ANALISIS NILAI KARAKTER PADA BUKU SISWA TEMATIK MUATAN IPS KELAS IV SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Salma Nur Arrifa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Heri Maria Zulfiati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.30738/trihayu.v8i1.11138

Kata Kunci:

Value characters, thematic, student books, social studies

Abstrak

This study aims to describe the educational values characters contained in the fourth-grade student's theme book 1 “The Beautiful of Togetherness” curriculum 2013, especially social studies subjects. This research is descriptive qualitative research. The data in this study are statements that contain and show the value of character education. Data was collected using reading, noted, and document analysis. Data validity used triangulation of source and triangulation of methods. Of the 18 values of the characters education launched by the Ministry of National Education, found 7 values of character education are available in the This study aim was to describe the educational values characters contained in the fourth-grade student's theme book 1 “The Beautiful of Togetherness” curriculum 2013, especially social studies subjects namely (1) religious, (2) tolerance, (3) democratic, (4) patriotism, (5) curiosity, (6) love peace, (7) like reading. These educational values characters are conveyed through story text, quotes, and assignments.

Referensi

Anggari, Anggi St., dkk. 2017. Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 kelas IV Tema 1 Indahnya Kebersamaan. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kemendikbud.

Barlian, Eri. 2016. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Padang: Sukabina Press.

Hardani, dkk. 2020. Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu

Latifah, N., & Permatasari, R. 2020. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Buku Tematik Siswa Sd Kelas IV Kurikulum 2013. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 1(1).

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Pusat Kurikulum Kemendiknas. 2011. Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-nilai Budaya Untuk Membentuk daya Saing dan Karakter Bangsa: Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakrta: Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

. 2011. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter [Berdasarkan Pengalaman di Satuan Pendidikan Rintisan]. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Tim Penyusun. 2015. Materi Pelatihan Implenetasi Kurikulum Jenjang Sekolah Dasar Tahun 2015. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Zulfiati, H. M., Suyanto, S., & Pamadhi, H. 2019. Modal Budaya Sebagai Penguat Pembentukan Karakter Berbasis Ajaran Ki Hadjar Dewantara Di Sekolah Dasar. KELUARGA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 5(1), 190-201.

Unduhan

Diterbitkan

2021-09-26

Cara Mengutip

Nur Arrifa, S. ., & Maria Zulfiati, H. . (2021). ANALISIS NILAI KARAKTER PADA BUKU SISWA TEMATIK MUATAN IPS KELAS IV SEKOLAH DASAR. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 8(1). https://doi.org/10.30738/trihayu.v8i1.11138