PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERTIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI JOMBLANGAN TAHUN AJARAN 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.30738/trihayu.v6i3.8156Keywords:
STAD learning model, learning outcomes, scienceAbstract
Downloads
References
Azmiyawati, Choiril., dkk. 2008. IPA Salingtemas 5. Jakarta: Pusat Perbukuan.
Bundu, P. 2006. Penilaian keterampilan proses dan sikap ilmiah dalam pembelajaran sains sekolah dasar. Jakarta:
Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.
Hamdayana, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter.Bogor: Ghalia Indonesia.
Junmalini, N. K. (2017). Penerapan Model STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV. Journal of Education Action Research, 1(3), 260-270.
Lut. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dengan Multimedia Dalam Peningkatan Pembelajaran Ipa Tentang Adaptasi Hewan Dan Tumbuhan Bagi Siswa Kelas V Sd Negeri Kebonsari Tahun Ajaran 2016/2017. KALAM CENDEKIA, Volume 5
Nomor 1.1, hlm. 80 – 85.
Runtu, Y. 2016. Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran STAD Pada Siswa Kelas V SD Inpres 1 Birobuli. Jurnal Kreatif Tadulako, 4(6), 108598.
Sari, Yuliana. 2006. Hasil Belajar Fisika Melalui Pembelajaran Kooperatif dengan Strategi Index. Pekanbaru. Skripsi. Pekanbaru; UR.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.
Jakarta: Kencana.
Susilowati, Eko., dkk. 2010. Ilmu Pengetahuan Alam 5. Jakarta: Pusat Perbukuan.
Tohari, E. R., Hanifah, N., & Jayadinata, A. K. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Team Achievement Division) Melalui Permainan Tulis Kata Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Jenis-Jenis Usaha Ekonomi. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 271-280.
Wariyono, 2011. Penerapan Model Pembelajaran Koopertif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN Jajartunggal II/451 Surabaya Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: S1 PGSD Unesa. (file:///C:/Users/Lola/Downloads/24657-28951-1-PB.pdf) diakses 15 Janiari 2020
Wibowo, dkk. 2016. Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD dalam Peningkatan Pembelajaran Bangun Datar pada Siswa Kelas V SD. Kalam Cendekia PGSD Kebumen, (Online), 4(1): 1-7.
Zainal, Aqib. 2014. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual Inovatif. Bandung: Yrama Widya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with Trihayu agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Trihayu right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Trihayu.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Trihayu.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).