Proses Peer Review

Proses Peer Review

Publikasi artikel dalam TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an hanya bergantung pada validitas dan koherensi ilmiah sebagaimana dinilai oleh editor dan/atau peer reviewer kami, yang juga akan menilai apakah tulisan tersebut dapat dipahami dan apakah karya tersebut mewakili kontribusi yang berguna di lapangan. TRIHAYU mengakui upaya dan saran yang dibuat oleh para pengulasnya. 

Evaluasi awal naskah

Redaksi akan terlebih dahulu mengevaluasi semua naskah yang diserahkan maksimal 7 hari. Meskipun jarang, namun sangat layak untuk sebuah naskah luar biasa untuk diterima pada tahap ini. Mereka yang ditolak pada tahap ini tidak cukup orisinal, memiliki kekurangan ilmiah yang serius, atau berada diluar tujuan dan ruang lingkup TRIHAYU Yang memenuhi kriteria minimum diteruskan ke peninjau ahli untuk ditinjau. Biasanya memakan waktu hingga 14-30 hari.

Jenis peer review

Naskah yang dikirimkan umumnya akan ditinjau oleh dua ahli yang akan diminta untuk mengevaluasi apakah naskah itu secara ilmiah masuk akal dan koheren, apakah menduplikasi karya yang sudah diterbitkan, dan apakah naskah cukup jelas untuk diterbitkan atau tidak. Metodenya adalah peer review double-blind.

Laporan ulasan

Peninjau diminta untuk mengevaluasi apakah naskah:

  • Asli dengan menyatakan tujuan dan kesenjangan dengan jelas.
  • Apakah metodologis suara.
  • Mengikuti pedoman etika yang sesuai.
  • Memiliki hasil/temuan yang disajikan dengan jelas dan mendukung kesimpulan.
  • Merujuk pekerjaan relevan sebelumnya dengan benar.
  • Reviewer tidak diharapkan untuk mengoreksi atau menyalin naskah edit. Koreksi bahasa bukan bagian dari proses peer-review.

Keputusan

Peninjau menyarankan editor, yang bertanggung jawab atas keputusan akhir untuk menerima atau menolak artikel. Editor akan mengambil keputusan berdasarkan laporan ini dan, jika perlu, mereka akan berkonsultasi dengan anggota Dewan Editorial. Keputusan editor adalah final. Biasanya memakan waktu hingga 30-60 hari.