., & Sidauruk, T. (2016). Peningkatan Soft Skills Dan Hard Skills Mahasiswa Melalui Project-Based Learning Pada Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Geografi. Jurnal Geografi, 8 (2) 124-135.

Desfandi, M., Maryani, E., & Disman, D. (2017). Building Ecoliteracy Through Adiwiyata Program (Study at Adiwiyata School in Banda Aceh). Indonesian Journal of Geography, 49 (1), 51-56.

Guo, P., Saab, N., Post, L. S., & Admiraal, W. (2020). A review of project-based learning in higher education: Student outcomes and measures. International Journal of Educational Research, 102, 101586.

Itafarida, S., Herupradoto, E. B. A., Rosyidah, U. N. D., & Rusnaningtias, E. (2019). Family-based collaborative eco-literacy model for sustainable city. Masyarakat, Kebudayaan Dan Politik, 32(2), 168.

Jalinus, N., Nabawi, R. A., & Mardin, A. (2017). The Seven Steps of Project Based Learning Model to Enhance Productive Competences of Vocational Students. Proceedings of the International Conference on Technology and Vocational Teachers (ICTVT 2017). International Conference on Technology and Vocational Teachers (ICTVT 2017), Yogyakarta, Indonesia.

Kamdi, W. (2017). Implementasi Project-Based Learning di Sekolah Menengah Kejuruan. 13.

Kaplan, A., & Flum, H. (2012). Identity formation in educational settings: A critical focus for education in the 21st century. Contemporary Educational Psychology, 37(3), 171–175.

Larmer, J., Mergendoller, J. R., & Boss, S. (2015). Setting the standard for project based learning: A proven approach to rigorous classroom instruction. ASCD.

Margoudi, M. (2015). Introducing a Unified Contemporary Approach Towards a Manufacturing Education Suited for the Needs of the 21st Century. Procedia Engineering, 6.

McBride, B. B., Brewer, C. A., Berkowitz, A. R., & Borrie, W. T. (2013). Environmental literacy, ecological literacy, ecoliteracy: What do we mean and how did we get here? Ecosphere, 4(5), 1-20.

Mustapha, R., Nashir, I. M., Azhari, M. N., & Hasnan, K. A. (2020). Assessing the Implementation of the Project-Based Learning (PJBL) in the Department of Mechanical Engineering at a Malaysian Polytechnic. Journal of Technical Education and Training, 12(1), 20.

Nair, M. G., & Suryan, A. (2020). Trans-disciplinary Project Based Learning Models for Community Service. Procedia Computer Science, 172, 735–740.

Rosyid, N. U., Budiaman, B., & Hasanah, U. (2019). Improving Coastal Children Eco-Literacy in Environmental Learning Through Mangroves Storytelling. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 9(3), 229-244.

Sharma, A., Dutt, H., Venkat Sai, Ch. N., & Naik, S. M. (2020). Impact of Project Based Learning Methodology in Engineering. Procedia Computer Science, 172, 922–926.

Thomas, J. W. (2000). A Review of Research On Project-Based Learning. 49.

Uziak, J. (2016). A project-based learning approach in an engineering curriculum. 5.

Yahya. (2014). Model Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Media Kultur Jaringan Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Kreativitas Siswa Kelas XII IPA2 SMA Negeri 1 Bangsri. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2) 154-159.

Yahya, S. A., & Irfan, D. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran PjBL Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran TKBGT Siswa Kelas X Teknik Mekatronika Smk Negeri 1 Sumatera Barat. Voteknika, 6(2), 61-74.

Zezulka, F., Marcon, P., Vesely, I., & Sajdl, O. (2016). Industry 4.0 – An Introduction in the phenomenon. IFAC-Papers OnLine, 49(25), 8–12.

Published

12/31/2020

How to Cite

AS, S., & Dalu, C. Z. A. (2020). Pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan kemampuan ekoliterasi mahasiswa arsitektur. Jurnal Taman Vokasi, 8(2), 9–16. https://doi.org/10.30738/jtv.v8i2.8769

Issue

Section

Artikel

Citation Check