Studi Analisis Kebutuhan Pengembangan Kurikulum Kecakapan Hidup sebagai Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SD

Authors

  • Novita Freshka Uktolseja Sekolah Dasar Alam Aqila Belitong; Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa , Indonesia
  • Ana Fitrotun Nisa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Sutrisna Wibawa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/tuladha.v2i1.15564

Keywords:

Kurikulum Kecakapan Hidup, Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Abstract

Salah satu tujuan pendidikan adalah dalam rangka membentuk karakter peserta didik yang unggul sesuai dengan falsafah hidup bangsa. Pancasila merupakan falsafah hidup bangsa Indonesia yang harus diinternalisasikan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan terhadap pengembangan kurikulum kecakapan hidup sebagai penguatan profil pelajar pancasila di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development)  dengan menggunakan model ADDIE (analysis, design, develop, implement dan  evaluate) yang dibatasi pada tahapan analysis dan design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan angket/kuesioner. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa diperlukan pengembangan kurikulum berbasis kecakapan hidup untuk peningkatan profil pelajar pancasila di SD yang didesain dengan mengintegrasikan aspek head, heart, hand, and health dengan mengintegrasikan 12 kecakapan hidup yaitu peduli/berbagi, relasi interpersonal, komunikasi, kolaborasi, critical thinking & problem solving, manajemen waktu, manajemen uang, leadership, keterampilan domestik, kreatif, kesehatan, keamanan dan keselamatan diri, serta pengelolaan emosi.

References

Anwar. (2012). Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill Education). Bandung: Alfabeta.

Arifin, Z. (2014). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya.

Hamalik, O. (2011). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hapsari, S.A.M., Meilani, T., Nabillah, Z.N. (2021). Strawbery Generation: Dilematis Ketrampilan Mendidik Generasi Masa Kini. Jurnal Pendidikan, 31(2). 237-244. DOI: https://doi.org/10.32585/jp.v31i2.2485

Kesuma, D. (2012). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nisa, A.F., Prasetyo, Z.K., Istiningsih. (2019). Tri N (Niteni, Niroake, Nambahake) Dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. El Midad, 11 (2), 101–116.

Nisa, A.F., Prasetyo, Z.K., Istiningsih. (2020). The Teachings of Ki Hadjar Dewantara in Improving the Character of Elementary School Students in the Revolution of Industry 4.0 Era. International Conference on Educational Research and Innovation. 49-56. https://www.atlantis-press.com/proceedings/iceri-19/125934061.

Nisa, A.F., Rezkita, S., Cahyo Khosiyono, B. H., Wijayanti, A., Murniningsih, M., Utaminingsih, R., Trisniawati, T., & Sumiyati, S. (2022). Basic Science Module as a Resource for Independent Learning for Elementary Teacher Education Students in the Pandemic Covid-19. International Journal of Elementary Education, 6(2), 213–222. https://doi.org/10.23887/ijee.v6i2.44444

Oktarina, E., Nisa, A.F. (2021). Development Of Environmental Care-Based Curriculum In Improving Character Education In Elementary Schools. Journal of Humanities and Social Studies, 05(02), 126-130. DOI: 10.33751/jhss.v5i2.3713

Ritonga, H.R., Nisa, A.F., Khosiyono, B.H.C. (2022). Implementasi Kurikulum Sekolah Dasar Berbasis Islam Terpadu. Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Seni, Dan Pendidikan Dasar (SENSASEDA), 1, 85-90. https://www.stkipbjm.ac.id/mathdidactic/index.php/sensaseda/article/view/1570

Supriyoko., Nisa, A.F., Uktolseja, N.F. (2022). The nature-based school curriculum: A solution to learning-teaching that promotes students’ freedom. Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 41 (3), 643-652. https://doi.org/10.21831/cp.v41i3.47903

Uktolseja, N.F., Nisa, A.F., Arafik, M., Wiarsih, N. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Tematik Berbasis Project Based Learning di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional PGSD UST, 1(1), 151–158. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/sn-pgsd/article/view/12369

Wahab, R. (2012). Reformulasi Inovasi Kurikulum: Kajian Life Skill Untuk Mengantarkan Peserta Didik Menjadi Warga Negara Yang Sukses. Ta’dib, XVII(2), 217-242. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/tadib/article/download/33/28

Wiarsih, N., Nisa, A.F. (2022). Upaya Pelibatan Orang Tua Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sekolah Dasar Lazuardi Tursina Banyuwangi. Jurnal Ilmiah Ar-Risalah: Media Ke-Islaman, Pendidikan dan Hukum Islam, 20(1), 186-194, http://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/arrisalah/article/view/1340

Yuniharto, B.S., & Nisa, A.F. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Ajak Temani Mandiri untuk Menanamkan Profil Pelajar Pancasila. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 9(1), 65–71. https://doi.org/10.30738/trihayu.v9i1.13733

Downloads

Published

2023-08-07

How to Cite

Novita Freshka Uktolseja, Nisa, A. F., & Sutrisna Wibawa. (2023). Studi Analisis Kebutuhan Pengembangan Kurikulum Kecakapan Hidup sebagai Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SD. Tuladha : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 56–66. https://doi.org/10.30738/tuladha.v2i1.15564

Issue

Section

Articles

Citation Check