Pengaruh model pembelajaran STAD berbantuan video animasi terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas IV SD

Authors

DOI:

https://doi.org/10.30738/trihayu.v11i2.16936

Keywords:

STAD, video animasi, pemahaman konsep

Abstract

: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penggunaan model pembelajaran STAD berbantuan video animasi   terhadap   pemahaman    konsep, mengetahui  pengaruh  penggunaan  model pembelajaran STAD berbantuan video animasi  terhadap  pemahaman  konsep, Penelitian  dilakukan  di SD N Pringapus 01 dan SD N Pringapus 02.  Penelitian  ini  menggunakan  pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode kuasi eksperimen.  Penentuan sampel dalam penelitian ini yaitu purposive  sampling.  Sampel yang diambil  dalam penelitian  ini yaitu  kelas IV SD N Pringapus 01. Dimana  kelas IV SD N Pringapus 01 sebagai kelas eksperimen dan kelas IV  SD N Pringapus 02 sebagai kelas kontrol. Dengan  teknik   pengumpulan   data  menggunakan   lembar  soal  uraian   matematika,   angket dan lembar observasi.   Teknik   analisis   data  yang  digunakan   berupa  uji  normalitas,   uji homogenitas  dan uji hipotesis  berupa uji sample  t-test dan uji regresi  linear  sederhana. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat pengaruh model pembelajaran STAD berbantuan video animasi terhadap peningkatan  pemahaman  konsep. Hal ini dibuktikan  dengan nilai  signifikan  0,011 < 0,05; (2) Terdapat perbedaan yang signifikan  antara pembelajaran  dengan menggunakan model pembelajaran STAD berbantuan video animasi terhadap pemahaman konsep matematika.  Hal ini juga dibuktikan dengan hasil signifikasi sebesar <0,05 yaitu 0,000 < 0,05.  Kesimpulan  dari penelitian  ini model pembelajaran STAD berbantuan video animasi memiliki  pengaruh terhadap pemahaman  konsep matematika  siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmara, A. S., Fitri, A., & Faizah, N. L. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis pada Materi Bangun Datar di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar, 7(2), 173-188.

Hidayah, C., & Purwanti, K. Y. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif STAD (Student Team Achievement Division) Berbantuan Media Animaker terhadap Keaktifan dan Sikap Sosial di SD Negeri Candi 03. Jurnal Sekolah Dasar, 7(2), 160-172.

Khairunnisa, N. C., & Aini, I. N. (2020). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis dalam menyelesaikan soal materi SPLDV pada siswa SMP. Prosiding Sesiomadika, 2(1b).

Mardiah, M., Fauzan, A., Fitria, Y., Syarifuddin, H., Farida, F., & Desyandri, D. (2020). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education terhadap Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 513-521.

Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi pada Pembelajaran Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 9-19.

Rasid, S., Hairun, Y., & Afandi, A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individuallization (TAI) ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Trigonometri. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1).

Rini, Z. R., Kartono, K., & Hidayah, I. (2019). Conceptual Understanding of Class V Students Judging from Curiosity on Learning Models Group Investigation with Hands on Activity Assisted by Teaching Aids. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 8(2), 229-235.

Sari, W. P., Haji, H. S., & Nirwana, N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Conncted Mathematics Project (CMP) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(1), 103-111.

Seftiana, D., & Delia, B. A. (2021). Analisis kelayakan media pembelajaran video animasi berbasis powtoon dan game interaktif menggunakan webside oodlu materi pecahan sederhana kelas 3 sekolah dasar. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 51-59.

Septian, A., Agustina, D., & Maghfirah, D. (2020). Model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 10-22. Wulandari, I., & Kunci, K. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal papeda, 4(1).

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Yogyakarta:

Wulandari, I., & Kunci, K. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal papeda, 4(1).

Published

13-01-2025

How to Cite

Hidayah, N., & Rini, Z. R. (2025). Pengaruh model pembelajaran STAD berbantuan video animasi terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas IV SD . Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 11(2), 1–8. https://doi.org/10.30738/trihayu.v11i2.16936

Citation Check