Idiom berunsur nama organ tubuh manusia dalam tabloid bola (kajian materi pembelajaran ke-SD-an)

Penulis

  • Siti Anafiah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Anang Sudigdo Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/trihayu.v9i1.13179

Kata Kunci:

Idioms, Human Organs, Tabloid Ball, SD material

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui bentuk kebahasaan idiom berunsur nama organ tubuh manusia dalam tabloid Bola. 2) Untuk mengetahui jenis-jenis idiom berunsur nama organ tubuh manusia yang terdapat dalam tabloid Bola. Desain penelitian ini adalah deskriptif. Subjek penelitian berupa idiom berunsur nama organ tubuh manusia yang terdapat dalam tabloid Bola yang terbit bulan Januari-Desember 2004. Objek penelitian ini adalah bentuk kebahasaan idiom dan jenis-jenis idiom berunsur nama organ tubuh manusia yang terdapat dalam tabloid Bola. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Penelitian ini juga menggunakan alat bantu, yakni kartu data. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik baca dan teknik catat. Metode dalam analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode padan dan agih. Keabsahan data dilakukan melalui intrarater dan interater. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tabloid Bola ditemukan gaya bahasa dari bentuk kebahasaan dan jenis idiom. Bentuk kebahasaan idiom berunsur organ tubuh manusia yakni kata dan frase. Dari jenis idiom dilihat dari segi keeratan unsur-unsurnya dalam membentuk makna, kandungan nilai, dan referensi unsur-unsur Idiom.

Kata kunci: Idiom, Organ Tubuh Manusia, Tabloid Bola

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Siti Anafiah, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta,

Referensi

Adi, Tri Sarwoko. (2007). Inilah Bahasa Indonesia Jurnalistik. Yogyakarta: Andi.

Arikunto, S. (2000). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, A. (1981). Idiom bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Nusa Indah.

Chaer, Abdul. (2009). Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Kridalaksana, Harimurti. (2008). Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Safrika, L., Warni, W., & Purba, A. (2015). Analisis Penggunaan Idiom Dalam Berita Kriminal Surat Kabar Harian Jambi Independent Edisi Juni 2013. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 4(2).

Sudaryanto.(1993). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Tambunan, Pandapotan & Tarigan, Nanda Ploria Br . 2021. Analisis Kesulitan Siswa Menentukan Frasa, Ungkapan Dan Kata Majemuk Siswa Kelas V SD Negeri 060936 Medan Johor Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Curere, 5(2), 59-67.

Unduhan

Diterbitkan

15-09-2022

Cara Mengutip

Anafiah, S., & Sudigdo, A. . (2022). Idiom berunsur nama organ tubuh manusia dalam tabloid bola (kajian materi pembelajaran ke-SD-an). TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 9(1), 29–36. https://doi.org/10.30738/trihayu.v9i1.13179

Citation Check

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>