PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA

Authors

  • Lastian Dwi Hastuti Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sarjawiyata Tamansiswa Yogyakarta.
  • Veator Renyaan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sarjawiyata Tamansiswa Yogyakarta.

DOI:

https://doi.org/10.30738/trihayu.v3i2.907

Keywords:

Kata Kunci, Saintifik, Prestasi, Belajar, IPA

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik terhadap prestasi belajar IPA kelas V semester genap SD Jurugentong Banguntapan, Bantul, Yogyakarta tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan tes. Hasil penelitian secara deskriptif yang pembelajarannya menggunakan pendekatan saintifik termasuk kategori tinggi dan yang pembelajarannya dengan menggunakan pendekatan konvensional termasuk kategori sedang. Secara komparatif, hasil analisis diperoleh nilai thitung = 2,596 dengan p = 0,011. Dengan demikian, ada perbedaan yang signifikan prestasi belajar IPA antara yang pembelajarannya menggunakan pendekatan saintifik dan yang pembelajarannya menggunakan pendekatan konvensional. Bila dilihat skor rata-ratanya, ternyata skor rerata prestasi belajar IPA yang diajar dengan pendekatan saintifik lebih tinggi daripada yang diajar dengan pendekatan konvensional. Hal ini berarti ada pengaruh pendekatan saintifik terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas V semester genap SD Jurugentong, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta tahun pelajaran 2015/2016.

 

Author Biographies

Lastian Dwi Hastuti, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sarjawiyata Tamansiswa Yogyakarta.

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sarjawiyata Tamansiswa Yogyakarta.

Veator Renyaan, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sarjawiyata Tamansiswa Yogyakarta.

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sarjawiyata Tamansiswa Yogyakarta.

References

Ahmadi dan Suprijono, W. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmad Susanto. 2012. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

How to Cite

Hastuti, L. D., & Renyaan, V. (2017). PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 3(2). https://doi.org/10.30738/trihayu.v3i2.907

Issue

Section

Artikel