TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/trihayu <p style="text-align: justify;"><strong>TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an</strong> merupakan jurnal yang diterbikan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjanawiyta Tamansiswa. Memfasilitasi dosen, guru, mahasiswa dan tenaga pendidik untuk mempublikasikan karya ilmiah baik berupa hasil penelitian maupun kajian pustaka yang berkaitan dengan pendidikan ke-SD-an. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an terbit tiga kali dalam setahun yaitu bulan <strong>Januari, Mei dan September, setiap terbit 12 artikel. </strong>Ruang lingkup karya tulis ilmiah dalam jurnal TRIHAYU ini meliputi bidang keilmuan: 1. <span style="font-size: 0.875rem;">Strategi pembelajaran; </span>2. Evaluasi pendidikan; 3. Kurikulum; 4. Manajemen sekolah dan kelas; 5. Pendidikan inklusi; dan 6. Pengembangan media dan bahan ajar.</p> <table class="data" width="100%" bgcolor="#fff9af"> <tbody> <tr valign="top"> <td><strong>Journal </strong></td> <td><strong>TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an </strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td><strong>Frequency</strong></td> <td><strong>3 kali terbit per tahun (Januari, Mei dan September)</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td><strong>Print ISSN</strong></td> <td><a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1410498066&amp;1&amp;&amp;" target="_blank" rel="noopener"><strong>2579-5120</strong></a> </td> </tr> <tr valign="top"> <td><strong>Online ISSN</strong></td> <td><strong><a href="http://u.lipi.go.id/1490863419" target="_blank" rel="noopener">2356-5470</a></strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td><strong>Editor-in-chief</strong></td> <td><a href="https://sinta.kemdikbud.go.id/authors/detail?id=6040331&amp;view=overview" target="_blank" rel="noopener"><strong>Chairiyah</strong></a></td> </tr> <tr valign="top"> <td><strong>Managing Editor</strong></td> <td><a href="https://sinta.kemdikbud.go.id/authors/detail?id=6043637&amp;view=overview" target="_blank" rel="noopener"><strong>Taryatman</strong></a></td> </tr> <tr valign="top"> <td><strong>Publisher</strong></td> <td><a href="http://ustjogja.ac.id/id/" target="_blank" rel="noopener"><strong>Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST)</strong></a></td> </tr> <tr valign="top"> <td><strong>Citation Analysis</strong></td> <td><strong><a href="https://scholar.google.co.id/citations?user=RCaQxNkAAAAJ" target="_blank" rel="noopener">Google Scholar</a></strong></td> </tr> </tbody> </table> id-ID <p><strong>Authors who publish with Trihayu agree to the following terms:</strong><br /><br />Authors retain copyright and grant the Trihayu right of first publication with the work simultaneously licensed under a <a href="http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/" target="_blank" rel="noopener">Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0)</a> that allows others to <strong>share</strong> (copy and redistribute the material in any medium or format) and <strong>adapt </strong>(remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Trihayu.<br /><br />Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Trihayu.<br /><br />Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).</p> chairiyah@ustjogja.ac.id (Chairiyah, M. Pd.) bestiana@ustjogja.ac.id (Bestiana Nizhomi, S. Pd.I., M. Pd) Wed, 22 May 2024 00:00:00 +0700 OJS 3.3.0.7 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pengaruh model pembelajaran think pair and share berbantuan ular tangga diagram batang terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/trihayu/article/view/15720 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran <em>Think Pair And Share </em>Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan bentuk desain non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri Gondoriyo. Lalu sampel penelitiannya adalah kelas VA dan VB SD Negeri Gondoriyo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah t test sedangkan teknik analisis data dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji regresi linear sederhana dan uji independent sample t test . Hasil penelitian menunjukkan: Hasil penelitian : Terdapat pengaruh penggunaan model <em>think pair and share</em> berbantuan ular tangga diagram batang terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, dibuktikan dengan taraf thitung = 7,684 &gt; ttabel = 2,155 dan nilai signifikansi &lt; 0,05 yaitu 0,000 &lt; 0,05 menggunakan uji regresi linear sederhana.</p> Sari Ambarwati, Zulmi Roestika Rini Hak Cipta (c) 2024 Sari Ambarwati, Zulmi Roestika Rini https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/trihayu/article/view/15720 Wed, 22 May 2024 00:00:00 +0700 Implementasi pembelajaran mulok bahasa Jawa Banten pada peserta didik kelas IV sebagai penguatan karakter identitas masyarakat Banten di SDN Kedaleman II https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/trihayu/article/view/16209 <p>Berkembangnya teknologi memberikan pengaruh yang dapat dirasakan dalam kehidupan sehari-hari hal ini dapat dilihat dari perubahan tata nilai bahasa di masyarakat, seperti terjadinya pergeseran penggunaan bahasa daerah menjadi bahasa gaul atau bahasa asing. Bahasa perlu dilestarikan agar tidak hilang, maka perlu dibuat sebuah media informasi sebagaimana bahasa daerah yang ada di Jawa Banten. Salah satu bentuk upayanya yaitu dengan adanya pembelajaran muatan lokal di sekolah. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti Implementasi Pembelajaran Mulok Bahasa Jawa Banten pada Peserta Didik Kelas IV sebagai Penguatan Karakter Identitas Masyarakat Banten di SDN Kedaleman II, sedangkan tujuan yang ingin disampaikan dalam penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan rencana, proses serta hasil yang menggambarkan pelaksanaan pengimplementasian pembelajaran mulok Bahasa Jawa Banten pada peserta didik kelas IV sebagai penguatan karakter identitas masyarakat Banten. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik triangulasi. Validitas materi wawancara diuji melalui teknik observasi dan pemeriksaan mendalam terhadap kegiatan yang berkaitan dengan materi penelitian. Peneliti kemudian menganalisis materi pada tahap reduksi data, penyajian data lalu penarikan kesimpulan. Adapun hasil setelah dilakukannya pembelajaran mulok Bahasa Jawa Banten di kelas IV dapat diperoleh karakter peserta didik yang komunikatif, memiliki sikap kesadaran terhadap budi pekerti, sikap cinta Tanah Air, dan mempertahankan budaya daerah.</p> Reksa Adya Pribadi, Chika Nabila Mustika, Fenty Hindayanti, Maulia Rahmawati, Nursyifa Fadilla Hak Cipta (c) 2024 Reksa Adya Pribadi, Chika Nabila Mustika, Fenty Hindayanti, Maulia Rahmawati, Nursyifa Fadilla https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/trihayu/article/view/16209 Wed, 22 May 2024 00:00:00 +0700 Keefektifan model pembelajaran problem-based learning berbasis literasi terhadap pemecahan masalah siswa MI Al Mustajab https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/trihayu/article/view/16955 <p>This research aims to determine the effectiveness of the Literacy-based Problem Based Learning (PBL) learning model in solving problems for MI Al Mustajab students. This type of research is a quasi-experimental design with a non-equivalent group design. The population in this research are all MI Al Mustajab students. The sampling technique uses a non-probability sampling technique which is taken by purposive sampling. The research sample was class IIA and IIB MI Al Mustajab. Data collection techniques in this research are test and non-test techniques. Data analysis techniques using simple linear regression tests, independent sample t tests and paired sample t tests. The results of the research show: There is an influence of the use of the literacy-PBL learning model on problem solving abilities, as evidenced by a significance level of 0.000&lt;0.05 using a simple linear regression test, There are differences in students' abilities regarding the use of the learning model Literacy-PBL, proven by a significance level of 0.016&lt;0.05 using the independent sample t test, The literacy-PBL learning model is able to improve problem solving abilities, proven by a significance level of 0.000&lt;0.05 using the paired sample t test. The conclusion of this research is that the literacy-based Problem Based Learning (PBL) learning model is effective in students' ability to understand problems.</p> Marshanda Shawma Kayniya, Lisa Virdinarti Putra Hak Cipta (c) 2024 Marshanda Shawma Kayniya, Lisa Virdinarti Putra https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/trihayu/article/view/16955 Wed, 22 May 2024 00:00:00 +0700 Membangun rasa Nasionalisme dan Cinta Tanah Air melalui Pendidikan Kewarganegaraan di sekolah dasar https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/trihayu/article/view/16464 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana cara menumbuhkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air pada anak SD melalui pembelajaran PKN. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan penelitian deskriptif berdasarkan studi kasus dan telaah pustaka yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara membangun semangat nasionalisme dan cinta tanah air melalui pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Data penelitian ini didapatkan melalui study dokumentasi, jurnal ilmiah, dan artikel ilmiah yang dipastikan keakuratannya. Teknik analisis penelitian ini dilakukan dengan cara membandingkan serta menelaah satu per satu jurnal terkait tentang pelaksanaan hak dan kewajiban warga negara. Penelitian ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia terutama pada lingkungan SD agar dapat menumbuhkan rasa nasionalisme melalui PKN. Berdasarkan hasil telaah yang dilakukan peneliti diketahui bahwa, penerapan mata pelajaran PKN sudah diterapkan dengan baik. SD pada pembelajaran kewarganegaraan memiliki semangat nasionalisme dan cinta pada tanah air, serta pendidikan kewarganegaraan memiliki peran dalam meningkatkan nasionalisme siswa sekolah dasar.</p> Tri Indah Sari, Dorawan Lia Sihite, Surya Dharma, Sri Yunita, Elyas Djufri Hak Cipta (c) 2024 Tri Indah Sari, Dorawan Lia Sihite, Surya Dharma, Sri Yunita, Elyas Djufri https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/trihayu/article/view/16464 Wed, 22 May 2024 00:00:00 +0700 Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media puzzle hero terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SD Negeri 2 Sukorejo https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/trihayu/article/view/17374 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh&nbsp; kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media puzzle hero. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis eksperimen dengan bentuk <em>pretes</em><em>t</em><em>-post</em><em>t</em><em>est control group design</em>. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 02 Sukorejo. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan tekni tes, angket serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji regresi. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media puzzle hero terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini di buktikan dengan taraf signifikasi 0,00&lt;0,05 yang artinya Ho di tolak dan Hi diterima. Sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan media puzzle hero dapat mempengaruhi &nbsp;kemampuan berpikir kritis siswa.</p> Nisrina Irra Syafitri, Kartika Yuni Purwanti Hak Cipta (c) 2024 Nisrina Irra Syafitri, Kartika Yuni Purwanti https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/trihayu/article/view/17374 Wed, 22 May 2024 00:00:00 +0700 Implementasi model pembelajaran Team Games Tournament pada pembelajaran IPS https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/trihayu/article/view/17392 <p style="font-weight: 400;">Penelitian ini mengkaji penerapan model pembelajaran <em>Teams Games Tournament</em> dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik instrumen pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan uji kreadibilitas dengan meningkatkan ketekunan dan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Teknik analisis data yaitu menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran <em>Team Games Tournament</em> pada pembelajaran IPS terlaksana secara baik melalui tiga tahap yaitu tahap perencanaan pembelajaran, tahap pelaksanaan pembelajaran, dan yang terakhir yaitu tahap penilaian atau evaluasi pembelajaran.</p> Rena Dwi Wulandari, Trio Ardhian, Endah Marwanti, Arya Dani Setyawan Hak Cipta (c) 2024 Rena Dwi Wulandari, Trio Ardhian, Endah Marwanti, Arya Dani Setyawan https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/trihayu/article/view/17392 Wed, 22 May 2024 00:00:00 +0700 Peran ekstrakurikuler seni tari dalam stimulus kemampuan motorik siswa kelas II SDN Karangasem Kulon Progo Yogyakarta https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/trihayu/article/view/17088 <p><strong>Abstrak: </strong>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran ekstrakurikuler tari dalam merangsang kemampuan motorik siswa kelas II SD N Karangasem Kulon Progo Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan: teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peran ekstrakurikuler tari dalam merangsang kemampuan motorik siswa adalah membantu pertumbuhan dan perkembangan fisik dan mental siswa, (2) Kemampuan motorik yang dapat dikembangkan melalui ekstrakurikuler tari adalah kemampuan motorik kasar dan kemampuan motorik halus, (3) Kendala dalam ekstrakurikuler tari yaitu : fasilitas yang belum memadai, perbedaan jenis kelamin dan kondisi fisik siswa, (4) Solusi untuk mengatasi kendala dengan melakukan evaluasi dan berdiskusi dengan orang tua siswa, sehingga menambah sinergi dengan apa yang harus dilakukan siswa diluar dari melaksanakan pembelajaran ekstrakurikuler tari agar tetap dapat mengembangkan kemampuan motoriknya.</p> <p> </p> Poppy Indriyanti, Rio Febriantoro, Chairiyah Chairiyah, Nadziroh Nadziroh Hak Cipta (c) 2024 Poppy Indriyanti, Rio Febriantoro, Chairiyah Chairiyah, Nadziroh Nadziroh https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/trihayu/article/view/17088 Wed, 22 May 2024 00:00:00 +0700 Analisis peran guru dalam menumbuhkan nilai-nilai disiplin melalui mata pelajaran Pendidikan Pancasila di SD Negeri Kaliabu Magelang https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/trihayu/article/view/17445 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil analisis peran guru dalam menumbuhkan nilai-nilai disiplin melalui mata pelajaran Pendidikan Pancasila di SD Negeri Kaliabu Magelang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Kaliabu Magelang. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV dan semua siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari&nbsp; pengumpulan data (<em>data collection</em>), reduksi data (<em>data reduction</em>), penyajian data (<em>data display</em>), dan penarikan kesimpulan (<em>verification</em>). Uji keabsahan data penelitian ini dilakukan dengan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Peran guru sebagai pendidik yaitu guru memberikan pemahaman pentingnya kedisiplinan sebagai kewajiban siswa untuk menaati tata tertib di sekolah dengan memberikan keteladan dalam menaati aturan yang ada di sekolah. Guru juga harus selalu mengingatkan siswa pada tata tertib yang berlaku untuk dilaksanakan. (2) Peran guru sebagai pengajar yaitu diwajibkan membuat perencanan pembelajaran atau modul ajar sebelum pelaksanaan pembelajaran di kelas. Guru harus dapat melibatkan siswa secara aktif melalui penugasan, tanya jawab, penilaian dan evaluasi terhadap siswa saat proses pembelajaran untuk menumbuhkan kedisiplinan siswa. (3) Peran guru sebagai motivator yaitu dengan memberikan semangat dalam pembelajaran, membuat tata tertib kesepakatan bersama siswa di kelas,&nbsp; memberikan <em>reward</em> untuk siswa disiplin dan <em>punishment </em>untuk siswa tidak disiplin dan memberikan motivasi melalui cerita gambaran orang sukses yang berawal dari kedisiplinan. (4) Peran guru sebagai pembimbing yaitu membimbing siswa agar selalu menaati tata tertib di sekolah dengan memberikan arahan ataupun teguran yang baik untuk siswa yang melanggar peraturan.</p> Fatya Auna Izzati, Abdul Rahim, Mahmudah Titi Muanifah Hak Cipta (c) 2024 Fatya Auna Izzati, Mahmudah Titi Muanifah https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/trihayu/article/view/17445 Wed, 22 May 2024 00:00:00 +0700 Strategi guru dalam pembentukan karakter toleransi melalui budaya sekolah di SD Negeri Tamansari 1 Yogyakarta https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/trihayu/article/view/17337 <p>Strategi Guru dalam Pembentukan Karakter Toleransi Melalui Budaya Sekolah di SD Negeri Tamansari 1 Yogyakarta. Skripsi Jurusan/Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam pembentukan karakter toleransi melalui budaya sekolah di SD Negeri Tamansari 1 Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Tamansari 1 Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, dan siswa di SD Tamansari 1 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi (sumber, waktu, dan teknik). Teknik analisis data dalam penelitian yaitu koleksi data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) strategi guru dalam pembentukan karakter toleransi melalui budaya sekolah di SD Negeri Tamansari 1 Yogyakarta yaitu dengan melakukan pembiasaan-pembiasaan kepada siswa. Pembiasaan tersebut seperti menerapkan kegiatan 7 S (senyum, sapa, salam, sopan, salim, semangat, dan santun), jum’at bersama serta membiasakan meminta maaf jika melakukan kesalahan, meminta tolong jika memerlukan bantuan, dan mengucapkan terimakasih jika menerima bantuan. 2) faktor penghambat dalam pembentukan karakter toleransi melalui budaya sekolah di SD Negeri Tamansari 1 Yogyakarta yaitu masih terdapat siswa yang membeda-bedakan keberagaman dalam berteman. 3) solusi guru untuk mengatasi hambatan dalam pembentukan karakter toleransi yaitu dengan memberikan peringatan&nbsp; berupa teguran dan nasehat kepada siswa dengan membuat kesepakatan dan pembiasaan</p> Anggi Widi Astuti, Taryatman Taryatman Hak Cipta (c) 2024 Anggi Widi Astuti, Taryatman Taryatman https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/trihayu/article/view/17337 Wed, 22 May 2024 00:00:00 +0700 Penerapan etnomatematika melalui permainan gobak sodor untuk meningkatkan minat belajar peserta didik kelas III SD Negeri Nglipar II Gunungkidul https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/trihayu/article/view/17539 <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik kelas III SD Negeri Nglipar II Gunungkidul. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Menggunakan subjek penelitiannya adalah siswa kelas III SD N Nglipar II Gunungkidul berjumlah 15 Orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar siswa,observasi dan angket. Uji keabsahan data dilakukan dengan meningkatkan ketekunan dan triangulasi (sumber, teknik, dan waktu). Hasil penelitian minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi bangun datar dengan menggunakan etnomatematika terjadi perubahan minat belajar siswa selama proses pembelajaran yang dibuktikan dengan terjadinya peningkatan minat belajar. Minat belajar siswa terhadap pembelajaran etnomatematika terhadap pembelajaran pada siklus I 70% dan meningkat 85% pada siklus II. Penerapan etnomatematika sebagai sarana untuk memotivasi, menstimulasi siswa, dapat meningkatkan minat belajar, dan memberikan nuansa baru pada pembelajaran matematika</p> Qorryantika Meinur Astuti, Trisniawat Trisniawati Hak Cipta (c) 2024 Qorryantika Meinur Astuti, Trisniawat Trisniawati https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/trihayu/article/view/17539 Wed, 22 May 2024 00:00:00 +0700 Pengembangan media pembelajaran web google sites dalam pembelajaran IPAS pada siswa kelas IV SD Jurugentong https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/trihayu/article/view/17533 <p>Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui karakteristik media pembelajaran yang berbasis <em>Web Google Sites</em> dalam pembelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri Jurugentong Yogyakarta; 2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis <em>Web Google Sites</em> dalam pembelajaran Benda yang Elastis pada siswa Kelas IV SD Negeri Jurugentong Yogyakarta; 3) Mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis <em>Web Google Sites </em>dalam pembelajaran IPAS di Kelas IV SD Negeri Jurugentong Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&amp;D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap <em>Analysis</em> (analisis), <em>Design</em> (perancangan), <em>Development</em> (pengembangan), <em>Implementation</em> (implementasi), dan <em>Evaluation</em> (evaluasi). Media pengembangan berupa sebuah <em>web. </em>Penilaian kelayakan media dilakukan oleh ahli media, ahli materi, dan guru kelas IV. Instrumen yang digunakan adalah angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran <em>Web Google Sites</em> yang dikembangkan dengan 4 karakteristik, yaitu: media pembelajaran ditampilkan secara menarik, sesuai dengan tujuan pembelajaran, penggunaan bahasa yang mudah dipahami, dan dapat menyampaikan informasi; 2) Media pembelajaran sangat layak digunakan berdasarkan validasi ahli media memperoleh skor 95,7% dengan kategori sangat layak, hasil penilaian oleh ahli materi memperoleh skor 100% dengan kateogori sangat layak, dan hasil penilaian oleh guru Kelas IV memperoleh skor 93,8% dengan kategori sangat layak. Kelayakan media pembelajaran berbasis <em>Web Google Sites</em> direrata dengan perolehan skor sebesar 96,5% dengan kategori sangat layak; 3) Hasil uji respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis <em>Web Google Sites</em> meliputi angket respon siswa dengan perolehan skor 91,6% dengan kategori respon sangat baik.</p> Yuliana Dwi Kusumawardani, Retno Utaminingsih Hak Cipta (c) 2024 Yuliana Dwi Kusumawardani, Retno Utaminingsih https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/trihayu/article/view/17533 Wed, 22 May 2024 00:00:00 +0700 Pengaruh kompetensi pedagogi guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran seni rupa kelas V SDN Jarakan Bantul Yogyakarta https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/trihayu/article/view/17510 <p>Artikel ini bermaksud untuk menganalisis pengaruh dan besar pengaruh kompetensi pedagogi guru (X) terhadap prestasi belajar siswa (Y) pada mata pelajaran seni rupa kelas ViSDN&nbsp; Jarakan Bantul. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif korelasional<em>.</em> Subjek data yang dipakai yaitu keseluruhan siswa kelas V SDN Jarakan Bantul sejumlah 70 siswa. Sample data memakai <em>non-probability sampling</em> dengan menggunakan sampel jenuh, yaitu seluruh anggota populasi menjadi sampel penelitian. Teknik pengumpulan data memakai teknik angket untuk mengumpulkan data kompetensi pedagogi guru dan dokumentasi raport siswa pada data prestasi belajar. Metode pengolahan data menggunakan uji analisis deskriptif, uji prasyarat analisis (uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linearitas) dan uji hipotesis menggunakan regresi linier sederhana yang diolah dengan software SPSS versi 26.0<em>. </em>Hasil pengujian hipotesis dengan regresi linier sederhana mendapatkan nilai sig. 0,041 (0,041 &lt; 0,05) sehingga diketahui bahwa ada pengaruh kompetensi pedagogi guru terhadap prestasi belajar siswa. Selain itu, diperoleh besar pengaruhnya dari regresi linear sederhana pada persamaan regresinya adalah Y = 75.109 + 0,083X dengan hasil bahwa setiap peningkatan 1% variabel X senilai 0,083 dan akan menurun senilai 0,083, hasil dari koefisien regresi bernilai positif (+), &nbsp;diartikan pada variabel X memiliki pengaruh positif terhadap variabel Y. Diketahui juga hasil <em>R Square</em> yaitu 0.070, nilai ini memiliki arti bahwa pengaruh kompetensi pedagogi guru (X) terhadap prestasi belajar seni rupa (Y) adalah sebesar 7% sedangkan 93% prestasi belajar seni rupa disebabkan oleh variabel yang lain yang tidak diteliti. Berdasarkan hasil analisis data penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara kompetensi pedagogi guru terhadap prestasi belajar mata pelajaran seni rupa siswa kelas V SDN Jarakan Bantul.</p> <p>&nbsp;</p> Esa Muhammad ikhsan Indrawan, Ardian Arief Hak Cipta (c) 2024 Esa Muhammad ikhsan Indrawan, Ardian Arief https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/trihayu/article/view/17510 Wed, 22 May 2024 00:00:00 +0700