Membangun profil siswa berkebinekaan global melalui ajaran Tamansiswa Ngandel, Kandel, Kendel, dan Bandel

Penulis

  • Qodri Jamalulail Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Bonifatius Sigit Yuniharto Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Heri Maria Zulfiati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/trihayu.v9i2.13972

Kata Kunci:

Berkebinekaan Global, Tamansiswa Teachings, Group Investigation (GI)

Abstrak

Belajar sejarah bagi siswa sekolah Dasar melalui membaca buku merupakan hal yang membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman profil siswa berkebinekaan global melalui implementasi ajaran Tamansiswa Ngandel, Kandel, Kendel, dan Bandel. Data penelitian diperoleh melalui kegiatan observasi pembelajaran, wawancara siswa dan dokumentasi hasil pembelajaran. Subjek penelitian merupakan siswa kelas lima SDN Sariharjo tahun pelajaran 2021/2022. Lokasi penelitian adalah monument Jogja Kembali. Implementasi ajaran Tamansiswa ditempuh melalui enam langkah model pembelajaran koorperatif tipe penyelidikan kelompok (GI) yaitu 1) menentukan pembahasan materi pelajaran dan mengelompokkan siswa; 2) menyusun kegiatan belajar; 3) melakukan pengamatan dan usaha memperoleh informasi; 4) menyelesaikan laporan kelompok; 5) memaparkan laporan hasil belajar; dan 6) mengevaluasi pemahaman siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa senang belajar sejarah melalui kegiatan kunjung museum. Ajaran Tamansiswa ngandel, kandel, kendel, dan bandel nampak saat siswa mengalami secara langsung kegiatan perencanaan, penyelidikan sampai pelaporan hasi penyelidikan. Profil siswa berkebinekaan global nampak melalui siswa dapat menghargai sejarah dan lokasi peninggalan sejarah di dekat sekolah mereka.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alfiah, S. (2020). Analisis Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar dalam Pembelajaran IPS pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri Tegalrejo No. 98 Surakarta Tahun Ajaran 2020/2021 [Universitas Negeri Surakarta]. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/download/83174/NDU2NDU3/Analisis-Penyebab-Rendahnya-Motivasi-Belajar-dalam-Pembelajaran-IPS-pada-Peserta-Didik-Kelas-V-SD-Negeri-Tegalrejo-No-98-Surakarta-Tahun-Ajaran-20202021-abstrak.pdf

Baihaqi, M. R., Ristono, W. S., & Lidinillah, D. A. M. (2018). Pengembangan Media Kartu Nusantara untuk Pembelajaran IPS Kelas IV SD pada Materi Keanekaragaman Suku Bangsa dan Budaya. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 47–58. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/7353/7465

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Standar Nasional Pendidikan, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia (2013). https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/5364/pp-no-32-tahun-2013

Pratami, A. Z., Suhartono, S., & Salimi, M. (2019). Penerapan model pembelajaran group investigation untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(2), 164–174. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i2.23535 DOI: https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i2.23535

Rahmad. (2016). Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada Sekolah Dasar. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 67–78. http://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/muallimuna

Rahmatiya, I., & Zulfiati, H. M. (2020). Penanaman Nilai Karakter Nasionalisme dan Patriotisme Pada Pembelajaran Tematik Bermuatan IPS Siswa Kelas IV SD Negeri Singosaren Bantul. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 7(1), 957–965. https://doi.org/10.30738/trihayu.v7i1.8393 DOI: https://doi.org/10.30738/trihayu.v7i1.8393

Warsito, R., & Widodo, S. T. (2018). Implementasi Nilai-Nilai Luhur Ajaran Ki Hajar Dewantara Dalam Perkuliahan Pendidikan Pancasila Untuk Mengembangkan Karakter Mahasiswa. PKn Progresif: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Kewarganegaraan, 13(1), 1. https://doi.org/10.20961/pknp.v13i1.22448 DOI: https://doi.org/10.20961/pknp.v13i1.22448

Yuniharto, B. S., & Nisa, A. F. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Ajak Temani Mandiri untuk Menanamkan Profil Pelajar Pancasila. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 9(1), 65–71. https://doi.org/https://doi.org/10.30738/trihayu.v9i1.13733 DOI: https://doi.org/10.30738/trihayu.v9i1.13733

Yuniharto, B. S., & Susanti, M. M. I. (2019). Peningkatan Minat Belajar dan Kreativitas Siswa Kelas IIIA SDN Maguwoharjo 1 Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI Pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan. Elementary Journal, 1(2), 22–32. https://doi.org/http://journals.ukitoraja.ac.id/index.php/ej/article/view/499/394

Unduhan

Diterbitkan

11-01-2023

Cara Mengutip

Jamalulail, Q., Yuniharto, B. S. ., & Zulfiati, H. M. . (2023). Membangun profil siswa berkebinekaan global melalui ajaran Tamansiswa Ngandel, Kandel, Kendel, dan Bandel. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 9(2), 109–115. https://doi.org/10.30738/trihayu.v9i2.13972

Citation Check

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>