Desain dan pembuatan bodi mobil listrik menggunakan fiberglass dengan metode hand lays up

Authors

  • Agung Dwi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Moh Fawaid Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Hamid Abdillah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/jtv.v9i1.9289

Keywords:

Mobil listrik, Coeficient drag, body mobil, fiber composite

Abstract

: Sebuah desain kendaraan yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan otomotif lebih banyak terfokus pada chasis dan body. Pertimbangan mendasar dari sebuah design dalam dunia otomotif meliputi estetika, aerodinamika, dan fungsionalitas. desain pada mobil listrik ini sangat diperhitungkan agar nantinya memiliki bentuk yang menarik dan merefleksikan dari seni itu sendiri, desain pada mobil listrik ini juga diperuntukan kepada hal-hal mekanis lainnya seperti aerodinamis dimana outputnya diharapkan mampu membelah angin dengan baik maka mobil listrik didesain untuk memiliki aliran fluida yang baik pada permukaan maupun bagian bawah (undercarriage) mobil listrik. Performa mobil listrik dipengaruhi oleh bobot dan aerodinamika dari mobil itu sendiri, salah satunya body mobil listrik, untuk menghasilkan performa yang baik maka diperlukan desain yang memiliki nilai koefisien drag yang rendah agar dapat membelah angin dengan baik mampu membuat mobil listrik ini melaju dengan cepat. Bahan yang digunakan untuk membuat body mobil listrik ini yaitu fiberglass dengan teknik pengaplikasian hand lay up, Metode penelitian yang digunakan experimen murni, dengan subjek penelitian yaitu body mobil listrik. Teknik pengumpulan data dengan simulasi menggunakan software solidwork flow simulation 2014 dengan menggunakan variasi kecepatan 75km/h, 70km/h, 60km/h, pengujian pada desain pertama menghasilkan nilai hambatan udara dari proses pengujian yang telah dilakukan, hasil pengujian koefisen drag dengan interval kecepatan 75km/h, 70km/h, 65km/h didapatkan nilai 0,378, 0,353, 0,302, Pengujian desain bodi mobil listrik kedua dilakukan dengan interval kecepatan yang sama yaitu 75km/h, 70km/h dan 65km/h dan simulasi lingkungan yang sama dengan desain ke 1 dan  menghasilkan nilai hambatan udara dengan nilai 0,760, 0,709 dan 0,608. Pada desain ke 1 memenuhi target dari hipotesis yang telah dibuat. Desain ke 2 yang telah dibuat tidak memenuhi target dari hipotesis penelitian, Fenomena penurunan pada variasi kecepatan pada saat pengujian ternyata berbanding berbanding lurus dengan penurunan koefisien drag yang dihasilkan, Serta pada pengujian bodi ke 1 dengan software pendukung tidak ditemukan kenaikan tekanan yang berlebih dan menyebabkan bagian body berwarna merah pada saat di surface plot yang berdampak pada nilai hambatan udara yang dihasilkan.

Kata Kunci: Mobil listrik, Coeficient drag, body mobil, fiber composite

References

Ardhy, S., Putra, meiki eru and Islahudin (2019) ‘Pembuatan kapal nelayan fiberglass kota pdang dengan metode hand lay up’, Journal of the Japan Welding Society, 88(5), pp. 427–434. doi: 10.2207/jjws.88.427.

Nugroho, A. B. and fathulloh, ST., M. (2019) Analisa perbandingan sifat mekanik material frp ( fiberglass reinforced plastics ) berbahan serat gelas woven roving dengan multiaxial. politeknik perkapalan negeri surabaya.

Siregar, A. H., Setyawan, B. A. and Marasabessy, A. (2016) ‘Komposit Fiber Reinforced Plastic Sebagai Material Bodi Kapal Berbasis Fiberglass Tahan Api’, Bina Teknika, 12, pp. 261–266.

Sulistyono, W., Fuhaid, N. and Farid, A. (2013) ‘Pengaruh pemasangan tail dan front boat terhadap unuk kerja aerodinamik pada kendaraan sedan’, 5(1), pp. 49–54.

Nugroho, W. Triadji. (2017). Pengaruh Model Serat Pada Bahan Fiberglass Terhadap Kekuatan, Ketangguhan, Dan Kekerasan Material. Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9), 1689–1699. Https://Doi.Org/10.1017/Cbo9781107415324.004

Pambudi, S. (2017). Rancang Bangun Bodi Prototype Elang Untidar Berbahan Fiberglass. Universitas Tidar.

Purnami, P., Wardana, I., & K, V. (2015).

Pengaruh Pengunaan Katalis Terhadap Laju Dan Efisiensi Pembentukan Hidrogen. Jurnal Rekayasa Mesin, 6(1), 51–59. Https://Doi.Org/10.21776/Ub.Jrm.2015.006.01.8

Sachari, A., & Sunarya, Y. Y. (2000). Pengantar Tinjauan Desain (Issue July 2000). Https://Doi.Org/10.1016/J.Optmat.2015.03.013

Published

06/30/2021

How to Cite

Dwi, A., Fawaid, M., & Abdillah, H. . (2021). Desain dan pembuatan bodi mobil listrik menggunakan fiberglass dengan metode hand lays up. Jurnal Taman Vokasi, 9(1), 49–54. https://doi.org/10.30738/jtv.v9i1.9289

Issue

Section

Artikel

Citation Check