Penerapan Pembelajaran Think Pair Share Dilengkapi Ajaran Asah, Asih, Asuh untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika

Authors

  • Nella Evina Marlena Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Esti Harini Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Denik Agustito Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.30738/union.v9i2.10001

Keywords:

Motivasi, Prestasi Belajar, Think Pair Share

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran matematika dengan menggunakan  Model Pembelajaran TPS (Think Pair Share) dilengkapi ajaran asah, asih, asuh dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIII A SMP N 2 Banguntapan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 2 Banguntapan. Tahun Ajaran 2019/2020, yang jumlah siswanya adalah 30 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, teknik tes, dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan persentase rata-rata pencapaian motivasi belajar siswa dari pra siklus sebesar 58,33% meningkat menjadi 66,11% pada siklus I dan 82,78% pada siklus II. Sedangkan prestasi belajar matematika siswa dilihat dari rata-rata nilai kemampuan awal 63,83 menjadi 75,67 pada siklus I dan meningkat menjadi 82,07 pada siklus II.


ABSTRACT

This study aims to describe the process of learning mathematics using the TPS Learning Model (Think Pair Share) equipped with teachings, compassion, fostering in increasing motivation and learning achievement of mathematics in class VIII A students of SMP N 2 Banguntapan. This research is a kind of class action research (CAR) which is conducted in two cycles. The subjects of this study were eighth grade students of SMP N 2 Banguntapan. Academic Year 2019/2020, the number of students is 30 students. Data collection techniques in this study were carried out with observation techniques, test techniques, and documentation techniques. The results showed the average percentage of students' motivation achievement from pre-cycle of 58.33% increased to 66.11% in the first cycle and 82.78% in the second cycle. While students' mathematics learning achievement can be seen from the average initial ability score of 63.83 to 75.67 in the first cycle and increased to 82.07 in the second cycle.


References

Apriliyanti, F., Hanurawan, F., & Sobri, A. Y. (2020). Sistem Among dalam Penerapan Nilai-nilai Luhur Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(8), 1048–1055.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, Cet. Ke-13.

Azizah, D. (2017). Penerapan Pendekatan Struktural Metode Think Pair Share (TPS) Pada Materi Lingkaran Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 188–193.

Chakim, L., & Andayani, E. (2021). Inquiry and Discussion Methods. 5th Asian Education Symposium 2020 (AES 2020), 254–257.

Gradini, E. (2020). Profil Daya Serap Ujian Nasional Mata Pelajaran Matematika SMP/MTS Tahun 2019 Se-Kabupaten Aceh Tengah. Jurnal As-Salam, 4(2), 246–259.

Harini, E., Sarjanawiyata, U., & Yogyakarta, T. (2019). PENGARUH MODEL TPS ( THINK PAIR SHARE ) TERHADAP HASIL. April, 1–6.

Khamaludin, K. (2021). Pengembangan Epistemologi Positivisme Dalam Memahami Konsep Menghitung Keliling Dan Luas Lingkaran Di MI Muhammadiyah Kebutuh Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(2).

Kuncoro, K. S., Suyitno, A., & Sugiharti, E. (2014). Keefektifan Pembelajaran TPS Berbantuan Mouse Mischief Terhadap Hasil Belajar Siswa. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(2), 205–211. https://doi.org/10.15294/kreano.v5i2.4551

Ruseffendi, E. T. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Setiyowati, A., Holisin, I., & Suprapti, E. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Dengan Media Flashcard Math Di Smp Muhammadiyah 10 Surabaya. PROCEEDING UMSURABAYA.

Setyawan, A. D., Al Masjid, A., & Trisharsiwi, T. (2021). IMPLEMENTASI AJARAN ASAH ASIH ASUH PADA PEMBELAJARAN DARING MATA KULIAH KARAWITAN DI MASA PANDEMI COVID-19 DITINJAU DARI AJARAN TAMANSISWA. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 7(2).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Suratno. (2014). Keefektifan Pembelajaran Tipe TPS dan JIGSAW Ditinjau dari Prestasi Belajar Matematika dan Karakter Siswa. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 9 – Nomor 1, Juni 2014, (70-78). https://doi.org/10.21831/pg.v9i1.9069

Published

2021-07-30

Issue

Section

Artikel