PENGGUNAAN VARIASI MEDIA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENANAMKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Ayu Rahayu Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Retno Utaminingsih Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Dinar Westri Andini Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/trihayu.v7i1.8402

Kata Kunci:

Learning media, natural science, high order thinking skills, elementary school

Abstrak

The purpose of this study is to describe the variation of the science learning media used to instill high order thinking skills in elementary school students. The research method used is descriptive qualitative. The study was conducted at Taman Muda Ibu Pawiyatan Yogyakarta Elementary School in the odd semester of the academic year 2018-2019. The subjects were students of class III, which amounted to 12 people. Data collection techniques are tests, observations, and interviews. Analysis of the data used in this study consisted of descriptive analysis consisting of data reduction, data presentation, and conclusion. The results showed the fact that the variation of science learning media used to instill high order thinking skills in Taman Muda Ibu Pawiyatan Yogyakarta Elementary School is the surrounding environment, concrete objects, learning videos, concept map boards, and worksheets. The media is used according to the models and methods in learning.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agustin, H. M. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Universitas Peradaban).

Anderson, L. W. & Krathwohl, D.R. 2001. A taxonomy for learning, teaching, and assessing. New York: Longman

Ariyana, Y., Bestary, R., & Mohandas, R. 2018. Buku pegangan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hak.

Asyhar, H. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.

Gowasa, S., Harahap, F., & Suyanti, R. D. 2019. Perbedaan Penggunaan Media Powerpoint Dan Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dan Retensi Memori Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Di Kelas V SD. Jurnal Tematik, 9(1), 19-27.

Hardini, A. T. A., & Akmal, A. 2017. Penerapan Metode Snowball Throwing Berbantuan Media Konkret untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 3(1), 233-245.

Ichsan, I. Z., Iriani, E., & Hermawati, F. M. 2018. Peningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills) Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Video Berbasis Kasus Pencemaran Lingkungan. Edubiotik: Jurnal Pendidikan, Biologi Dan Terapan, 3(02), 12-18.

Ifrianti, S., & Emilia, Y. 2016. Pemanfaatan lingkungan sekitar Sebagai media pembelajaran ips untuk meningkatkan Aktivitas dan hasil belajar peserta didik Kelas III MIN 10 Bandar Lampung. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 3(2), 22-42

Indriyani, D., Mawardi, M., & Wardani, K. W. 2019. Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis melalui Model Inkuiri Berbantuan Media Konkret pada Siswa Kelas 5 SD Negeri Mangunsari 05 Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Basicedu, 3(1), 27-32.

Larasati, N., Santosa, S., & Sari, D. P. 2018, October). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Dipadu Peta Konsep terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa The Influence of Cooperative Learning Model of Group Investigation Type Combined Concept Map to Student’. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, 15 (1),130-137.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah

Purnamawati, D., Ertikanto, C., & Suyatna, A. 2017. Keefektifan lembar kerja siswa berbasis inkuiri untuk menumbuhkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(2), 209-219.

Rahayu, A. 2014. Pengembangan SSP Berbasis Model Learning Cycle Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Pemahaman Konsep Fisika. JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS), 2(2), 4-19.

Rahayu, A., & Utaminingsih, R. 2016. Efektivitas Penggunaan Teknik Effective Questioning pada Mata Kuliah IPA 1 untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(1).

Rahayu, A., Utaminingsih, R., & Andini, D. 2018. Cooperative Problem Based Learning to Accomodate Learning Disabilities Students in Science. In Proceedings of the 1st International Conference on Science and Technology for an Internet of Things. European Alliance for Innovation (EAI).

Sani, A. H. 2015. Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Saintifik dan Kaitannya dengan Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Pendidikan.

Susanti, N. D. 2013. Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Dengan Tema Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1-11.

Vikhas, A. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Keterampilan Proses Sains Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Ibtidaiyah. In Proceeding International Conference on Islamic Education (ICIED) (Vol. 4, No. 1, pp. 38-46).

Wardani, K. & Rahayu, A., 2018. Media Pembelajaran SD. Yogyakarta: K Media.

Wulandari, F. A., Mawardi, M., & Wardani, K. W. 2019. Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas 5 Menggunakan Model Mind Mapping. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 10-16.

Unduhan

Diterbitkan

01-09-2020

Cara Mengutip

Rahayu, A., Utaminingsih, R., & Andini, D. W. (2020). PENGGUNAAN VARIASI MEDIA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENANAMKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SEKOLAH DASAR. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 7(1). https://doi.org/10.30738/trihayu.v7i1.8402

Citation Check

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama