PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS III SDN 1 GONDANGWAYANG TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

Penulis

  • Dyah Candraningrum Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • C. Indah Nartani Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

DOI:

https://doi.org/10.30738/trihayu.v3i2.908

Kata Kunci:

Menulis karangan sederhana, model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture, nilai hasil belajar.

Abstrak

ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatkan keterampilan menulis karangan sederhana menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture pada siswa kelas III SDN 1 Gondangwayang Temanggung Tahun Ajaran 2015/2016.Hipotesis penelitian ini yaitu penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan sederhana pada siswa kelas III SDN 1 Gondangwayang Temanggung Tahun Ajaran 2015/2016.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus.Subjek penelitian ini adalah siswa SDN 1 Gondangwayang Temanggung sebanyak 23 siswa.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi.Validitas dan hasil penelitian dilakukan dengan validitas isi (content validity) melalui expert judgement.Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan sederhana siswa kelas III SDN 1 Gondangwayang Temanggung.Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 3,16 dengan persentase 78% dan pada siklus II diperoleh rata-rata 3,96 dengan persentase 91%. Hasil penilaian keterampilan menulis karangan sederhana ditunjukkan pada nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada kondisi awal, yaitu 65,7 dengan persentase 35%,  sedangkan nilai rata-rata pada siklus I adalah 70,13 dengan persentase 61%. Pada siklus II nilai rata-rata siswa mencapai 80,54 dengan persentase 96%.

 

##submission.authorBiographies##

##submission.authorWithAffiliation##

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

 

##submission.authorWithAffiliation##

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

##submission.citations##

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan PendekatanPenelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Susanto,Ahmad.2012. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Suwandi, Sarwiji.2011. Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Karya Ilmiah.Surakarta: Yuma Pustaka.

##submission.downloads##

Terbitan

Bagian

Artikel