Pedoman Penulisan Artikel

Pedoman Penulisan Artikel

TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an

Secara keseluruhan, badan artikel berjumlah antara 5000–8000 kata termasuk daftar pustaka (minimum 20 halaman). Pengetikan artikel menggunakan perangkat lunak Microsoft Word dengan spasi antar baris 1 spasi, jenis huruf Times New Rowman ukuran 12, dan disajikan dalam satu kolom untuk memudahkan mereview.

TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an merupakan jurnal yang diterbikan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjanawiyta Tamansiswa. Memfasilitasi dosen, guru, mahasiswa dan tenaga pendidik untuk mempublikasikan karya ilmiah baik berupa hasil penelitian maupun kajian pustaka yang berkaitan dengan pendidikan ke-SD-an. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an terbit tiga kali dalam setahun yaitu bulan Januari, Mei dan September, setiap terbit 12 artikel. Ruang lingkup penulisan ilmiah dalam jurnal TRIHAYU meliputi bidang keilmuan sebagai berikut: 1. Strategi pembelajaran; 2. Evaluasi pendidikan; 3. Kurikulum; 4. Manajemen sekolah dan kelas; 5. Pengembangan media dan bahan ajar. Artikel harus asli, dalam arti belum pernah dipublikasikan dalam jurnal lain atau sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan pada jurnal lain dan terbebas dari unsur plagiarisme.

Penulisan artikel pada jurnal TRIHAYU dianjurkan memperhatikan sistematika dan ketentuan ilmiah sebagai berikut:

  1. Abstrak

Abstrak harus mencerminkan keseluruhan substansi isi artikel dan mampu membantu pembaca untuk menentukan relevansinya dengan minat serta memutuskan apakah akan membaca dokumen secara keseluruhan. Abstrak berisi pernyataan tentang latar belakang masalah, fokus masalah, langkah atau tahapan penting penelitian, serta temuan dan simpulan utama. Abstrak ditulis dalam 2 bahasa (Inggris dan Indonesia), dalam 1 paragraf, jarak 1 spasi, dan dengan jumlah antara 150–200 kata.

Kata Kunci: 35 Istilah
Kata kunci berisi istilah penting dan substansi artikel, dapat mempermudah pembaca untuk menemukan artikel, dan ditulis di bawah abstrak dicetak tebal dan miring

  1. Pendahuluan

Pendahuluan antara lain berisi latar belakang masalah, kesenjangan antara yang diidealkan dan yang senyatanya, didukung oleh teori dan penelitian mutakhir yang relevan tentang masalah, dan nilai baru penelitian yang merupakan inovasi. Bagian ini ditulis sebanyak maksimum 20% dari badan artikel.

  1. Metode

Bagian metode harus ditulis singkat, padat, jelas, tetapi mencukupi. Ia menjelaskan penggunaan metode penelitian, prosedur pelaksanaan, alat, bahan, atau instrumen harus dijelaskan dengan baik, namun bukan berupa teori. Jika dipandang perlu, ada lampiran mengenai kisi-kisi instrumen atau penggalan bahan yang digunakan. Jika ada rumus-rumus statistik yang digunakan sebagai bagian dari metode, rumus yang sudah umum digunakan tidak perlu ditulis. Misalnya, ada ketentuan spesifik yang ditetapkan oleh peneliti dalam rangka mengumpulkan dan menganalisis data dijelaskan pada bagian metode ini. Bagian ini ditulis sebanyak maksimum 10% (untuk penelitian kualitatif) atau maksimum 15% (untuk penelitian kuantitatif) dari badan artikel.

  1. Hasil dan Pembahasan

Untuk memudahkan pemahaman dan pembacaan, hasil penelitian dideskripsikan terlebih dahulu, dilanjutkan bagian pembahasan. Subjudul hasil dan subjudul pembahasan disajikan terpisah. Bagian ini harus menjadi bagian yang paling banyak, minimum 60% dari keseluruhan badan artikel.

  1. Kesimpulan

Simpulan tidak sekadar mengulangi data, tetapi berupa substansi pemaknaan. Ia dapat berupa pernyataan tentang apa yang diharapkan, sebagaimana dinyatakan dalam bab "Pendahuluan" yang akhirnya dapat menghasilkan bab "Hasil dan Pembahasan" sehingga ada kompatibilitas. Selain itu, dapat juga ditambahkan prospek pengembangan hasil penelitian dan prospek aplikasi penelitian selanjutnya ke depan (berdasarkan hasil dan pembahasan).

  1. Ucapan Terima Kasih

Bagian ini berisi ucapan terima kasih kepada sponsor, pendonor dana, narasumber, atau pihak-pihak yang berperan penting dalam pelaksanaan penelitian.

  1. Daftar Pustaka

Daftar pustaka diurutkan sesuai dengan alfabet. Semua yang dirujuk dalam artikel harus tertulis dalam daftar pustaka dan semua yang tertulis dalam daftar pustaka harus dirujuk dalam artikel dengan menggunakan aplikasi Mendeley, Zotero, atau EndNote ditulis sesuai dengan format APA Style (American Psychological Association) minimum 15 referensi mutakhir.

Template Jurnal:
Journal Template