Implementasi gerakan literasi (gls) di SDN Glagah Yogyakarta

Penulis

  • Siti Anafiah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Anang Sudigdo Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Juhana Binti Gusdur Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Fenny Oktaviani Mansyur Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Eufrasia Lopes Gusmao Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/trihayu.v10i2.15999

Kata Kunci:

Implemetasi, GLS, Sekolah Dasar

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah, 2) kendala pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah, dan 3) upaya mengatasi kendala pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah di SDN Glagah Yogyakarta. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Setting  Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Glagah. Objek penelitian yakni kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik penelitian menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan  reduksi data, sajian deskripsi data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SDN Glagah sudah melaksanakan kegiatan GLS secara terencana. Penerapan GLS tercermin dari pembiasaan siswa untuk gemar membaca dan menciptakan hasil karya. Kegiatan GLS di SDN Glagah didukung oleh banyak pihak baik warga sekolah, orang tua, masyarakat, dan dinas terkait.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Faizah, Utama Dewi, dkk. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktoray Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kasman, Thamrin, dkk. 2016. Desain induk: gerakan literasi sekolah. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kern, R. 2001. Literacy & Language Teaching. Oxford : Oxford University Press.

Iriantara, Yosal. 2009. Literasi Media: Apa, Mengapa, Bagaiman. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses

Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Solihin, Lukman. dkk. 2020. Mengukur Capaian Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS): Merumuskan Instrumen Evaluasi untuk Memajukan Literasi. Jakarta: Kemendikbud.

Yanuarti. 2017. Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Relevansinya dengan Kurikulum 13.

http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/jurnalPenelitian/article/download/3489/pdf.

Wiedari, P. dkk. 2016. Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Unduhan

Diterbitkan

24-01-2024

Cara Mengutip

Anafiah, S., Sudigdo, A. ., Gusdur, J. B. ., Mansyur, F. O. ., & Gusmao, E. L. . (2024). Implementasi gerakan literasi (gls) di SDN Glagah Yogyakarta . TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 10(2), 149–154. https://doi.org/10.30738/trihayu.v10i2.15999

Citation Check

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>