JURNAL ILMIAH TUT WURI HANDAYANI https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/twh <p class="p" align="justify">Jurnal Ilmiah Tut Wuri Handayani: Awalnya merupakan terbitan yang berisi artikel bidang ilmu Umum dengan SK no. 0005.057/JI.3.2/SK.ISSN/2011.11 - 18 November 2011 (mulai edisi 18 November 2011) yang diterbitkan Pascasarjana Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta (ISSN: 2089-2217). Memasuki tahun 2017,Jurnal Ilmiah Tut Wuri Handayani diterbitkan Program Studi Manajemen Pendidikan Direktorat Pascasarjana Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa yang memuat arrtikel hasil penelitian maupun kajian pustaka bidang manajemen pendidikan yang terbit 6 bulanan. </p> id-ID siti.mariah@ustjogja.ac.id (Siti Mariah) siti.mariah@ustjogja.ac.id (siti mariah) Sun, 03 Oct 2021 12:05:43 +0700 OJS 3.3.0.7 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Produktivitas Ditinjau Dari Manajemen Waktu, Pelatihan, Dan Lingkungan Kerja Guru SD Di Kecamatan Pituruh https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/twh/article/view/11164 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan a) pengaruh Manajemen Waktu, Pelatihan dan Lingkungan Kerja secara bersama-sama terhadap produktivitas kerja guru; b) pengaruh manajemen waktu terhadap produktivitas guru; c) pengaruh Pelatihan terhadap produktivitas guru; d) Pengaruh Lingkungan Kerja terhadap Produktivitas Kerja Guru Guru di Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SDN Pituruh Kabupaten Purworejo yang berjumlah 360 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah Area Sampling. Maka jumlah sampel yang digunakan adalah 177 orang. Dikumpulkan dengan kuesioner. Analisis kebutuhan, normalitas, linieritas, dan multikolinearitas. Analisis menggunakan regresi berganda menggunakan tiga variabel bebas dan dilanjutkan dengan uji hipotesis korelasi parsial individual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Manajemen waktu, pelatihan, dan Lingkungan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas guru, peningkatan manajemen waktu, intensitas pelatihan, dan lingkungan kerja yang kondusif serta meningkatkan produktivitas guru guru SD di keamatan Pituruh kabupaten Purworejo;(2) Manajemen Waktu berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas guru; semakin baik manajemen waktu guru semakin baik produktivitas kerja guru. (3) Pelatihan berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas guru; Intensitas pelatihan meningkatkan produktivitas kerja guru (4) Lingkungan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas guru, semakin kondusif lingkungan kerja maka semakin baik produktivitas kerja guru. Total kontribusi efektif adalah 97,3%.</p> Mar’i Zubaedah Hak Cipta (c) 2021 http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/twh/article/view/11164 Sun, 03 Oct 2021 00:00:00 +0700