Pembelajaran pra vokasional pada siswa SDN Gambiran Yogyakarta

Authors

  • Catur Desta Putra Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Rabiman Rabiman Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Sigit Purnomo Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Nurcholish Arifin Handoyono Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/jtv.v9i1.8994

Keywords:

Pre vocational, thematic, early childhood education

Abstract

Pra vokasional adalah upaya mengenalkan anak pada dunia kerja dan ini harus dilakukan  pada semua anak sejak usia dini sehingga anak dapat memiliki arahan hidup untuk masa depan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan pra vokasional  pada siswa Sekolah Dasar (SD). Penelitian ini dilaksanakan di SD N Gambiran, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik. Subjek pada penelitian ini adalah guru dengan pengalaman mengajar diatas 5 tahun berjumlah tiga orang. Subjek dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pra vokasional di SD N Gambiran yogyakarta dilakukan melalui  mata pelajaran tematik. Materi pelajaran pra vokasi untuk siswa kelas 1 sampai 4 meliputi Self Awareness (Keterampilan diri), Social Skill (keterampilan sosial), Thinking Skill (kemampuan berpikir), Academic Skill (kemampuan akademik). Sedangkan materi pembelajaran untuk kelas kelas 5 dan 6 adalah pembekalan pendidikan pra vokasional yang  berfokus pada Vocational Skill (Kemampuan Kejuruan). Pelaksanaan pembelajaran pra vokasional harus dilaksanakan di semua sekolah dasar, sehingga wawasan vokasional dapat ditanamkan sejak dini.

Kata kunci: Pra Vokasional; Tematik; Pendidikan Usia Dini

Pra vokasional adalah upaya mengenalkan anak pada dunia kerja dan ini harus dilakukan  pada semua anak sejak usia dini sehingga anak dapat memiliki arahan hidup untuk masa depan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan pra vokasional  pada siswa Sekolah Dasar (SD). Penelitian ini dilaksanakan di SD N Gambiran, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik. Subjek pada penelitian ini adalah guru dengan pengalaman mengajar diatas 5 tahun berjumlah tiga orang. Subjek dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pra vokasional di SD N Gambiran yogyakarta dilakukan melalui  mata pelajaran tematik. Materi pelajaran pra vokasi untuk siswa kelas 1 sampai 4 meliputi Self Awareness (Keterampilan diri), Social Skill (keterampilan sosial), Thinking Skill (kemampuan berpikir), Academic Skill (kemampuan akademik). Sedangkan materi pembelajaran untuk kelas kelas 5 dan 6 adalah pembekalan pendidikan pra vokasional yang  berfokus pada Vocational Skill (Kemampuan Kejuruan). Pelaksanaan pembelajaran pra vokasional harus dilaksanakan di semua sekolah dasar, sehingga wawasan vokasional dapat ditanamkan sejak dini.

Kata kunci: Pra Vokasional; Tematik; Pendidikan Usia Dini

Author Biography

Catur Desta Putra, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Program Studi Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Published

06/30/2021

How to Cite

Putra, C. D., Rabiman, R., Purnomo, S., & Handoyono, N. A. (2021). Pembelajaran pra vokasional pada siswa SDN Gambiran Yogyakarta. Jurnal Taman Vokasi, 9(1), 37–47. https://doi.org/10.30738/jtv.v9i1.8994

Issue

Section

Artikel

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>