ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA TIPE HOTS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI WIROKERTEN
DOI:
https://doi.org/10.30738/trihayu.v6i3.8150Keywords:
Error analysis, story problem, Higher Order Thinking Skills, mathematicsAbstract
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Juliyanti. 2016. “Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Pecahan pada Siswa Kelas IV Jurusan PGSD FKIP UNSâ€. Skripsi, diterbitkan. Semarang: UNS.
Kemendikbud. 2017. Modul Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS). Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Erwinda Gracya Laman. 2019. “Analisis Kesalahan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Higher Order Thinking Skills (HOTS) berdasarkan Kriteria Hadar Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Makassarâ€. Skripsi, diterbitkan. Makassar: UNM.
Setyaningsih, L., & Ekayanti, A. (2019). Keterampilan berfikir siswa SMP dalam menyelesaikan soal Matematika ditinjau dari kemampuan number sense. Jurnal Didaktik Matematika, 6(1), 28-39.
Salamah, N. N., & Sujadi, A. A. (2018). Analisis Kesalahan Pengerjaan Soal Matematika Materi Fpb Dan Kpk Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kyai Mojo. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 5(1).
Nurmadinah. 2017. “Pengembangan Instrumen Tes Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pokok Bahasan Operasi Hitung Bentuk Aljabar Serta Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassarâ€. Skripsi, diterbitkan. Makassar: UIN Alauddin Makassar.
Yuliandini, N., Hamdu, G., & Respati, R. 2019. Pengembangan Soal Tes Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Taksonomi Bloom Revisi di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 37-46.
Standar Isi Tahun 2006 tentang Tujuan Mata Pelajaran Matematika.
Sugiyono. 2015. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Suwarsi, S., Mukti, Z., & Prabowo, A. 2018, February. Meningkatkan Keterampilan HOTS Siswa melalui Permainan Kartu Soal dalam Pembelajaran PBL. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 248-255).
Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wiwik Setiawati dkk. 2018. Buku Pegangan Pembelajaran
Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with Trihayu agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Trihayu right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Trihayu.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Trihayu.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).