PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Tia Widiyanti Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Ana Fitrotun Nisa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.30738/trihayu.v8i1.11136

Kata Kunci:

e-LKPD, scientific approach, science learning

Abstrak

This study aims to find out the characteristics of e-LKPD in the subjects of natural science (IPA) based on the scientific approach,  the validation, and the effectiveness of the developed e-LKPD. This research used Research and Development (R&D) method. In collecting the data, the researcher used questionnaires, observation, interviews, the result of the learning process, and documentation. The data analysis used descriptive statistics analysis. Development of e-LKPD includes 9 stages of development. The subject testing was conducted on 24 students of fifth-grade students of SD N 2 Surokarsan Yogyakarta. The results of this study are the characteristics of e-LKPD in the subjects of natural science (IPA) based on a scientific approach using 5M components. The validation of e-LKPD product of the expert validator material result is obtained an overall average of 3.34 in the very good category, the validation of language expert has obtained an overall average of 3.25 in the very good category, the validation of media expert has obtained an overall average of 3.66 in the very good category, and the validation of the teacher of fifth-grade is obtained an overall average of 3.83 in the very good category. The practicality of the e-LKPD product showed a positive response with an average percentage of 81,1% and 82,3%. The effectiveness of e-LKPD is measured by the student result of the learning process who gets a score of 82,81.

Referensi

Adah, Ummi Zahrotissa dan Raya Sulistyowati. 2021. “Pengembangan Bahan Ajar Buku Sakku Perencanaan Bisnis pada Kompetensi Dasar Menganalisis Lingkungan Pemasaran untuk Kelas X BDP SMKN 2 Kediri”. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (Vol.9 Nomor.2). Hlm. 223-229.

Anggraini, Desty Sinta dan Kristi Wardani. 2019. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik pada Tematik Muatan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Kelas IV SD Sukowaten Baru”. Jurnal Trihayu, (Vol.6 Nomor.1). Hlm 736-739.

Asnaini, dkk. 2016. “Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan Scientific Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Peserta Didik Pada Materi Larutan Penyangga”. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Vol.4 Nomor.2). Hlm. 191-201.

Bahrialin, Vina., dkk. 2020. “Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi SPLDV Kelas VIII SMP Negeri 5 Lubuklinggau”. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika (Vol.3 Nomor.1). Hlm. 94-103.

Citra, Zahara., dkk. 2020. “Pengembangan LKPD Berbasis Saintifik pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan”. Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains (Vol.3 Nomor.2). Hlm. 232-243.

Dermawati, Nursyamsi., dkk. 2019. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Lingkungan”. Jurnal Pendidikan Fisika (Vol.7 Nomor.1). Hlm 74-78

Munggah, I Gede Agus,. dkk. 2016. “Penerapan Saintifik Berbasis Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V”. e-JournalPGSD Universitas Pendidikan Ganesha (Vol.4 Nomor.1). Hlm. 1-10.

Karina, Dina., dkk. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Kimia Berbasis Kemaritiman pada Materi Hakikat Ilmu Kimia”. Jurnal Zarah (Vol. 7 Nomor.1). Hlm. 13-16.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Konsep Pendekatan Saintifik. Materi Diklat Guru dalam Rangka Implementasi Kurikulum 2013.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 216 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Kumala, Farida Nur. 2016. Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Malang : Ediide Indografika.

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Temaik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Musfiqon dan Nurdyansyah. 2015. Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Mustika., dkk. “Pengaruh Penggunaan LKS dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Objek IPA dan Pengamatannya Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas VII MTs N 1 Semarang”. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika (Vol. 7 Nomor.1). Hlm. 63-71.

Nugraheny, Devita Cahayani. 2018. “Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik Life Skills untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah”. Jurnal Visipena (Vol.9 Nomor.1). Hlm. 94-114.

Permendikbud. 2013. Lampiran I Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdikbud.

Romiati, Eka dan Roseli Theis. 2017. “Pengembangan LKS Berbasis Pendekatan Saintifik dan Strategi Pembelajaran PQ4R pada Materi Himpunan Kelas VII SMPN 11 Kota Jambi”. Edumatica (Vol.7 Nomor. 1). Hlm. 37-43.

Sari, Alvina Putri Purnama dan Agil Lepiyanto. 2016. “Pengembangan LKPD Berbasis Scientific Approach Siswa SMA Kelas X pada Materi Fungi”. Jurnal Pendidikan Biologi (Vol. 7 Nomor.1). Hlm. 41-48.

Setiabudi, Agung., dkk. 2019. “Efektivitas LKPD dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Bengkulu”. Jurnal Pembelajaran Matematika Sekolah (Vol. 3 Nomor.2). Hlm. 228-241.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhartati. 2016. “Penerapan Pendekatan Saintifik pada Materi Relasi dan Fungsi di Kelas X MAN 3 Banda Aceh”. Jurnal Peluang, (Vo. 4 Nomor.2). Hlm. 56-65.

Tim Dosen Ketamansiswaan. 2017. Materi Kuliah Ketamansiswaan. Yogyakarta: UST Yogyakarta.

Unduhan

Diterbitkan

2021-09-26

Cara Mengutip

Widiyanti, T. ., & Fitrotun Nisa, A. . (2021). PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 8(1). https://doi.org/10.30738/trihayu.v8i1.11136