Media pembelajaran komik digital tema kemerdekaan muatan ilmu pengetahuan sosial bagi siswa sekolah dasar

Penulis

  • Fraftasari Fraftasari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Dinar Westri Andini Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Dinar Martia Azizah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/trihayu.v10i2.17005

Kata Kunci:

Development, comic media, social studies

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan media komik digital pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V SD Negeri Rejowinangun 1 Yogyakarta, (2) Menguji kelayakan media komik digital pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V SD Negeri Rejowinangun 1 Yogyakarta.  Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D), dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Terdapat 5 (lima) langkah pengembangan, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Rejowinangun 1 Yogyakarta yang berjumlah 26 siswa. Sedangkan sampel diambil dari guru dan siswa kelas V sebanyak 10 siswa. Prosedur pengembangan media komik digital pada mata pelajaran IPS untuk siswa kelas V mengacu pada Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation (ADDIE). Berdasarkan hasil angket validasi ahli media diperoleh rata-rata sebesar 94,5% sehingga termasuk dalam kategori "Sangat Layak". Berdasarkan validasi ahli materi mendapatkan rata-rata 92,5% "Sangat Layak". Berdasarkan hasil angket respons guru mendapatkan nilai 94,44% sehingga termasuk dalam kategori "Sangat Layak". Berdasarkan hasil angket respons siswa mendapatkan nilai 96,25% sehingga termasuk dalam kategori "Sangat Layak". Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa media komik digital sangat layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran di kelas V SD.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ana Fitrotun Nisa, H. (2015). Implementasi Ajaran Ki Hajar Dewantara dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk Membangun Sikap Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Penelitian Pemula, Hlm. 6-14.

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Emilia Fatriani, S. (2018). Efektivitas Metode Problem Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Sosial Siswa. SOCIA, (Vol. 15 Nomor 1), Hlm. 11-26.

Erlanda Nathasia Subroto, A. Q. (2020). Efektivitas Pemanfaatan Komik sebagai Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan, (Vol. 5 Nomor 2), Hlm. 135-141.

Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, (Vol. 1 Nomor 4), Hlm. 104-117.

Fauzana Alfiani, d. (2018). Pengembangan Webtoon untuk Pembelajaran IPS (Ekonomi di SMP). EcoGen, (Vol. 1 Nomor 2), Hlm. 439=449.

Indarti, T. (n.d.). Implementasi Tringa Tamansiswa Dalam Manajemen SDM Untuk Kemajuan Sekolah. SOSIOHUMANIORA, (Vol. 5 Nomor 1), Hlm. 28-37.

Marwiyah, T. R. (2018). Pengembangan Komik IPS Tema Kegiatan Ekonomi Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Promosi, (Vol. 6 Nomor 1), Hlm. 28-34.

Miftah, M. (2018). Fungsi dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal KWANGSAN, (Vol. 1 Nomor 1), Hlm. 95-105.

Putri. C, S. Y. (2009). Media Grafis. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Rahmawati. (2021). Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas V Terhadap Q.S At-Tin Menggunakan Model Make a Match. Seminar Nasional PPG PAI, (Vol. 1 Nomor 1), Hlm. 991-997.

Ramli, M. (2012). Media dan Teknologi Pembelajaran. Banjarmasin: IAIN Antasari Press.

Rivai, N. S. (2010). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sanjaya, W. (2014). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmanasa, E., & dkk. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Kota Bogor. Bogor: Universitas Pakuan.

Unduhan

Diterbitkan

24-01-2024

Cara Mengutip

Fraftasari , F. ., Andini, D. W. ., & Azizah, D. M. (2024). Media pembelajaran komik digital tema kemerdekaan muatan ilmu pengetahuan sosial bagi siswa sekolah dasar. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 10(2), 213–224. https://doi.org/10.30738/trihayu.v10i2.17005

Citation Check