Efektivitas Pembelajaran Daring Berbasis WhatsApp Group Berbantuan LKPD Ditinjau dari Motivasi Siswa

Authors

  • Kina Atma Rani Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Tri Astuti Arigiyati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Irham Taufiq Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.30738/union.v9i2.10546

Keywords:

Efektivitas, Belajar Daring, WhatsApp, LKPD, Motivasi.

Abstract

ABSTRAK 

Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen kuasi yang bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran daring berbasis WhatsApp Group berbantuan LKPD lebih efektif dibandingkan pembelajaran daring berbasis WhatsApp Group tanpa berbantuan LKPD ditinjau dari motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Jetis. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Jetis. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, teknik tes, dan angket motivasi belajar matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring berbasis WhatsApp Group berbantuan LKPD sama efektifnya dengan pembelajaran daring berbasis WhatsApp Group tanpa berbantuan LKPD dan hasil belajar siswa dengan motivasi tinggi dan sedang lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa dengan motivasi rendah.


ABSTRACT

This research is a quasi experimental research which aims to determine whether online learning based on WhatsApp Group with LKPD assistance is more effective than online learning based on WhatsApp Group without assistance from LKPD in terms of student learning motivation towards mathematics learning outcomes of seventh grade students of SMP Negeri 2 Jetis. The subjects of this study were students of class VII SMP Negeri 2 Jetis. Data collection techniques used documentation techniques, test techniques, and mathematics learning motivation questionnaire. The results showed that online learning based on WhatsApp Group with the assistance of LKPD was as effective as online learning based on WhatsApp Group without the assistance of LKPD and the learning outcomes of students with high and moderate motivation were better than the learning outcomes of students with low motivation.

References

Anjani, A., Ratnamulyani, I. A., & Kusumadinata, A. A. (2018). Penggunaan Media Komunikasi Whatsapp terhadap Efektivitas Kinerja Karyawan. Jurnal Komunikatio, 4(1).

Arikunto, S. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140.

Cheng, S.-C., Chang, Y.-C., Chiang, Y.-L. F., Chien, Y.-C., Cheng, M., Yang, C.-H., Huang, C.-H., & Hsu, Y.-N. (2020). First case of Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) pneumonia in Taiwan. Journal of the Formosan Medical Association, 119(3), 747–751.

Dwiyani, A. (2013). Perancangan Sistem Pendukung Bimbingan Online Tugas Akhir Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika. JUSTIN (Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi), 1(3), 171–175.

Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172–182. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Haryati, N. (2015). Hubungan Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd Se-Gugus Wonokerto Turi Sleman Tahun Ajaran 2014/2015. Basic Education, 4(13).

Herlina, T. (2019). MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIK SISWA SD MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 2(2), 62–73.

Istiarsono, Z. (2016). Tantangan Pendidikan dalam Era Globalisasi: Kajian Teoretik. INTELEGENSIA, 1(2).

Kuncoro, K. S., Suyitno, A., & Sugiharti, E. (2014). Keefektifan Pembelajaran TPS Berbantuan Mouse Mischief Terhadap Hasil Belajar Siswa. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(2), 205–211. https://doi.org/10.15294/kreano.v5i2.4551

Pustikayasa, I. M. (2019). Grup WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran. Widya Genitri: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 10 (2), 53–62.

Ramdani, Z. (2018). Kolaborasi antara kepala sekolah, guru dan siswa dalam menciptakan sistem pendidikan yang berkualitas. National Conference on Educational Assessment and Plolicy.

Sudarman, S. W., & Vahlia, I. (2016). Efektifitas Penggunaan Metode Pembelajaran Quantum Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 275–282.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Sulistyowati, F., Kuncoro, K. S., Nugraheni, P., Hernowo, H., & Setyawan, F. (2019). The problems of teaching fractional arithmetic operations for disabled student using Realistic Mathematics Education. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1), 12030.

Syafril, M. P., & Zen, Z. (2019). Dasar-dasar ilmu pendidikan. Prenada Media.

World Health Organization. (2020a). Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) Situation Report-1. https://www.who.int/docs/default-source/searo/indonesia/covid19/who-indonesia-situation-report-1.pdf?sfvrsn=6be5b359_0

World Health Organization. (2020b). Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) Situation Report-70. https://www.who.int/docs/default-source/coronaviruse/situation-reports/20200330-sitrep-70-covid-19.pdf?sfvrsn=7e0fe3f8_2

World Health Organization. (2020c). Who Director-General’s Opening Remarks At The Media Briefing On COVID-19 – 11 March 2020. https://www.who.int/director-general/speeches/detail/who-director-general-s-opening-remarks-at-the-media-briefing-on-covid-19---11-march-2020

Published

2021-07-30

Issue

Section

Artikel