https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/tamanvokasi/issue/feed Jurnal Taman Vokasi 2022-03-14T19:19:17+07:00 Dianna Ratnawati, M.Pd. tamanvokasi@ustjogja.ac.id Open Journal Systems <p>Jurnal Taman Vokasi merupakan Jurnal Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta sebagai wadah publikasi ilmiah bagi para akademisi, praktisi, mahasiswa, pendidik dan kependidikan di Bidang Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Jurnal ini diterbitkan secara berkala untuk setiap periode (Juni dan Desember) tiap tahunnya.</p> https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/tamanvokasi/article/view/11325 Efektivitas Model PjBL STEM dalam Meningkatkan Keterampilan Menggambar Teknik Mahasiswa 2021-10-31T17:43:45+07:00 Yayi Febdia Pradani mujiburrohman1988@gmail.com Mojibur Rohman mujiburrohman1988@gmail.com Ahmad Saepuddin mujiburrohman1988@gmail.com <p>Gambar teknik merupakan salah satu matakuliah wajib program studi Teknik Mesin yang bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan dalam membuat gambar kerja sesuai aturan dan standar yang berlaku. Penerapan model PjBL STEM dalam pembelajaran,&nbsp; dapat menjadi solusi dan cara dalam meningkatkan keterampilan menggambar teknik mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mengidentifikasi keefektifan model PjBL terintegrasi STEM dalam meningkatkan keterampilan menggambar teknik mahasiswa. Untuk itu, penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Sebanyak 18 orang mahasiswa program studi Teknik Mesin dari Unira Malang, berpartisipasi sebagai subjek penelitian. Pengumpulan data menggunakan lembar penilaian kinerja mahasiswa yang meliputi empat indikator mulai dari persiapan gambar, penggunaan alat, pembuatan gambar, dan hasil gambar. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial untuk menguji efektifitas model PjBL terhadap keterampilan menggambar teknik. Hasilnya, temuan penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan mahasiswa yang diukur pada siklus I dan siklus II penelitian. Hasil analisis uji t dengan <em>paired sample t-test </em>memperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang artinya terdapat pengaruh signifikan dari penerapan model PjBL terhadap keterampilan menggambar pada matakuliah Gambar teknik.</p> 2021-12-01T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2021 https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/tamanvokasi/article/view/11732 Perbandingan Hasil Belajar Face To Face dan Online Learning Mahasiswa Fakultas Teknik Selama Pandemi COVID-19 2022-01-06T13:56:02+07:00 Jumadin jumadin@unm.ac.id Nurul Mukhlisah Abdal nm.abdal@unm.ac.id HILDA ASHARI hildaashari@unm.ac.id Dwi Rezky A. Sulaiman dwirezky@unm.ac.id <p>Penyebaran COVID-19 telah menyebabkan peralihan sistem pembelajaran yang semula <em>face to face </em>(F2F) beralih menjadi <em>online learning.</em> Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih baikkah <em>online learning</em> dibandingkan F2F pada hasil belajar mahasiswa Fakultas Teknik. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar mahasiswa Fakultas Teknik selama <em>online learning</em> dan F2F selama pandemi COVID-19. Data berupa Indeks Prestasi Semester (IPS) mahasiswa Fakultas Teknik sebanyak 600 data primer. Teknik pengambilan data pada penelitian ini adalah Teknik Purposive Sampling. Adapun uji-T berpasangan untuk menganalisis data statistik inferensia pada penelitian ini. Analisis dilakukan setelah memastikan bahwa data yang digunakan berdistribusi normal. Setelah menganalisis hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa dengan nilai Sig. adalah sebesar 0.000 yang mana nilainya lebih kecil dari 0.05. Dengan demikian, H<sub>0</sub> ditolak dan H<sub>1</sub> diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa rata-rata nilai IPS mahasiswa Fakultas Teknik&nbsp; pada <em>online learning</em> lebih baik F2F terhadap hasil belajar. Jadi, penelitian ini menyimpulkan bahwa hasil belajar mahasiswa dengan F2F lebih baik daripada <em>online learning</em> untuk mahasiswa Fakultas Teknik selama pandemi COVID-19.</p> 2021-12-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2021 https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/tamanvokasi/article/view/11120 Pengembangan media pembelajaran training kit sistem starter 2021-09-23T12:06:09+07:00 Tomi Nuswantoro tominuswantoro@gmail.com Samidjo Samidjo samijompust@gmail.com Arif Bintoro Johan abeje_janoko@yahoo.com Sigit Purnomo sigitpurnomo@ustjogja.ac.id <p>Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa <em>Training Kit</em> sistem starter yang layak dignakan untuk pembelajaran pemeliharaan sistem kelistrikan. Penlitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan R&amp;D (<em>research and development</em>) dengan menggunakan tahapan ADDIE. Dalam penelitian ini yang bertindak sebagai responden adalah 2 dosen ahli kompetensi kelistrikan otomotif, 1 guru mata pelajaran pemeliharaan sistem kelistrikan dan 22 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket validasi oleh dosen dan guru dan angket respon siswa. Aanalisis data dilakukan untuk mengetahui tingkat kelayakan <em>training kit</em> Sistem Stater. Berdasarkan hasil penelitian, ditunjukan bahwa <em>training kit</em> sistem starter yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran pemeliharaan sistem kelistrikan. Hal ini dapat dilihat hasil validasi oleh dosen dan guru sebesar 89,78% dengan kategori “sangat baik. <em>training kit</em> sistem starter sepeda motor yang dikembangkan juga telah memenuhi kriteria kualitas media pembelajaran. Hal ini ditunjukan dengan presentase respon siswa terhadapm <em>training kit</em> sebesar 63,5% dengan kategori “baik”</p> 2021-12-04T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2021 https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/tamanvokasi/article/view/11403 Urgensi self-directed learning dan komunikasi peserta didik pada virtual based learning 2021-11-18T20:30:32+07:00 Bayu Ariwibowo bayuariwibowo778@ivet.ac.id Henny Prasetyani prasetyani.hp@gmail.com Atika Atika atikaft@mail.unnes.ac.id Adi Marlis adimarlis123456@gmail.com <p><em>Soft skills</em> penting dimiliki oleh peserta didik untuk menunjang keberhasilan belajarnya terutama dalam pembelajaran secara virtual. <em>Soft skills</em> yang penting di miliki oleh peserta didik di antaranya adalah <em>self direct learning</em> dan komunikasi. &nbsp;Tujuan penelitian ini adalah menganalisis urgensi kemampuan <em>self direct learning</em> dan komunikasi peserta didik pada pembelajaran secara virtual. Penelitian ini dilaksanakan dengan analisis deskriptif berpendekatan kuantitatif. Data penelitian di dapat dari pendapat para ahli dan praktisi tentang urgensi <em>self direct learning</em> dan komunikasi peserta didik pada saat melaksanakan pembelajaran secara virtual. Ahli tersebut meliputi (1) Ahli Manajemen Pendidikan; (2) Ahli <em>Soft Skills</em>; (3) Ahli <em>Virtual Learning</em>; (4) Praktisi Pendidikan; (5) Profesor di Bidang Pendidikan; (6) Pimpinan Perguruan Tinggi atau Instansi; dan (7) Pimpinan Organisasi Pendidikan Kejuruan. Hasil penelitian menunjukkan jika 93% responden sangat setuju jika <em>self direct learning</em> merupakan salah satu hal urgent yang harus di miliki peserta didik, karena pada saat pembelajran secara virtual peserta didik harus mampu mengotrol diri, memanagement diri dan mempu memotivasi diri untuk mencapai keberhasilan dalam belajar. Pada kriteria komunikasi juga demikian, 92% responden menganggap jika peserta didik harus mampu menerima dan mengolah pesan, memanfaaktan media, mampu menerima berbagi informasi, memberikan respon, umpan balik, dan beradaptasi pada lingkunan. Dapat di simpulkan jika <em>self direct learning</em> dan komunikasi yang merupakan aspek dalam <em>soft skills</em>, sangat urgent untuk dimiliki peserta didik guna mencapai keberhasilan dalam melaksanakan pembelajaran secara virtual.</p> 2021-12-22T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2021 https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/tamanvokasi/article/view/10311 Pengembangan video tutorial membuat media pembelajaran berbasis android menggunakan adobe animate cc 2022-01-12T11:50:48+07:00 Ade Viyan Surya Aji advesa88@gmail.com Ibnu Siswanto ibnusiswanto@uny.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui tingkat kelayakan video tutorial penggunaan Adobe Animate CC untuk pembuatan media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model 4D (Define, Design, Develop dan Disseminate). Penelitian dilakukan di Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif, Universitas Negeri Yogyakarta. Data penelitian didapatkan dari ahli media, ahli materi, dan mahasiswa selaku pengguna melalui wawancara dan kuisioner. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan hasil yang menunjukkan bahwa video tutorial yang dikembangkan mendapatkan skor 4,05 (Layak) dari sisi materi, 3,9 (Layak) dari sisi tampilan media, dan 4,18 (Baik) dari sis pengguna. Video tutorial yang dikembangkan memenuhi kelayakan dan diupload ke you tube supaya dapat diakses secara umum oleh mahasiswa maupun pihak lain yang belajar untuk menggunakan Adobe animate CC.</p> <p><strong>Kata kunci</strong>: Video Tutorial; Media Pembelajaran; <em>Adobe Animate</em></p> 2021-12-31T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Taman Vokasi https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/tamanvokasi/article/view/12087 Peran Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Dalam Menjamin Mutu Pendidikan Pada Masa Pandemi Covid-19 2022-03-14T19:19:17+07:00 Nandang Faturohman ramdhany.best@gmail.com <p>Pendidikan merupakan hak seluruh warga negara yang dijamin oleh Undang Undang, tidak terkecuali<br>di masa pandemi Covid 19 siswa tetap harus mendapatkan pendidikan yang layak. Kondisi pandemi ini<br>mengharuskan kepala sekolah memiliki kemampuan dalam pengelolaan proses pembelajaran agar mutu<br>pendidikan tetap terjamin. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran kepemimpinan kepala sekolah<br>khususnya pada jenjang pendidikan menengah kejuruan dalam menjamin mutu pendidikan pada masa pandemi<br>covid 19. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode desk study dengan pendekatan deksriptif<br>kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran kepemimpinan sekolah menengah kejuruan dalam<br>menjamin mutu pendidikan dilakukan melalui 3 hal utama yaitu pengembangan LMS, pelatihan penggunaan<br>LMS, dan penilaian kinerja guru online. Praktik kepemimpinan tersebut dapat dikategorikan sebagai bentuk<br>kepemimpinan adaptif yang menyesuaikan dengan kondisi proses pembelajaran jarak jauh yang harus<br>dilaksanakan pada masa pandemi covid-19.</p> 2021-12-31T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2021 https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/tamanvokasi/article/view/12077 Aplikasi infrared proximity sensor untuk wastafel otomatis di area bengkel PVTM 2022-03-11T13:43:27+07:00 Alfath Khaharsyah alfat@ustjogja.ac.id Dianna Ratnawati dianna.ratnawati@ustjogja.ac.id Nurcholish Arifin Handoyono arifin@ustjogja.ac.id <p>Budaya 3M (Memakai masker, Menjaga jarak, dan Mencuci tangan) merupakan upaya pencegahan penularan virus covid-19. Disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan khususnya cuci tangan akan semakin terbantu dengan tersedianya fasilitas <em>wastafel</em> cuci tangan di lab PVTM. Terlebih dalam memudahkan seseorang mencuci tangan pemanfaatan <em>wastafel</em> otomatis akan menjadi alternatif solusi dalam peningkatan gerakan budaya disiplin mencuci tangan. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan <em>wastafel</em> otomatis berbasis <em>infrared proximity sensor</em>. Jenis penelitian ini adalah pengembangan (<em>Research and Development</em>). Desain penelitian yang digunakan mengacu pada model pengembangan ADDIE &nbsp;dengan tahapan meliputi lima langkah, yaitu: (1) <em>Analysi</em>s (Analisis); (2) <em>Design </em>(Desain); (3) <em>Development </em>(Pengembangan); (4) <em>Implementation </em>(Implementasi); dan (5) <em>Evaluation </em>(Evaluasi). Bahan yang dibutuhkan diantaranya PCB rangkaian komparator, <em>infrared proximity sensor</em>, keran, bak <em>wastafet </em>set, elektrik <em>pump</em>, kabel, dan baterai litium. Hasil penelitian berupa produk “wastafel otomatis berbasis <em>infrared proximity sensor</em>” yang diterapkan di bengkel PVTM UST. Sedangkan luaran tambahan berupa publikasi artikel pada Jurnal dan HKI. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi teknologi alternatif dalam memudahkan proses cuci tangan sehingga disiplin protokol kesehatan covid-19 menjadi kebudayaan dilingkungan kampus dan masyarakat.</p> 2021-12-31T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2021 https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/tamanvokasi/article/view/11504 Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Kopling Teknologi Sepeda Motor pada Pendidikan Tinggi 2021-12-05T07:50:59+07:00 Aci Primartadi aciprimartadi@gmail.com Suyitno Suyitno yitno@umpwr.ac.id Adha Maulana adha@gmail.com Dwi Jatmoko dwijatmoko@umpwr.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran sistem kopling sepeda motor yang berpengaruh terhadap minat belajar mahasiswa semester III program studi pendidikan teknik otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan jumlah responden sebanyak 30 mahasiswa semester 3. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian berupa angket. Analisis data menggunakan tabel distribusi frekuensi dan tabel persentase. Dari hasil penelitian terdapat perbedaan minat belajar siswa semester 3 pada mata pelajaran teknologi sepeda motor, prodi pendidikan teknik otomotif sebelum menggunakan media pembelajaran, hasil minat belajar mencapai persentase 75% dan setelah menggunakan media pembelajaran. menggunakan media pembelajaran hasil minat belajar mengalami peningkatan mencapai persentase 88%.</p> 2021-12-31T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2021 https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/tamanvokasi/article/view/10294 Pengaruh Sertifikasi Kompetensi, Intensitas Pelatihan dan Pengalaman Mengajar terhadap Profesionlitas Instruktur Balai Latihan Kerja 2021-06-08T14:56:08+07:00 Erwin Thayeb thayeb.er@gmail.com Budi Budi Santosa budi.santosa@mpv.uad.ac.id <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh sertifikasi kompetensi, intensitas pelatihan, dan pengalaman mengajar terhadap profesionalitas instruktur Balai Latihan Kerja. Metode penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode penelitian Kuantitatif Korelasional dengan jumlah sampel 61 instruktur pegawai negeri sipil yang telah menjadi asesor kompetensi di BLK Surakarta yang menjadi responden. Sementara untuk menguji pengaruh antar variable digunakan uji T dan uji F.</p><p>Hasil pengujian regresi menunjukkan pengujian simultan diperoleh dari hasil pengolahan data menunjukkan nilai F hitung sebesar 31,237 dan nilai probabilitas signifikansi tersebut sebesar 0,000 dan tingkat α sebesar 5 % , hal ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi uji F 0,000 lebih kecil daripada nilai signifikansi 0,05. Artinya bahwa sertifikasi kompetensi (X1), intensitas pelatihan (X2), dan pengalaman mengajar (X3) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap profesionalitas instruktur</p><p> </p><p> </p> 2021-12-31T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Taman Vokasi https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/tamanvokasi/article/view/7779 KEMAMPUAN KONSENTRASI DAN DAMPAK PENERAPAN JADWAL SISTEM BLOK SISWA JURUSAN OTOMOTIF SMK N 2 PENGASIH 2020-05-17T09:28:25+07:00 Prabagistara Jihan gistarajihan@gmail.com <p>Penelitian ini sebagaimana dilakukan untuk memperoleh fakta dan mengetahui bagaimana peserta didik SMKN 2 Pengasih mampu berkonsentrasi terhadap diberlakukannya jadwal sistem blok. Selain itu mengetahui dampak-dampak yang ditmbulkan. Objek dari penelitian yang dilaksanakan merupakan pesrta didik jurusan otomotif yang ada di SMK N 2 Pengasih. Pencarian data adalah dengan metode kuisioner. Hasil data dianalisis dengan cara analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjakkan masih kurangnya kemampuan konsentrasi peserta didik jurusan otomotif SMK N 2 Pengasih dalam menerapkan jadwal sistem blok. Dampak yang dirasakan meliputi dampak positif dan negatif sangat dirasakan peserta didik.</p> 2021-12-31T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2021 TAMAN VOKASI