PERBEDAAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DAN TPS DITINJAU DARI HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 5 SD

Authors

  • evan saputra

DOI:

https://doi.org/10.30738/.v5i2.1035

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui apakah  ada  perbedaan keefektifan  pembelajaran  menggunakan  model  pembelajaran NHT dibandingkan  dengan  model TPS. Jenis  penelitian yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  penelitian  eksperimen  semu menggunakan  model counterbalance design.  Subjek  penelitian ini  adalah siswa  kelas 5 SDN Boto 01 dan siswa kelas 5 SDN Boto 02. Teknik analisis data pada hasil penelitian ini menggunakan teknik deskriptif dan teknik statistik ANAVA. Dari uji ANAVA diperoleh hasil uji pada taraf signifikansi/probabilitas 0,000 karena nilai probabilitas < 0,05 maka hipotesis diterima. Maknanya hasil belajar Matematika pada siswa kelas 5 SDN Gugus R.A Kartini dalam penerapan pembelajaran model NHT lebih tinggi dari pada TPS. Perbedaan dari hasil belajar Matematika didukung dengan perbedaan rata-rata dari dua sampel, hasil belajar penerapan model NHT memperoleh rata-rata 78,67 sedangkan model pembelajaran TPS memperoleh rata-rata 73. Artinya adalah pemberian treatment model NHT memberikan dampak hasil belajar yang lebih tinggi dan berbeda dari model TPS.

Published

2017-07-04

How to Cite

saputra, evan. (2017). PERBEDAAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DAN TPS DITINJAU DARI HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 5 SD. Union : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2), 105–114. https://doi.org/10.30738/.v5i2.1035

Issue

Section

Artikel

Citation Check