Pengaruh model pembelajaran STAD berbantuan video animasi terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.30738/trihayu.v11i2.16936Keywords:
STAD, video animasi, pemahaman konsepAbstract
: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penggunaan model pembelajaran STAD berbantuan video animasi terhadap pemahaman konsep, mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran STAD berbantuan video animasi terhadap pemahaman konsep, Penelitian dilakukan di SD N Pringapus 01 dan SD N Pringapus 02. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode kuasi eksperimen. Penentuan sampel dalam penelitian ini yaitu purposive sampling. Sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu kelas IV SD N Pringapus 01. Dimana kelas IV SD N Pringapus 01 sebagai kelas eksperimen dan kelas IV SD N Pringapus 02 sebagai kelas kontrol. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan lembar soal uraian matematika, angket dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan berupa uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis berupa uji sample t-test dan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat pengaruh model pembelajaran STAD berbantuan video animasi terhadap peningkatan pemahaman konsep. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikan 0,011 < 0,05; (2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran STAD berbantuan video animasi terhadap pemahaman konsep matematika. Hal ini juga dibuktikan dengan hasil signifikasi sebesar <0,05 yaitu 0,000 < 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini model pembelajaran STAD berbantuan video animasi memiliki pengaruh terhadap pemahaman konsep matematika siswa.
Downloads
References
Asmara, A. S., Fitri, A., & Faizah, N. L. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis pada Materi Bangun Datar di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar, 7(2), 173-188.
Hidayah, C., & Purwanti, K. Y. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif STAD (Student Team Achievement Division) Berbantuan Media Animaker terhadap Keaktifan dan Sikap Sosial di SD Negeri Candi 03. Jurnal Sekolah Dasar, 7(2), 160-172.
Khairunnisa, N. C., & Aini, I. N. (2020). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis dalam menyelesaikan soal materi SPLDV pada siswa SMP. Prosiding Sesiomadika, 2(1b).
Mardiah, M., Fauzan, A., Fitria, Y., Syarifuddin, H., Farida, F., & Desyandri, D. (2020). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education terhadap Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 513-521.
Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi pada Pembelajaran Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 9-19.
Rasid, S., Hairun, Y., & Afandi, A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individuallization (TAI) ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Trigonometri. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1).
Rini, Z. R., Kartono, K., & Hidayah, I. (2019). Conceptual Understanding of Class V Students Judging from Curiosity on Learning Models Group Investigation with Hands on Activity Assisted by Teaching Aids. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 8(2), 229-235.
Sari, W. P., Haji, H. S., & Nirwana, N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Conncted Mathematics Project (CMP) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(1), 103-111.
Seftiana, D., & Delia, B. A. (2021). Analisis kelayakan media pembelajaran video animasi berbasis powtoon dan game interaktif menggunakan webside oodlu materi pecahan sederhana kelas 3 sekolah dasar. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 51-59.
Septian, A., Agustina, D., & Maghfirah, D. (2020). Model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 10-22. Wulandari, I., & Kunci, K. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal papeda, 4(1).
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Yogyakarta:
Wulandari, I., & Kunci, K. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal papeda, 4(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Nikmatun Hidayah, Zulmi Roestika Rini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Trihayu agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Trihayu right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Trihayu.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Trihayu.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).