Analisis Persepsi Mahasiswa PGSD terhadap Penggunaan Platform Pembelajaran SiPeDar

Penulis

  • Elyas Djufri Universitas Sarjawawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Heri Maria Zulfiati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Alfat Khaharsyah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Ida Megawati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Bherrio Dwi Saputra Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Dewi Anggreini Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Bestiana Nizhomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia https://orcid.org/0000-0003-3222-6680

DOI:

https://doi.org/10.30738/trihayu.v10i1.15991

Kata Kunci:

Persepsi Mahasiswa PGSD, Platform Pembelajaran, SiPeDar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) terhadap penggunaan Platform Pembelajaran SiPeDar di lingkungan akademik. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen utama. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa PGSD yang aktif menggunakan SiPeDar dalam proses pembelajaran. Temuan utama dari penelitian ini adalah bahwa 90% mahasiswa PGSD UST Yogyakarta memiliki pemahaman yang baik tentang penggunaan SiPeDar dan merasa nyaman dalam mengoperasikannya. Faktor-faktor seperti ketersediaan sumber daya teknologi dan dukungan dari dosen juga 95% memiliki dampak positif terhadap persepsi mahasiswa terhadap kualitas dan efektivitas SiPeDar. Selain itu, sebagian besar mahasiswa menyatakan kepuasan mereka terhadap penggunaan SiPeDar dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian ini dapat memberikan wawasan yang berharga kepada lembaga pendidikan dan pengembang platform pembelajaran serupa untuk meningkatkan penggunaan SiPeDar dan mendukung pembelajaran jarak jauh yang lebih efektif di masa depan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Elyas Djufri, Universitas Sarjawawiyata Tamansiswa

Pendidikan Guru Sekolah Dasar Asisten Ahli

Referensi

Arman Berkat Cristian Waruwu, & Debora Sitinjak. (2022). Penggunaan Multimedia Interaktif dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Kimia. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(2), 298–305. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.589

Chang, C. M., & Chou, C. (2015). An exploratory study of young students’ core virtues of e-character education: The Taiwanese teachers’ perspective. Journal of Moral Education, 44(4), 516–530. https://doi.org/10.1080/03057240.2015.1048791 DOI: https://doi.org/10.1080/03057240.2015.1048791

Dityasari, A., Kartika, I., Purwanto, J., & Djufri, E. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Digital Siswa Sekolah Menengah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika, 1–10. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SNPF

Hendriyani, Y., Jalinus, N., Delianti, V. I., & Mursyida, L. (2018). Analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran berbasis video tutorial. In Journal Teknologi Informasi dan Pendidikan (Vol. 11, Issue 2, pp. 79–88). https://doi.org/10.1080/03057240601012204 DOI: https://doi.org/10.1080/03057240601012204

Huang, F., Teo, T., & Scherer, R. (2022). Investigating the antecedents of university students’ perceived ease of using the Internet for learning. Interactive Learning Environments, 30(6), 1060–1076. https://doi.org/10.1080/10494820.2019.1710540

Mesra, R., Pratiwi, D., Handayani, R., Bagus, I., Arta, A., Margiyono, W., Ferdinandus, S., Atrik, S. F., Mayasari, H., Tri, N., Saptadi, S., Purwati, H., Ridhani, J., Munandar, H., Tandirerung, V. A., Hamdani, H., & Aina, M. (2023). TEKNOLOGI PENDIDIKAN.

Nisyah, M., Gunawan, G., Harjono, A., & Kusdiastuti, M. (2020). Inquiry learning model with advance organizers to improve students’ understanding on physics concepts. Journal of Physics: Conference Series, 1521(2). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/2/022057

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187

Pattaufi, & Aswan, D. (2022). Analisis Kebutuhan Sumber Belajar LMS Pada Mata Kuliah Micro Teaching. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling , 5(1), 11–15. https://doi.org/10.31960/ijol

Perangin Angin, A., Ismail, Muhazir, & Rahayu, D. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Ppkn Pada Siswa Kelas X Sma Swasta Swakarya Tanjung Langkat Di Masa Pandemi Covid-19. In Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan (Vol. 10, Issue 2).

Rusmono, & Alghazali, M. I. (2019). Pengaruh Media Cerita Bergambar Dan Literasi Membaca Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(3), 269–282. https://doi.org/10.21009/jtp.v21i3.13386

Sunarto, M. J. D., Amelia, T., Sagirani, T., Lemantara, J., & Hariadi, B. (2022). Pemanfaatan LMS Molearn Bagi Guru SMK Pawiyatan Surabaya Sebagai Sarana Pembelajaran Hybrid Learning. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 25–35. https://doi.org/10.36312/linov.v7i1.661

Tasyari, S., Putri, F. N., Aurora, A. A., Nabilah, S., Syahrani, Y., & Suryanda, A. (2021). Identifikasi Media Pembelajaran Pada Materi Biologi Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19. BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.32938/jbe.v6i1.905

Ulusoy, T., Yasar, E., & Aktan, M. (2021). Impact of Industry 4.0 Revolution on Science, Technology, and Society (STS). In Research Anthology on Cross-Industry Challenges of Industry 4.0 (pp. 21–36). IGI Global. https://doi.org/10.4018/978-1-7998-8548-1.ch002

Zulfiati, H. M., Djufri, E., & Ardhian, T. (2021). Pengembangan E-Learning Schoology Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Pgsd Fkip Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-Sd-An, 5(1), 579-592.

Unduhan

Diterbitkan

20-09-2023

Cara Mengutip

Djufri, E., Zulfiati, H. M. ., Khaharsyah, A. ., Megawati, I. ., Saputra, B. D. ., Anggreini, D. ., & Nizhomi, B. . (2023). Analisis Persepsi Mahasiswa PGSD terhadap Penggunaan Platform Pembelajaran SiPeDar. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 10(1), 85–98. https://doi.org/10.30738/trihayu.v10i1.15991

Citation Check

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>