Pengaruh kebiasaan berbahasa Jawa terhadap pemahaman konsep unggah-ungguh kelas V di gugus 02 kecamatan Bantul

Penulis

  • Taufik Muhtarom Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia https://orcid.org/0000-0003-2358-577X
  • Aditya Hendra Sulistyawan Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/trihayu.v9i2.13222

Kata Kunci:

Concept Unggah-ungguh, Elementary Javanese Language, Speaking Habits

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kebiasaan berbicara Bahasa Jawa di Rumah, 2) mengetahui pemahaman konsep unggah-ungguh Bahasa jawa dan 3). mengetahui adanya pengaruh kebiasaan berbicara Bahasa Jawa di Rumah  terhadap pemahaman konsep unggah-ungguh Bahasa Jawa pada siswa kelas V SD di Gugus 02 Kecamatan Bantul. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V SD di Gugus 02 Kecamatan Bantul tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif survey dengan jumlah populasi 351 siswa dengan sampel 187 siswa. Teknik analisis menggunakan teknik analisis deskriptif, uji prasyarat, dan analisis regresi linier sederhana dengan taraf signifikansi α = 0,05.

Hasil penelitian: 1) kebiasaan Berbicara Bahasa Jawa di rumah berkategori tinggi dengan presentase sebesar 35,29%, 2) pemahaman konsep unggah-ungguh Bahasa Jawa berkategori sangat tinggi dengan presentase sebesar 51,9% dan 3)  terdapat pengaruh Kebiasaan Berbicara Bahasa Jawa di rumah terhadap pemahaman konsep unggah-ungguh Bahasa jawa pada siswa kelas V SD di Gugus 02 Kecamatan Bantul dengan hasil variabel independen bernilai positif dan searah yaitu Y = 1,272 + 0,080X, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Dengan hasil sumbangan pengaruh sebesar 25,40%, sedangkan sisanya 74,60% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Apriliani, Elina Intan dan Dewi, N. K. (2019). Tata krama Budaya Jawa Membentuk sikap Santun Anak Usia Dini. I(1), 35.

Chapman, Gary, and Ross Campbell. 2018. The 5 Love Languages of Children. Yogyakarta: ANDI Offset.

Chusnul Chotimah, Mei Fita Asri Untari, M. Arief Budiman. 2019. Analisis Penerapan Unggah Ungguh Bahasa Jawa dalam Nilai Sopan Santun. International Journal of Elementary Education. Volume 3, Number 2, Tahun 2019, pp. 202-209. P-ISSN: 2579-7158 E-ISSN: 2549-6050 Tersedia Pada: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE

Estiani, Wahyu eka Dan Masjid, Akbar Al. 2021. Analisis Hasil Belajar Menulis Aksara Jawa Pada Kelas IV SD Negeri Mirita Kebumen. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, Vol. 8, Nomor 1, September 2021, hlm.1246-1251

Handayani, Tri & Hangestiningsih Endang. 2018. Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Penggunan Bahasa Jawa Siswa Di SD KARANGMULYO YOGYAKARTA. Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, Vol. 4, Nomor 3, Mei 2018, hlm. 415-419

Komalasari, Mahlid Dea & Wihaskoro, Ahmad Mabruri. 2016. Multimedia Interaktif Bermuatan Keanekaragaman Budaya Indonesia Pada Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Rasa Cinta Tanah Air Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Elementery School 5 (2018) 130-137. E-ISSN 2502-4264 Volume 5 nomor 1 Januari 2018

Kusumasondjaja, Sony.2016. “Identitas Sosial, Norma Kelompok, Kepercayan Dan Online Helping Behavior Pada Komunitas Sosial Berbasis Facebook.” MIX: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN 6(2): 296-312. https://Publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/jurnal_Mix/articel/view/881

Muhtarom, Taufik. 2017. Urgensi Pengembangan Kurikulum Sekolah dasar Berbasis Kearifan lokal Berwawasan Lingkungan Dalam Upaya Pembentukan Pribadi Manusia Yang Berkarakter. Bantul. UPY

Mulyana (eds). (2008). Pembelajaran Bahasa dan Sastra Daerah Dalam Kerangka Budaya. Yogyakarta: Tiara Wacana

Noermanzah.2019.Bahasa Sebagai Aalat Komunikasi, Citra Pikiran, dan Kepribadian. Ejurnal.unib(306-319) ISBN:978-623-707438-0 https://ejurnal.unib.ac.id/index.php/semiba

Normanzah, N., Abid, S., & Aprika, E. (2018). Pengaruh Teknik Senda Problem Terhadap Kemampuan Menulis Daftar Pustaka Siswa Kelas Xi SMA Negeri 4 Lubuklinggau. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran (KIBASP). 1(2), 172. Doi:10.31539/kibasp.vli2.273

Rahadini, Astiana A & Suwarna. 2014. Kesantunan Berbahasa Dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Jawa Di SMP N 1 Banyumas, (diakses 13 Juli 2022)

Rahmawati, Oktaviani. 2014. Pengaruh Kebiasaan Berbahasa Jawa Di Rumah Terhadap Pemahaman Konsep Bahasa Jawa Siswa Kelas V SDIT Nur Hidayah Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Surakarta

Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sari, Beta Puspa. 2015.Dampak Penggunaan Bahasa Gaul Di Kalangan Remaja Terhadap Bahasa Indonesia.in:Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa 2015,pp,171-176. ISBN 978-602-8043-50-2

Setyonegoro. Agus. 2013. Hakikat, alasan, dan tujuan berbicara(dasar pembangunan kemampuan berbicara mahasiswa) Jurnal pendidikan Bahasa dan Sastra 2 (2),2013 Jurnal Pena. Vol , No.1, ISSN: 18298419.

Sukoyo,Joko,dkk. 2013. “Hubungan Penguasaan Tingkat Tutur dan Sikap Ekstrovert dengan Keterampilan Berbicara Krama Alus Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa Universitas Negeri Semarang”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra,I (I):97-100

Wibowo, Agus dan Gunawan. 2015. Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yusup, Febrianawati. 2018. “Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif”. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol. 7(1): 17 – 23.

Unduhan

Diterbitkan

11-01-2023

Cara Mengutip

Muhtarom, T., & Sulistyawan, A. H. . (2023). Pengaruh kebiasaan berbahasa Jawa terhadap pemahaman konsep unggah-ungguh kelas V di gugus 02 kecamatan Bantul. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 9(2), 98–108. https://doi.org/10.30738/trihayu.v9i2.13222

Citation Check