Peran guru dalam penanaman karakter siswa melalui ajaran Trilogi Kepemimpinan di SD Negeri 03 Bongas

Penulis

  • Arya Dani Setyawan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Trisharsiwi Trisharsiwi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Akbar Al Masjid Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Pramudya Cahyandaru Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Diah Ayu Citra Agustina Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/trihayu.v9i1.13833

Kata Kunci:

trilogi kepeminpinan, pendidikan karakter, peran kepala sekolah, peran guru

Abstrak

Tujuan daripada penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana peran Guru dalam penanaman karakter kepada siswa melalui ajaran Trilogi Kepemimpinan di SD Negeri 03 Bongas. Desain penelitan ini penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian sekaligu sebagai narasumber penelitian ini melingkupi guru, wakasek kesiswaan dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan  dalam penelitian ini mengacu pada model Miles dan Huberman, yang mencakup 4 tahapan yakni  koleksi data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dengan meningkatkan ketekunan, menggunakan trianggulasi sumber, trianggulasi teknik, trianggulasi waktu dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam menerapkan nilai karakter siswa adalah 1) guru sebagai suri tauladan di dalam pembentukan karakter dasar seperti: kemandirian, keteladanan, religius, nasionalis, gotong royong dan integritas, 2) guru sebagai motivator bagi siswa untuk dapat memberikan hal yang terbaik bagi dirinya sendiri maupun sekolah, 3) guru menjadi pengawas peraturan didalam berlangsungnya aktifitas didalam sekolah. Pihak yang berperan di dalam proses penanaman karakter siswa ada tiga unsur, yaitu: sekolah, keluarga dan lingkungan. Apabila ada unsur yang kurang maksimal didalam menanamkan karakter tentu akan mempengaruhi proses penanaman karakter. Solusinya adalah dengan ditingkatkannya komunikasi antara sekolah dengan orang tua, diadakannya penyuluhan tentang pentingnya unsur sekolah, keluarga dan juga lingkungan di dalam berhasilnya proses pembelajaran.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arumsari, M. S. (2014). Peran guru dalam membentuk karakter siswa dalam pembelajaran sains di MI Al-Huda Yogyakarta. Unpublished Skpripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga.

Aqib, Z. (2012). Pendidikan karakter di sekolah membangun karakter dan kepribadian anak. Bandung: Yrama Widya, 31.

Dewantara, Ki Hadjar. (2011). Karya Ki Hadjar Dewantara Bagian Pertama: Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa.

Foreska, A., & Hangestiningsih, E. (2019). Eksplorasi trilogi kepemimpinan tamansiswa melalui peran kepala sekolah di sd negeri gedongkiwo. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 6(1). https://doi.org/10.30738/trihayu.v6i1.7739

Kompri. (2015). Manajemen Pendidikan: Orientasi Kemandirian Kepala Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Mengajar.

Nugroho, L. (2017). Implementasi trilogi kepemimpinan pendidikan ki hadjar dewantara di sd taman muda ibu pawiyatan taman siswa Yogyakarta. Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, 6(3), 205-214.

Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Masjid, A. A., Arief, A., Setyawan, A. D., & Retnaningsih, R. (2019). Tri pusat pendidikan sebagai upaya memperkuat pendidikan karakter siswa di taman muda ibu pawiyatan. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 5(2). https://doi.org/10.30738/trihayu.v5i2.4920

Saptono. (2011). Dimensi-Dimensi Pendidikan Karakter. Salatiga: Erlangga.

Taryatman, T., & Rahim, A. (2020). Implementasi Ajaran Tamansiswa Tri Nga Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 6(2). https://doi.org/10.30738/trihayu.v6i2.8058

Trisharsiwi, dkk. (2014). Materi Kuliah Ketamansiswaan. Yogyakarta: UST e-perss.

Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Wiyani, N. A. (2012). Manajemen pendidikan karakter: konsep dan implementasinya di sekolah. Yogyakarta: Pedagogia.

Wijayanti, W. (2019). Implementasi Trilogi Kepemimpinan (Ki Hadjar Dewantara) di Madrasah Tsanawiyah. Media Manajemen Pendidikan, 2(2), 181-192.

Yulianto, Anafiah, S., & Ebi Praheto, B. (2022). Development of lkpd based on the teaching of tri-n students of indonesian language class ii in sd n puren. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 8(3), 1409–1416. https://doi.org/10.30738/trihayu.v8i3.12302

Unduhan

Diterbitkan

15-09-2022

Cara Mengutip

Setyawan, A. D. ., Trisharsiwi, T., Masjid, A. A. ., Cahyandaru, P., & Agustina, D. A. C. . (2022). Peran guru dalam penanaman karakter siswa melalui ajaran Trilogi Kepemimpinan di SD Negeri 03 Bongas. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 9(1), 72–78. https://doi.org/10.30738/trihayu.v9i1.13833

Citation Check