PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KOMIK GIGANA (DIGITAL MITIGASI BENCANA) GEMPA BUMI KARYA SITI ANAFIAH DAN SHANTA REZKITA

Penulis

  • Siti Anafiah Universitas SarjanawiyataTamansiswa, Indonesia
  • Shanta Rezkita Universitas SarjanawiyataTamansiswa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/trihayu.v7i1.8403

Kata Kunci:

Disaster mitigation, character education, comics

Abstrak

The purpose of this study was to determine character education in the Gigana (Digital Disaster Mitigation) Comic Earthquake. This type of research is a qualitative descriptive study. This research uses the Abrams model pragmatic theory, which is the study of language usage that is associated with the context of its use. Data collection techniques namely refer, read, and note. Data analysis using Miles and Huberman consisting of data reduction, data display, and conclusion drawing and verification. The results of the study show that Comics as reading can benefit readers, namely children. Character education can be found in children's reading, one of them through comics. In the comic titled Comics Gigana (Digital Disaster Mitigation) Earthquakes by Siti Anafiah and Shanta Rezkita found 6 character values, namely peace, independence, responsibility, peace, environmental care, and social care. Such character education can be found through characters, characterizations, plot, settings, and mandates in the story.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Bonneff, Marcel. 1998. Komik Indonesia.Terjemahan Rahayu S. Hidayat. Jakarta: KPG (Kepustakaan Populer Gramedia).

Fatimah, F., & Yansaputra, G. 2019. Media Komik IPA Terintegrasi Pendidikan Karakter Untuk Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Vol. 1, No. 01).

Koesoema, A. Doni. 2010. Pendidikan Karakter; Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.

Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa. 2013. Ki Hajar Dewantara: Pemikiran, konsepsi, Keteladanan, Sikap Merdeka Bagian I Pendidikan. Yogyakarta: UST Press.

Miles, B. Mathew & Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.

Putri, S. M., & Kurniawan, M. R. 2019. Komik Pendidikan Karakter sebagai Upaya Penanaman Pendidikan Karakter di SD. Prosiding Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN) 2019 Vol. 1, No. 1, hlm. 132-141.

Rahardi, Kunjana. 2005. Pragmatik: Kesantunan Imperatif Bahasa Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Salindri, Diah. 1996. Hubungan antara Minat Membaca Buku Non

Fiksi dengan Kreativitas. Skripsi. Fakultas Psikologi UGM Yogyakarta.

Sahlan, Asmaun & Angga Teguh Prasetyo. 2012. Desain Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter. Jogjakarta: Arruz Media.

Tarigan, Henry Guntur. 1995. Dasar-dasar Psikosastra. Bandung: Angkasa.

Teeuw, A. 2003. Sastra dan Ilmu Sastra. Jakarta: Pustaka Jaya.

Wibowo, Timothy. 2011. Membangun Karakter Sejak Pendidikan Anak Usia Dini, diunduh dari http://www.pendidikankarakter.com. diakses pada tanggal 30 Juli 2020.

Yule, George. 2006. Pragmatik (edisi terjemahan oleh Indah Fajar Wahyuni dan Rombe Mustajab). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zusnani, Ida. 2012. Managemen Pendidikan Berbasis Karakter Bangsa. Jakarta Selatan: Tugu Publiser.

Unduhan

Diterbitkan

01-09-2020

Cara Mengutip

Anafiah, S., & Rezkita, S. (2020). PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KOMIK GIGANA (DIGITAL MITIGASI BENCANA) GEMPA BUMI KARYA SITI ANAFIAH DAN SHANTA REZKITA. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 7(1). https://doi.org/10.30738/trihayu.v7i1.8403

Citation Check

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>