Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar

Penulis

  • Heri Maria Zulfiati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Pramudya Cahyandaru Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Tansa Wahyu Agustina Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/trihayu.v9i3.14737

Kata Kunci:

pengembangan media pembelajaran, aplikasi canva, pembelajaran Tematik

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kevalidan dan efektivitas media pembelajaran berupa audio visual berbasis aplikasi Canva dalam konteks pembelajaran Tematik. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu Analisis, Perancangan, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Namun, dalam penelitian ini, hanya tahapan Pengembangan yang dilakukan karena tujuannya hanya sebatas mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran yang layak untuk diimplementasikan, berdasarkan penilaian dan saran dari validator. Luaran dari penelitian ini adalah produk berupa media pembelajaran dan artikel yang akan diterbitkan pada jurnal nasional terakreditasi. TKT pada penelitian ini adalah 1.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anda Juanda, A. J. (2019). Pembelajaran Kurikulum Tematik Terpadu: Teori & Praktik Pembelajaran Tematik Terpadu Berorientasi Landasan Filosofis, Psikologis dan Pedagogis.

Aminudin. 2014. “Media Pembelajaran Bahasa Arab”. Jurnal Al-Munzir Vol. 2, No. 2.

Anugraheni, I. (2018). Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar [A Meta-analysis of Problem-Based Learning Models in Increasing Critical Thinking Skills in Elementary Schools]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(1), 9- 18. DOI: https://doi.org/10.19166/pji.v14i1.789

Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara. Dimyati dan Mudjono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka cipta.

Elyas, A. H. (2018). Penggunaan model pembelajaran e-learning dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Warta Dharmawangsa, (56).

Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40-47. DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5338

Hanifah, N. (2014). Memahami penelitian tindakan kelas: teori dan aplikasinya. Upi Press.

Hidayah, N. (2015). Pembelajaran tematik integratif di Sekolah Dasar. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(1), 34-49.

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyadin. (2016). Implementasi Kebijakan Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Di SDN Kauman 1 Malang dan SD Muhammadiyah 1 Malang.

Nasional, K. P., & Pendidikan, D. A. N. T. K. (2010). Model-model pembelajaran. Disajikan pada TOT Guru pemandu MGMP SMP Serv, 1.

Ningrum, E. S., & Sobri, A. Y. (2015). IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR. Manajemen Pendidikan, 24(5), 416–423.

Pamungkas, A. D., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran problem based learning (PBL) pada siswa kelas 4 SD. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 287-293 DOI: https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i1.268

Pour, A. N., Herayanti, L., & Sukroyanti, B. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, 2(1), 36-40. DOI: https://doi.org/10.36312/e-saintika.v2i1.111

Prastowo, A. (2019). Analisis pembelajaran tematik terpadu. Prenada Media.

Sapriya. (2014). Global Trend of Social Science Teaching a nd Learning: Challenges and Expectations toward ASEAN Community 2015. The Journal of Social Studies Education, 3(1), 49–57.

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.

Syaifuddin, M. (2017). Implementasi pembelajaran tematik di kelas 2 SD Negeri Demangan Yogyakarta. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 2(2), 139-144. DOI: https://doi.org/10.24042/tadris.v2i2.2142

Syaiful Bahri, Djamarah. 2014. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Vitasari, R. (2013). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Problem Based Learning Siswa Kelas V SD Negeri 5 Kutosari. Kalam Cendekia PGSD Kebumen, 4(3).

Widyaningrum, R. (2012). Model pembelajaran tematik di MI/SD. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 10(1), 107-120. DOI: https://doi.org/10.21154/cendekia.v10i1.405

Wijaya Kusumah dan Dedi Dwitagama. (2012). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks

Unduhan

Diterbitkan

30-05-2023

Cara Mengutip

Zulfiati, H. M. ., Cahyandaru, P., & Agustina, T. W. . (2023). Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 9(3), 251–263. https://doi.org/10.30738/trihayu.v9i3.14737

Citation Check

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>