PENGEMBANGAN BUKU AJAR BA-CA BERBASIS METODE AHE UNTUK KELAS I SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Cindy Stefanny Putri Ariyanto Universitas PGRI Semarang
  • Wawan Priyanto Universitas PGRI Semarang
  • Ervina Eka Subekti Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.30738/trihayu.v7i3.10208

Kata Kunci:

Development, textbook, reading

Abstrak

This study aims 1) Knowing the characteristics of the BA-CA Textbook based on the Ahe Method. 2) Knowing, evaluating the validity and practicality of the Ahe Method-Based Textbook. This research is a research and development applied in the field of education. Research and Development (R & D) is the development and validation of Sugiyono's products using development procedures only up to product trials. The result of the validity test of the teaching material expert's assessment was 90.00, while the material expert's assessment was 81.81. The results of the practicality test for teacher response assessments with an average score of 92.18. The results show that the Textbook is valid and practical to be used for learning to read.

Biografi Penulis

Cindy Stefanny Putri Ariyanto, Universitas PGRI Semarang

 

 

 

Referensi

Muzayyanah, A., Wijayanti, A., & Ardiyanto, A. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Tematik Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pijar Mipa, 15(5), 452-456.

Mardiah, A., Suwignyo, H., & Kuswandi, D. 2016. Pengembangan Modul Membaca Intensif Materi Cerita Petualangan Berbasis Saintifik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(6), 1115-1119.

Dalman, 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Erwanti Wahyu Hidayati, 2018. “Pengembangan Media Lamat (Laci Matematika) Baby Shark Dengan Menggunakan Problem Based Learning Pada Berhitung Siswa Kelas I SDâ€. Skripsi.

Fadhilah, Rahmi. 2014. Pengaruh Good Corporate Governance terhadap Tax Avoidance. Skripsi.

Lina Istikomah, 2018. “Pengembangan Media Flanel Catung (Membaca Berhitung) Tema Kegemaranku Subtema Gemar Berolahraga Siswa Kelas I SDN Cikandang 03 Brebesâ€. Skripsi.

Ratih, M., & Taufina, T. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Membaca Permulaan Dalam Pembelajaran Tematik Dengan Model Vark (Visual, Auditory, Read/Write And Kinesthetic) Di Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 7(2), 82-90.

Mardhatillah, M., & Trisdania, E. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa di SD Kelas II Negeri Paya Peunaga Kecamatan Meureubo. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1).

Teguh, M. 2020. Gerakan literasi sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(2), 1-9.

Rohmad & Alifatun. 2006. Jaringan Nasional Anak Hebat JANNAH. Kartosuro: KEMENHUKHAM RI NO. IDM 000330997.

Sareb Putra, Masri. 2008.Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini. Jakarta Barat: PT Macanan Jaya Cemerlang.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Sunarto & Agung. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudarwan. 2013. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: ALFABETA.

Tarigan, G. H. 2008. Membaca Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: ANGKASA.

Naemah, T., Astuti, I., & Umar, S. 2017. Pengembangan Media Puzzle untuk Kecakapan Membaca Peta Buta pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(3).

Widodo, Chomsin S dan Jasmadi. 2008. Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Unduhan

Diterbitkan

2021-05-30

Cara Mengutip

Ariyanto, C. S. P., Priyanto, W., & Subekti, E. E. (2021). PENGEMBANGAN BUKU AJAR BA-CA BERBASIS METODE AHE UNTUK KELAS I SEKOLAH DASAR. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 7(3). https://doi.org/10.30738/trihayu.v7i3.10208