PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SISWA KELAS IV SD NEGERI DIWAK

Authors

  • Ira Dwi Setya Rahmayanti PGSD FKIP UKSW
  • Henny Dwi Koeswanti

DOI:

https://doi.org/10.30738/.v5i3.1060

Keywords:

model make a match, matematika, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaborasi dan dua siklus. Tujuan utama dalam penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada materi pecahan melalui model make a match di SD Negeri Diwak Kabupaten Semarang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Diwak yang terdiri dari 20 siswa dengan komposisi perempuan 7 siswa dan laki-laki 13 siswa. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes (tes formatif) dan non tes (observasi dan dokumentasi). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, hasil belajar siswa mencapai 74,34 dan persentase tuntas belajar klasikal 65,79%, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 80,72 dan persentase tuntas belajar klasikal menjadi 77,78%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika materi pecahan di kelas IV SD Negeri Diwak Kabupaten Semarang. Oleh karena itu, guru dapat menggunakan model make a match sebagai alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar.

References

Afandi, M. (2013). Teori & Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Semarang : Unissula Pres

Huda, M. (2011). Cooperative Learning.Yagyakarta: Pustaka Pelajar.

Permendiknas. (2006). Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar SD/ MI. Jakarta: Cipta Jaya

Kurniasih, I., dan Sani, B. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Kata Pena

Sudjana, N. (2012). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:PT Remaja Rosdakarya

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Alfabeta : Bandung

Sukardi. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya.Jakarta: Bumi Aksara.

Suprijono, A. (2015). Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Pustaka pelajar : Yogyakarta

Susanto, A. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana : Jakarta

Published

2017-11-02

Issue

Section

Artikel