IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MELATIH PEMAHAMAN KONSEP SISWA

Authors

  • meilani safitri Universitas Sjakhyakirti, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/.v5i3.1234

Keywords:

kooperatif, TGT, Pemahaman Konsep

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pemahaman konsep siswa dengan memgimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII.6 SMP Negeri 54 Palembang dengan jumlah siswa sebanyak 31 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Hasil analisis data menunjukkan bahwa persentase siswa dengan pemahaman konsep baik adalah sebesar 77,42%.

 

Author Biography

meilani safitri, Universitas Sjakhyakirti

Pendidikan Matematika

References

Astuti, S., & Istiqomah, I. (2015). Peningkatan Kreativitas Dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Teams Games Tournaments Siswa Kelas Viid Smp Negeri 2 Dukun, Magelang. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(3).

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Standar Kompetensi SMP dan MTs. Jakarta: Depdiknas.

Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Lie, Anita. 2010. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.

Saputri, L. E., & Sujadi, A. A. (2014). Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Melalui Creative Problem Solving Siswa Kelas XI-IPA1 SMA Negeri I Imogiri. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(2).

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta:Rineka Cipta.

Published

2017-11-02

How to Cite

safitri, meilani. (2017). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MELATIH PEMAHAMAN KONSEP SISWA. Union : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(3). https://doi.org/10.30738/.v5i3.1234

Issue

Section

Artikel

Citation Check