Studi diskriptif penguatan literasi dan numerasi kelas VI SD Sabdodadi Keyongan Bantul

Penulis

  • Ardian Arief Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Nur Astuti Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Abdul Rahim Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Taryatman Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Trio Ardhian Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/trihayu.v9i1.13269

Kata Kunci:

Penguatan, Literasi, Numerasi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penguatan literasi dan numerasi yang digunakan guru pada kegiatan pembelajaran di SD Sabdodadi Keyongan Bantul. Penelitian ini dilaksanakan di SD Sabdodadi Keyongan Bantul, sumber data yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara semi terstruktur, teknik observasi terus terang dan dokumentasi. Uji kredibilitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta pengambilan keputusan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan penguatan literasi dan numerasi yang dapat dilakukan guru untuk mencapai keterampilan belajar siswa melalui 1) Pelaksanaan membisakan membaca buku nonteks pelajaran selama 15 menit dan menyelipkan literasi dan numerasi kesemua unit pembelajaran, membuat rancangan penguatan literasi dan numerasi dengan menyesuaikan pada buku panduan penguatan literasi dan numerasi dari kemendikbud serta melaksanakan test diagnostik sehingga guru dapat menyesuaikan pada tujuan yang akan dicapai. 2) Faktor pendukungnya berupa dukungan dari dinas pengawas sekolah ataupun kerjasama dari orang tua siswa sebagai sarana pendukung terlaksananya penguatan literasi dan numerasi di sekolah. 3) Faktor penghambat yang dihadapi guru yaitu berupa keterbatasan fasilitas sarana, prasarana, keterbatasan waktu didalam pembelajaran, pengetahuan peserta didik yang masih rendah sehingga proses penguatan literasi dan numerasi tidak bisa berjalan secara maksimal. Upaya dalam mengatasi faktor penghambat yang dapat dilakukan oleh guru berupa pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran berbasis online atupun offline dalam pembelajaran, mengikuti pelatihan penguatan literasi dan numerasi, maupun bekerjasama dengan kelompok kerja guru untuk meningkatkan skill dalam menyusun perencanaan pembelajaran.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ardhian, T., Ummah, I., Anafiah, S., & Rachmadtullah, R. (2020). Reading and Critical Thinking Techniques on Understanding Reading Skills for Early Grade Students in Elementary School. International Journal of Instruction, 13(2), 107-118.

Ardhian, T., & Trisniawati, T. (2020). Pengaruh Direct Reading Thinking Activity Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 8(1), 27-34.

Atmazaki., et al. 2017. Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta Timur: Kemendikbud.

Dewayani, S., et al. 2021. Panduan Penguatan Literasi dan Numerasi Di Sekolah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdikbud.

Han, Weilin, dkk. 2017. Materi Pendukung Literasi Numerasi Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kemendikbud.

Hasanah, Uswatun & Mirdat Silitonga. 2020. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. 2019. Hasil PISA Indonesia 2018. SIARAN PERS Nomor: 397/Sipres/A5.3 /XII/ 2019.

Praditya, G. O., Arief, A., Rahim, A., Taryatman, T., Ardhian, T., & Najib, K. H. (2022). Implementasi Nilai Karakter Melalui Program Bimbingan Konseling Di Sd Negeri 16 Toboali Bangka Selatan. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 8(2), 1360-1365.

Pramusinta, Yulia., & Silviana Nur Faizah. 2022. Belajar Pembelajaran Abad 21 Sekolah Dasar. Jawa Timur: Nawa Litera Publishing.

Reni Herawati. 2022. “Penerapan Model Gradual Release of Responsibility dalam Penguatan Pembelajaran Literasi dan Numerasi”. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, (Vol.7. Nomor 1). Hlmn. 22-31.

Rachmadtullah, R., Yustitia, V., Setiawan, B., Fanny, A. M., Pramulia, P., Susiloningsih, W., & Ardhian, T. (2020). The challenge of elementary school teachers to encounter superior generation in the 4.0 industrial revolution: Study literature. International Journal of Scientific & Technology Research, 9(4), 1879-1882.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syaripuddin, M. 2019. Sukses Mengajar Di Abad 21:(Keterampilan Dasar Mengajar dan Pendekatan Pembelajaran K13). Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Unduhan

Diterbitkan

01-09-2022

Cara Mengutip

Arief, A., Nur Astuti, Rahim, A., Taryatman, T., & Ardhian, T. (2022). Studi diskriptif penguatan literasi dan numerasi kelas VI SD Sabdodadi Keyongan Bantul. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 9(1), 16–23. https://doi.org/10.30738/trihayu.v9i1.13269

Citation Check

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>