Pengaruh penggunaan media powerpoint interaktif terhadap motivasi belajar Matematika pada siswa kelas III SD Negeri Sumber Jaya

Penulis

  • Clara Anggun Mellenia Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Trisniawati Trisniawati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Mahmudah Titi Muanifah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Nelly Rhosyida Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/trihayu.v9i1.13559

Kata Kunci:

Motivasi Belajar, Powerpoint Interaktif, Matematika

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) menguji sejauh mana motivasi belajar matematika siswa kelas III SD Negeri Sumber Jaya. (2) menguji sejauh mana pembelajaran matematika menggunakan media PowerPoint interaktif pada siswa kelas III SDN Sumber Jaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group. Subjek penelitian berjumlah 88 siswa, yang dibagi menjadi 3 kelas yaitu 30 siswa dari kelas IIIA (kelas eksperimen), 30 siswa dari kelas IIIB (kelas kontrol) dan 28 siswa dari kelas IIIC (uji coba angket). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket untuk data motivasi belajar. Hasil angket motivasi belajar siswa dianalisis menggunakan uji-t atau Independent Samples t-test, yang sebelumnya telah diketahui normalitas dan homogenitasnya. Pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata pre-test motivasi belajar kelas eksperimen sebesar 93,37 dan kelas kontrol sebesar 95,07. Untuk rata-rata post-test motivasi belajar kelas eksperimen sebesar 111,39 dan kelas kontrol sebesar 106,05. Pada uji normalitas pre-test motivasi belajar kelas eksperimen diperoleh 0,115 dan post-test motivasi belajar kelas eksperimen 0,114. Sedangkan untuk pre-test motivasi belajar kelas kontrol 0,020 dan post-test motivasi belajar kelas kontrol 0,100. Terlihat dari taraf signifikansi pada shapiro-wilk lebih dari 0,05 yang menunjukkan data pre-test dan post-test motivasi belajar baik kelas eksperimen  maupun kelas kontrol berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas motivasi belajar dengan nilai signifikansi lebih dari 0,05 yaitu 0,75. Dapat disimpulkan bahwa data pre-test dan post-test motivasi belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol mempunyai varian yang sama. Hasil uji hipotesis motivasi belajar atau uji-t menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,000 atau kurang dari 0,05. Hal ini berarti penggunaan media PowerPoint interaktif berpengaruh terhadap motivasi belajar matematika pada siswa kelas III SDN Sumber Jaya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Trisniawati Trisniawati, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

<https://scholar.google.co.id/citations?user=IXWxuVAAAAAJ&hl=id&oi=ao>Google Scholar <https://www.scopus.com/authid/detail.uri?authorId=57208624315>Scopus ID: 57208624315

Referensi

Ainin, M., Ahsanuddin, M., & Asrori, I. (2019). Pelatihan Powerpoint Bagi Guru Bahasa Arab MTs Kota Dan Kabupaten Kediri. Al-khidmah, 1(2), 74-79.

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 4(1), 80-86.

Arikunto, S. (2020). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Cucum, C., Rohayat, A., Rusmana, M., & Tetep, T. (2018). Penggunaan media pembelajaran program PowerPoint terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada pelajaran ipa sekolah dasar. Teknologi Pembelajaran, 3(1) , 1-4.

Darmawan, R. (2015). Pengaruh Minat Belajar Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 01 Wonolopo Tahun Ajaran 2014/2015 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammaiyah Surakarta).

Darmawati, J. (2017). Pengaruh motivasi belajar dan gaya belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA negeri di kota Tuban. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 1(1), 79-90.

Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172-182.

Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan media dalam pembeajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara. 1(4), 104-117.

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal penelitian pendidikan, 12 (1), 90-96.

Kurniasari, R. (2018). Pemberian Motivasi serta Dampaknya Terhadap Kinerja Karyawan Pada Perusahaan Telekomunikasi Jakarta. Widya Cipta: Jurnal Sekretari dan Manajemen, 2(1), 32-39.

Munawar, A. (2016). Pengaruh media pembelajaran PowerPoint interaktif terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran etika profesi kelas X AK 3 Di SMK N 3 Bandung. (Doctoral dissertation, FKIP UNPASI).

Mutia, W. S., & Mulyawati, I. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Bangun Ruang Melalui Animasi Power Point terhadap Siswa Kelas V SDN Parung Panjang 06. Journal Of Elementary School.

Nurseto, T. (2011). Membuat media pembelajaran yang menarik. Jurnal Ekonomi dan pendidikan, 8(1). 11-16.

Putri, A,. Siregar, & Siregar, R. (2017). Pengaruh penggunaan media komik matematika dengan bantuan PowerPoint terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa di smk istiqlal. Jurnal Pendidikan Ekonomi. 2(4), 92-98

Pradana, M., & Reventiary, A. (2016). Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian sepatu merek Customade (studi di merek dagang Customade Indonesia). Jurnal Manajemen, 6(1).

Rahmah, H. (2013). Hakikat pendidikan matematika. Al-khwarizmi: Jurnal pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan alam, 1(2), 1-10.

Soeprianto, H. (2009). Penerapan pembelajaran nilai-nilai yang terintegrasi dalam mata pelajaran matematika. Educatio, 4(2 ), 28-37.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Usmadi, U. (2020). Pengujian persyaratan analisis (Uji homogenitas dan uji normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1).

Warkintin, W., & Mulyadi, Y. B. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis CD Interaktif PowerPoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 82-92.

Widhiarso, W. (2012). Tanya Jawab Tentang Uji Normalitas. Fakultas Psikologi UGM.

Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan reliabilitas instrumen penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan,7(1)., 18-20.

Unduhan

Diterbitkan

15-09-2022

Cara Mengutip

Mellenia, C. A. ., Trisniawati, T., Muanifah, M. T. ., & Rhosyida, N. . (2022). Pengaruh penggunaan media powerpoint interaktif terhadap motivasi belajar Matematika pada siswa kelas III SD Negeri Sumber Jaya. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 9(1), 56–64. https://doi.org/10.30738/trihayu.v9i1.13559

Citation Check

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>