ANALISIS KESALAHAN PENGERJAAN SOAL MATEMATIKA MATERI FPB DAN KPK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KYAI MOJO

Nur Nisa Salamah, A. A. Sujadi

Sari


The purpose of this reseach was to describe the percentage of concept errors, procedural errors, miscalculations errors and types of errors in the work of GCD and LCM matter most often done fourth grade students of SD Negeri Kyai Mojo. This type of research is quantitative descriptive. The subject of this  research is fourth grade students of SD Negeri Kyai Mojo and fourth grade teacher of SD Negeri Kyai Mojo. Collection techniques using tests, interviews, and documentation. The test of the instrument uses the used intrument test. The validity of the question items tested using product moment correlation obtained by nine valid results. Instrument reliability tested using Alpha Cronbach calculation obtainedof 0.8857 (reliable). Validity uses triangulation of data collection techniques. Analytical techniques use quantitative and descriptive analysis. The result of the research shows that: 1) The error of concept is 48,52%; 2) A procedure error of 70%; 3) Calculation error of 50%; and 4) The type of error most often experienced by students is procedural error with percentage of 70%.


Kata Kunci


Error Analysis, GCD, lCM, Mathematics

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arifin, Z. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Rosdakarya.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Tindakan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. 2012.Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk Sekolah Dasar/ MI. Jakarta: Depdiknas.

Fitriyani, K. 2009. “Analisis Kesalahan dalam Mengerjakan Soal Matematika Bentuk Uraian pada Pokok Bahasan Persamaan dan Pertidaksamaan Kuadrat Kelas X Semester 1 SMA Negeri 1 Guntur”. Skripsi, tidak diterbitkan. Semarang: UNNES.

Hamzah, A. 2014. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Haryati, L. 2013. “Kesulitan-kesulitan yang dihadapi dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bentuk Cerita Siswa Kelas IV Sekolah Dasar di Gugus Fatahilah Kecamatan Karanganyar Purbalingga”. Skripsi, tidak diterbitkan. Yogyakarta: UNY.

Karso, dkk. 2014. Pendidikan Matematika I. Banten: Universitas Terbuka.

Pujianti & Suharjana, A. 2011. Pembelajaran Faktor Persekutuan Terbesar dan Kelipatan Persekutuan Terkecil di SD. Yogyakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.

Ridiwantara, S. K. 2017. “Analisis Kesalahan Pengerjaan Soal Matematika Materi FPB dan KPK pada Siswa Kelas V SD Negeri Ngoto Tahun Ajaran 2016/2017”. Skripsi, tidak diterbitkan. Yogyakarta: FKIP UST.

Safitri, R. A. 2017. “Analisis Kesalahan Pengerjaan Soal Matematika Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Siswa Kelas V SD Negeri Gedongtengen Tahun Ajaran 2016/2017”. Skripsi, tidak diterbitkan. Yogyakarta: FKIP UST.

Setiyasih, D. Y. 2011. “Analisis Kesalahan dalam Mengerjakan Soal Operasi Hitung Bilangan Pecahan pada Siswa Sekolah Dasar Kelas V Se-Kecamatan Loano Tahun Ajaran 2011/2012”, Jurnal Ekuivalen. Hlm 62-66.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sulistyowati, E. 2013. “Analisis Kesalahan Mengerjakan Soal Geometri pada Siswa Kelas V SD/MI di Kota Yogyakarta”, Jurnal Portal Garuda. Hlm 1-23.

Sundayana, R. 2014. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Supriyanto & Purwaningsih. 2011. 225 Kesalahan yang Sering Terjadi dalam Bergitung. Jakarta: Media Pusindo (Grup Puspa Swara), Anggota IKAPI.




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/trihayu.v5i1.3173

Article Metrics

Sari view : 1321 times
PDF - 307 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Creative Commons License
TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/trihayu.