MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL MATEMATIS SISWA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN GEOGEBRA DI LINGKUNGAN PESANTREN
DOI:
https://doi.org/10.30738/.v5i3.1217Abstract
kurangnya media penunjang pembelajaran matematika di sekolah/pesantren menjadi penyebab sulitnya pengkomunikasian pembelajaran matematika. Adapun alternatif untuk permasalahan ini adalah dengan menggunakan pendekatan saintifik yang berbantukan Geogebra. Dengan demikian, para santri akan lebih mudah dalam membayangkan materi dan mencerna pelajaran dengan baik.ÂReferences
Ayunita, M. (2016). Penerapan Pembelajaran Math Games Method untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP. Artikel tidak diterbitkan. Cianjur: FKIP Universitas Suryakancana.
Baharuddin. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Dimyati dan Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Karso. (1993). Dasar-Dasar Pendidikan MIPA. Jakarta:Universitas Terbuka, Depdikbud.
Lestari, K.E. dan Yudhanegara, M.R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.
Permatasari, E.A. (2014). “Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Sejarahâ€. Jurnal IJHE. 3, (1), 11-16.
Noviyani, D. Turmudi, dkk. (2016). “Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Berbantuan GeoGebra untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMPâ€. Jurnal Mosharafa. 8, (1), 1-8.
Sani, R.A. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Subroto, T. (2012). Kemampuan Spasial (Spatial Ability). Online dari https://www.researchgate.net/publication/303810324. Diakses tanggal 23 Mei 2017.
Suci, R.P. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa. Skripsi pada FKIP Universitas Suryakancana Cianjur: tidak diterbitkan.