Pengembangan media pembelajaran trainer sistem pengapian fully transistor untuk meningkatkan prestasi belajar di SMK Negeri 2 Kebumen
DOI:
https://doi.org/10.30738/jtv.v9i1.7208Keywords:
FKIP, PVTOAbstract
Jenis penelitian yang digunakan adalah R and D (Research and Development). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TKRO SMK Negeri 2 Kebumen, tahun pelajaran 2019/2020, yang berjumlah 36 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis dengan membandingkan kelas konrol dan kelas eperimen menggunakan uji-T.
Hasil analisis data hasil evaluasi kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata kelas kontrol 78,6 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 83,3. Terdapat selisih antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen sebesar 4,7. Dari data tersebut kemudian di analisa menggunakan taraf signifikan tabel-T atara siswa yang belum mengunakan media pembelajaran dan siswa yang sudah menggunakan menggunakan media pembelajaran. Dari hasil perhitungan dengan rumus, didapat hasil t observasi 1,78, sedangkan t tabel adalah 1,67. Itu berarti terdapat dampak yang signifikan antara menggunakan media dengan tidak menggunakan media. Sehingga media pembelajaran trainer sistem pengapian fully transistor dinyatakan valid dan efektif digunakan untuk meningkatkan prestasi siswa TKRO SMK Negeri 2 Kebumen.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2021 Jurnal Taman Vokasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License(CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.