Pengaruh model pembelajaran problem-based learning (PBL) berbantuan media pop-up book terhadap kemampuan berpikir kritis siswa

Penulis

  • Devi Kurnia Putri Universitas Ngudi Waluyo, Indonesia
  • Kartika Yuni Purwanti Universitas Ngudi Waluyo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/trihayu.v10i1.15761

Kata Kunci:

Problem-based learning, pop-up book, critical thinking skills

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan pop up book terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. metode yang digunakan yaitu quasy experimental design dengan pre-test and post-test design. P opulasi yang digunakan digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Gedanganak 03, IVa sebagai kelas kontrol dan IVb sebagai kelas eksperimen. T eknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan teknik tes dan teknik non tes yang berupa observasi, angket dan dokumentasi. T eknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t-test, dan uji regresi. H asil menunjukkan, terdapat pengaruh model pembelajaran pbl menggunakan media pop up book terhadap kemampuan berpikir kritis siswa yang dibuktikan dengan thitung = 5.516 > ttabel = 3.828 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. serta mempengaruhi variabel kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 58% yang artinya variabel model pembelajaran problem based learning (pbl) berbantuan media pop up book mempengaruhi variabel kemampuan berpikir kritis sebesar 58%. hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan media pop up book berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ahmad, Susanto.2014.Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Predan Media Group.

Amalia, L. N., Sulistyowati, P., & Ladamay, I. (2020, November). Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media wayang kardus terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi kegiatan ekonomi kelas IV SD. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA (Vol. 4, No. 1, pp. 472-480).

Amir, M. F. 2015. Proses Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar dalam Memecahkan Masalah Berbentuk Soal Cerita Matematika Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Math Educator Nusantara Vol 01 No. 02

Arsyad, Azhar. 2017. “Media Pembelajaran Edisi Revisi”. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Dzuanda. (2011). Perancangan Buku Cerita Anak Pop-Up Tokoh-Tokoh Wayang Berseri, Seri ”Gatotkaca”. Jurnal Library ITS Undergraduate, (Online), (http://library.its.undergraduate.ac.id, diakses pada 5 Mei 2014).

Montanaro, Ann. (2009). A Concise History of Popup and Movable Books. http://www.libraries.rutgers.edu/rul/libs/scua/montanar/p-intro.htm). (diakses tanggal 15 Juni 2014) Meliala, Andyda.(2004).

Purwanti, K. Y., & Suryani, E. (2018). Pengaruh Discovery Learning dengan Pendekatan Scientific Berbantuan Powtoon terhadap Motivasi dan Kemampuan Berpikir Kritis. JANACITTA, 1(1).

Rusnilawati, R. (2018). Gadget Optimization to Improve the High Order Thinking Skill (HOTS) of Students in Elementary School. The 2nd International Conference On Child-Friendly Education (ICCE) 2018.

Solihah, S. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa MTs dengan Menggunakan Metode BrainBased Learning. Jurnal Teorema: Teori dan Riset Matematika, 4 (1) , hlm. 55-64

Wahyuni, S., & Anugraheni, I. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Dalam Pembelajaran Tematik. Magistra: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 7(2), 73-82.

Zainiyati, H. S. (2002). Diktat Media Pengajaran. Surabaya: Biro kajian Ilmiah Fak. Tabiyah IAIN Sunan Ampal.

Unduhan

Diterbitkan

20-09-2023

Cara Mengutip

Kurnia Putri, D., & Purwanti, K. Y. . (2023). Pengaruh model pembelajaran problem-based learning (PBL) berbantuan media pop-up book terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 10(1), 56–65. https://doi.org/10.30738/trihayu.v10i1.15761

Citation Check