DAMPAK PEMBELAJARAN ONLINE BERBASIS APLIKASI WHATSAPP GROUP DAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DI SDN BRATI 02

Penulis

  • Lusiana Fina Lestari Universitas Muria Kudus
  • Murtono Murtono Universitas Muria Kudus
  • Deka Setiawan Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.30738/trihayu.v7i3.10195

Kata Kunci:

E-Learning, WhatsApp group application, and google classroom application, students motivation to study

Abstrak

In mid-March 2020, Indonesia was shocked by the emergence of the covid-19, this virus was very dangerous, requiring schools to be temporarily closed, and learning that was usually done face-to-face is now being transferred online. This study aims to determine students learning motivation during e-learning based on the Whatsapp Group application and Google Classroom at SDN Brati 02. This research is qualitative research with a descriptive method, which describes a phenomenon or situation that occurs in a place. The subject is students, student's parents, and teachers of grade 4 SDN Brati 02. Data collection techniques in this study are observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques in this study are data reduction, data display, and concluding. The result of this study indicates that e-learning based on the Whatsapp Group application and Google Classroom has an impact on student learning motivation.

 

Referensi

Agustinova, D. E. 2015. Memahami Metode Penelitian Kualitatif, Teori dan Praktik. Yogyakarta: Calpulis.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Bandung: Yrama Widya.

Arnesi, N. dan Hamid, A. 2015. Penggunaan Media Pembelajaran Online-Offline Dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal teknologi informasi dan komunikasi. 2 (1), 85-99.

Astini, N. K. S. 2020. Tantangan Dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan. 3 (2), 241-255.

Gunawan, I. 2015. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamdu, G. dan Agustina, L. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA Di Sekolah Dasarâ€. Jurnal Penelitian Pendidikan. 12 (1), 81-86.

Handayani, L. 2020. Keuntungan Kendala dan Solusi Pembelajaran Online Selama Covid-19: Studi Eksplorif di SMPN 3 Bae Kudus. Journal Industri Engineering dan Management Research (JIEMAR). 1 (2), 15-23.

Nugraheni, A. S. 2020. Metode Pembelajaran Melalui Whatsapp Group Sebagai Antisipasi Penyebaran Covid-19 pada AUD di TK ABA Kleco Kotagede. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 126-130.

Maharani, N. dan Kartini, K. S. 2019. Penggunaan Google Classroom Sebagai Pengembangan Kelas Virtual Dalam Ketrampilan Pemecahan Masalah Topik Kinematika Pada Mahasiswa Jurusan Sistem Komputer. PENDIPA Journal Os Science Education. 3(3), 167-173.

Mahardini, M. M. A. 2020. Analisis Situasi Penggunaan Google Classroom Pada Pembelajaran Daring Fisika. JPF Jurnal Pendidikan Fisika. 8 (2), 215-224.

Maulana, A. dan Sudin, A. 2016. Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Pendekatan Problem-Based-Learning (PBL). Jurnal Pena Ilmiah. 1 (1), 141-150.

Nabilla, R. dan Kartika, T. 2020. Whatsapp Group Sebagai Media Komunikasi Kuliah Online. Jurnal Ilmu Komunikasi. 4(2), 1-10.

Nashar. 2004. Peranan Motivasi Dan Kemampuan Awal Dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.

Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. 2019. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan pembelajaran daring dalam revolusi industri 4.0. In Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) (Vol. 1, No. 1).

Rosdiana, L. A., Sukawati, S., & Firmansyah, D. 2020. Meningkatkan Kedisiplinan Melalui Google Classroom dalam Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Semantik, 9(1), 35-40.

Rozak, A., & Albantani, A. M. 2018. Desain perkuliahan bahasa arab melalui google classroom. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 5(1), 83-102.

Rusni, Ariza. 2017. “Penggunaan Media Online Whatsapp dalam Aktivitas Komunitas One Day One Juz (Odoj) Dalam Meningkatkan Minat Tilawah Odojer Di Kota Pekanbaru.†Jom Fisip 2 (1): 15.

Sardiman A. M. 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudjono, Nana. 2010. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiarto, Eko. 2015. Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif Skripsi Dan Tesis. Yogyakarta: Suaka Media.

Trianto. 2011. Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan Dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana.

Uno, H. B. 2016. Teori Motivasi Dan Pengukurannya Analisis Dibidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Unduhan

Diterbitkan

2021-05-30

Cara Mengutip

Lestari, L. F., Murtono, M., & Setiawan, D. (2021). DAMPAK PEMBELAJARAN ONLINE BERBASIS APLIKASI WHATSAPP GROUP DAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DI SDN BRATI 02. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 7(3). https://doi.org/10.30738/trihayu.v7i3.10195